17 June 2014

by Bambang Winarso

5 Aplikasi Mobile Bagi Pengguna TransJakarta

Transportasi publik semacam TransJakarta memegang peranan penting dalam mengurai kemacetan khususnya di Jakarta. Meskipun masih butuh tambalan di sana-sini namun TransJakarta menjadi pilihan tepat bagi para masyarakat Jakarta yang ingin mencapai tujuan tanpa khawatir terjebak macet.

Nah, di kolom terbaru ini TRL punya 5 aplikasi TransJakarta yang bisa Anda pergunakan untuk menjadi sumber informasi ketika hendak bepergian menggunakan transportasi publik andalan kota Jakarta tersebut.

BuSpot TransJakarta

Aplikasi TransJakarta pertama ini buatan CompFest, pengembang lokal yang sengaja merancang aplikasi ini dengan konsep dari dan untuk pengguna atau crowdsourcing dengan melibatkan kontribusi pengguna terhadap transportasi publik, khususnya TransJakarta. Pengguna BuSpot dapat dengan mudah menemukan rute bus, jarak tempuh, lokasi halte termasuk titik layanan umum seperti ATM dan mini market terdekat.

 

Info Menarik: Micromax Rilis Dua Smartphone Windows Phone, Canvas Win W121 dan W092

 

Fitur pencarian BuSpot dirancang sedemikian rupa sehingga mempermudah pengguna ketika membutuhkan informasi rute dan halte. Pengguna cukup mengetikkan nama halte, di mana sistem juga secara otomatis memberikan rekomendasi nama sesuai abjad yang diketikkan.

Download:  Android dan Windows Phone

ITS Jakarta

ITS Jakarta menawarkan informasi dan panduan seputar TransJakarta mulai rute perjalanan, CCTV sekitar halte, panduan rute dan biayanya serta informasi lokasi halte yang disinggahi oleh unit TransJakarta. Sementara dari segi tampilan, ITS Jakarta tergolong bersih dan modern dengan navigasi yang besar sehingga memudahkan pengguna untuk mengakses menu demi menu.

Aplikasi TransJakarta yang satu ini masih dalam versi beta sehingga mungkin sekali ditemukan bugs di dalamnya. Kontribusi Anda dalam bentuk review diharapkan oleh pengembang dapat menjadi masukan yang membangun untuk masa mendatang.

Download: Android dan BlackBerry

Komutta

Komutta memiliki fitur yang tergolong lengkap, dengan aplikasi ini Anda dapat mengetahui informasi rute dan peta koridor, jadwal Commuter Line Jabodetabek, lokasi halte, daftar nomor telepon taksi, akses CCTV hingga informasi rute angkot, Kopaja, Patas dan APTB.

Aplikasi ini tidak hanya berguna untuk pengguna TransJakarta tetapi juga bagi pendatang baru yang masih kesulitan dengan rute-rute angkutan umum di Jakarta.

Download: Android

 

Info Menarik: BlackBerry Messenger Raih Penghargaan ‘Best Mobile Chat App’ di ICA 2014

 

ERS Busway

Aplikasi TransJakarta yang terakhir adalah ERS Busway, baru tersedia untuk platform Windows Phone. Fitur yang dibawa tak kalah lengkap dengan aplikasi-aplikasi di atas. Pengguna dapat memperoleh informasi lokasi halte, rute perjalan dari halte ke halte, dan yang paling terbaru adalah tool pemantau CCTV yang terpasang di halte Busway.

Download: Windows Phone

Transjakarta for BlackBerry 10

Pengguna smartphone BlackBerry juga punya pilihan jika ingin mendapatkan informasi-informasi seputar TransJakarta. Aplikasi ini memiliki sejumlah fitur yang menjadi sumber informasi bagi pengguna, misalnya informasi koridor dan halte, rute unit, peta, lokasi halte dan juga memiliki tool untuk terhubung ke jejaring sosial Facebook dan Twitter.

Download: BlackBerry

Transjakarta for BlackBerry 10 menjadi sajian penutup kolom terbaru ini, semoga bermanfaat untuk Anda khususnya pelanggan setia TransJakarta.