28 April 2022

by Lukman Azis

5 Aplikasi Untuk Menunjang Perjalanan Mudik Lebaran

Juga membahas OPPO A96 yang andal untuk memenuhi berbagai kebutuhan mudik

Puncak mudik Lebaran 2022 diprediksi akan terjadi pada tanggal 28 - 30 April. Hal ini bertepatan dengan dimulainya cuti bersama dari tanggal 29 April dan diikuti akhir pekan. Buat Anda yang berencana mudik dalam waktu dekat, sangat penting untuk menyiapkan dengan matang, termasuk memasang beberapa aplikasi mudik yang dapat membantu pemudik dalam perjalanan.

Ya, meski tahun ini masyarakat diperbolehkan untuk mudik, pemudik harus tetap menjaga protokol kesehatan, sudah vaksin, dan mengisi Electronic Health Alert Card (eHAC) sesuai yang dianjurkan oleh Pemerintah. Tidak ketinggalan, aplikasi seperti penunjuk arah, transportasi online, dan hiburan juga perlu dipersiapkan.

1. PeduliLindungi

PeduliLindungi menjadi aplikasi yang wajib dipasang oleh pemudik, sebab pemerintah meminta masyarakat untuk melakukan pengisian eHAC melalui aplikasi PeduliLindungi. Di beberapa tempat mengharuskan Anda melakukan scan QR untuk check-in/out di aplikasi tersebut. Anda juga bisa mempelajari aturan perjalanan, menunjukkan sertifikat vaksin bila ditubuhkan, dan mendapatkan pelayanan kesehatan terdekat.

2. Peta & Petunjuk Arah

Bagi pemudik yang membawa kendaraan pribadi, persiapan yang diperlukan lebih ekstra karena harus mengecek kondisi kendaraan secara menyeluruh, hingga membuat rencana perjalanan dengan detail. Aplikasi seperti Google Maps, Waze, dan sejenisnya, dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan petunjuk arah atau mencari berbagai tempat penting seperti pom bensin dan area istirahat terdekat.

3. Transportasi Online

Bagi pengguna transportasi umum seperti kereta, pesawat, atau bus. Aplikasi transportasi online dapat Anda gunakan untuk memesan taksi atau ojek online dengan mudah sesampainya di stasiun, bandara, atau terminal ke rumah. Aplikasi seperti Gojek dan Grab juga menawarkan rangkaian fitur tambahan seperti kemudahan membeli pulsa, membayar berbagai tagihan, konsultasi dokter online, dan sebagainya.

4. Dompet Digital

Dalam perjalanan pulang ke kampung halaman, bawalah uang tunai secukupnya dan siapkan dana di dompet digital atau e-wallet untuk kemudahan bertransaksi. Ya, kini masyarakat Indonesia mulai beralih menggunakan metode pembayaran non tunai (cashless) dan bertransaksi menggunakan layanan scan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Anda bisa menggunakan satu atau beberapa layanan dompet digital sekaligus, ada Ovo, Gopay, Dana, ShopeePay, dan lainnya.

5. Aplikasi Hiburan

Perjalanan mudik Lebaran biasanya lebih panjang daripada hari-hari biasa, jadi pastikan juga Anda telah mempersiapkan aplikasi dan game yang dapat menghibur Anda dari kebosanan. Misalnya unduh lagu favorit Anda di Spotify dan unduh film atau acara series yang ingin Anda tonton di Netflix, dan install beberapa game offline seru.

Dengan begitu, tanpa koneksi internet pun Anda dapat menikmati konten multimedia dengan tenang, karena biasanya kondisi sinyal di perjalanan kerap kali tidak stabil. Untuk mendapatkan pengalaman hiburan yang imersif dan mendukung berbagai kebutuhan mudik lainnya, Anda bisa mengandalkan OPPO A96.

OPPO A96 adalah smartphone kelas menengah seri A terbaru dari OPPO yang menawarkan fitur komplet dan pengalaman penggunaan yang menyeluruh dengan harga yang tidak terlalu mahal yakni Rp4.299.000. Ia ditenagai chipset Snapdragon 680 4G dengan RAM 8 GB + 5 GB tambahan secara virtual dan penyimpanan internal ekstra lapang 256 GB.

Beberapa fitur unggulan OPPO A96 antara lain baterai besar 5.000 mAh yang dapat menemani penggunanya menempuh jarak mudik yang panjang. Kehabisan baterai di tengah perjalanan pun bukan menjadi masalah, berkat dukungan pengisian cepat 33W SUPERVOOC, sambil istirahat mengisi daya selama 30 menit bisa mendapatkan 55%.

Nonton video dan bermain game di OPPO A96 juga memuaskan di layar 6,59 inci dengan resolusi FHD+ dan didukung refresh rate 90 Hz. Dengan kamera utama 50 MP dan 2 MP bokeh, Anda juga bisa mengabadikan berbagai tempat menarik yang dijumpai dalam perjalanan dan tentu saja dapat diandalkan untuk memotret foto keluarga di rumah.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.