Dark
Light

5 Ekstensi Untuk Mengontrol Speed dan Pengunaan Memory di Browser Chrome

1 min read
July 20, 2013

Chrome dipercaya sebagai browser atau peramban paling ringan dan cepat saat ini, Anda percaya tidak? Meski bukan yang pertama kali muncul, Chrome berhasil bersaing dengan peramban lain, seperti Mozilla Firefox dan Internet Explorer milik Microsoft. Saat pertama kali diluncurkan 4 tahun lalu, proyek Chrome adalah sebuah perjudian besar, tapi kini Chrome sudah digunakan oleh 750 juta orang di seluruh dunia.

Kepopuleran Chrome lantas mendorong banyak pengembang untuk menciptakan ekstensi dengan berbagai macam kemampuan, salah satunya adalah kemampuan untuk mengontrol  kecepatan dan penggunaan memori agar Chrome dapat bekerja lebih maksimal. TRL sudah merangkum 5 ekstensi dengan kemampuan tersebut, ini dia:

FastestChrome

Ekstensi ini mempunyai kemampuan untuk menambahkan beberapa halaman yang didesain sedemikian rupa sehingga Anda dapat melakukan beberapa aktifitas pencarian online hanya dalam satu tab. Dengan begitu Chrome dapat menghemat pengunaan memori dan secara otomatis mempercepat kinerja browser. Ekstensi ini juga menawarkan fitur spesial, seperti misalnya Anda melakukan pencarian menggunakan Google, ekstensi akan otomatis menampilkan halaman berikutnya sehingga Anda dapat menghemat waktu.

Download FastestChrome di sini.

FlashControl

Ekstensi FlashControl menawarkan tool untuk mengontrol ketersedian Flash dalam tiap halaman yang Anda buka, Flash seringkali menjadi masalah bagi browser termasuk Chrome dan bila browser mandek loading Flash seringkali menjadi tersangka utamanya. Ekstensi ini dapat mengendalikan Flash, cara kerjanya sederhana, ekstensi hanya mematikan sementara atau mute dan Anda dapat menjalankan fitur Flash jika memang benar-benar membutuhkannya.

Download dan instal FlashControl di sini.

OneTab

Ekstensi ini bekerja dengan cara merubah tab menjadi list yang jauh lebih sederhana sehingga dapat mengurangi penggunaan memori lebih dari 95%. Tab-tab Anda tetap terbuka dan dapat diakses melalui toolbar khusus yang telah disediakan.

Download ekstensi OneTab di sini.

The Great Suspender

Cara lain untuk menghemat pengunaan memori dan mempercepat kinerja Chrome adalah dengan menggunakan ekstensi The Great Suspender. Ekstensi ini bekerja dengan cara memarkir tab yang terlalu banyak tetapi tidak menutup tab, hanya mematikan fungsi Flash dan Javascript. Nantinya Anda dapat membuka kembali tab tersebut dengan cara membuka menu khusus yang disisipkan di toolbar secara manual.

Mau coba The Great Suspender? Download di sini.

TabMemFree

TabMemFree bekerja hampir sama dengan The Great Suspender, bedanya ektensi ini memonitor seluruh tab yang dibuka secara otomatis, dan juga memungkinkan Anda mengatur berapa lama tab tidak diaktifkan dan berapa lama waktu yang diinginkan agar tab tersebut berada dalam kondisi idle.

Download ekstensi ini di sini.

Tab Hibernation

Ekstensi ini akan menghentikan aktifitas loading suatu tab yang Anda tinggalkan dan mematikan fungsi Flash agar tab utama yang Anda gunakan dapat bekerja lebih cepat. Tab Hibernation akan menampilkan sebuah jendela pop up di tab yang Anda tinggalkan dengan tombol menu untuk menjalankan kembali semua fitur yang dimatikan. Coba ekstensi ini sekarang di sini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Google Tambahkan Fitur untuk Menulis Email dengan Lebih Mudah

Next Story

WeChat Hadir untuk BlackBerry 10, Sediakan Versi Bahasa Indonesia

Latest from Blog

Don't Miss

Tips Streetphotography dengan Ponsel 

Kami berbincang dengan mentor dari acara workshop foto Hybrid tentang

Semua Hal yang Diumumkan NVIDIA pada Computex 2024

Dalam presentasi selama 1 jam 47 menit, CEO dan pendiri