23 December 2019

by Bambang Winarso

5 Aplikasi Wajib untuk Vlogger Bermodal Cekak

Video menarik tak harus diproduksi dengan perangkat mahal dan aplikasi premium

Vlogger adalah sebutan untuk orang yang sering membuat video atau disebut juga dengan konten kreator. Umumnya, vlogger mengunggah videonya ke YouTube atau platform lain selama memberikan benefit baginya.

Untuk menjadi vlogger, susah-susah gampang. Merekam momen jadi video saja saat ini rasanya belum cukup. Anda juga harus mampu menyusun agar video tersebut terlihat lebih menarik, lebih rapi dan terkesan "niat". Untuk itu, Anda tidak bisa hanya bermodalkan kamera atau smartphone saja. Anda juga butuh beberapa alat tempur dalam bentuk aplikasi.

Nah, berikut ini adalah daftar aplikasi yang wajib dipunyai oleh seorang vlogger yang bermodalkan smartphone.

Power Director

Jika Anda ingin mengedit video sehingga hasilnya lebih menarik, Power Director bisa menjadi pilihan Anda. Sebab, dengannya Anda bisa melakukan edit video dalam bentuk timeline sama seperti mengedit video di komputer. Selain itu, fitur-fiturnya lengkap dan melimpah. Seperti halnya efek video, filter, quick editing, editing tools, slow motion dan masih banyak lagi. Hasilnya pun akan bagus dan tidak kalah dengan vlog profesional.

Adobe Premiere Rush

Membicarakan tentang aplikasi edit video, tidak lengkap jika tidak menyebut Adobe Premiere Rush. Adobe Premiere memang sudah tidak diragukan lagi. Fiturnya sangat banyak dan lengkap. Cocok untuk Anda yang ingin belajar menjadi vlogger profesional. Aplikasi ini bisa Anda unduh di Smartphone.

Screen Recorder

Jika Anda ingin membuat video tentang game, Screen Recorder adalah aplikasi wajib yang harus Anda punya. Anda bisa melakukan perekaman layar atau video saat Anda bermain game. Aplikasi ini mengutamakan penangkapan layar dengan kualitas tinggi tanpa rooting. Selain itu terdapat juga musik, efek, dan filter untuk mengedit video Anda. Aplikasi ini juga menyembunyikan bingkai atau jendela rekam saat proses tangkapan layar sehingga video yang dihasilkan tidak ada watermark. Resolusi video yang disediakan mulai dari 144p sampai mode HD.

Thumbnail Maker

Apalah arti video yang bagus tanpa thumbnail yang menarik? Thumbnail adalah tampilan awal sebelum orang mengklik video Anda. Semakin menarik tampilan thumbnail maka semakin banyak orang akan penasaran dengan vlog Anda. Untuk membuat thumbnail terdapat aplikasi yaitu Thumbnail Maker. Berbagai desain menarik bisa Anda modifikasikan sendiri sesuai kreativitas. Penggunaannya juga mudah dan banyak pilihan font.

Video Converter

Setelah selesai mengedit vlog, ukuran video yang dihasilkan kadang terlalu besar sehingga memerlukan durasi lama untuk menguploadnya. Oleh karena itu Anda membutuhkan aplikasi Video Converter untuk mengkonversi berbagai format video ke format MP4. Untuk converter, Anda juga bisa menggunakan versi Windows, daftarnya di sini.

Gambar header Freepik.