9 June 2022

by Lukman Azis

4 Dari 5 Orang Indonesia Punya Persepsi Yang Lebih Positif Terhadap Gaming

Orang-orang bermain game untuk menjaga kesehatan mental, berinteraksi dengan orang lain, dan meningkatkan skill bermain

Bermain game tidak hanya sekedar kegiatan yang semakin banyak dilakukan untuk mengisi waktu, tetapi juga mendatangkan banyak manfaat positif. Menurut hasil survei gaming global HP, orang-orang di seluruh dunia bermain game untuk menjaga kesehatan mental, berinteraksi dengan orang lain, dan meningkatkan skill bermain.

Survei tersebut dilakukan di 13 negara dengan 1.000+ responden di setiap negara pada Oktober 2021. Dirancang untuk memahami pengaruh pandemi terhadap kebiasaan bermain game dan persepsi terhadap gaming.

Hasilnya menunjukkan bahwa sebanyak 95% gamer di Indonesia menghabiskan lebih banyak waktu bermain game selama pandemi, jauh lebih tinggi dari data global yang hanya 69%. Lebih lanjut, 4 dari 5 orang di Indonesia memiliki persepsi yang lebih positif terhadap gaming.

Menurut mereka, bermain game dapat membantu mengurangi stres, membuat mood atau suasana hati lebih baik, dan melupakan kekhawatiran mereka. Gaming juga memungkinkan para gamer untuk berinteraksi dan menjalin hubungan dengan teman, keluarga, dan orang lain walau terpisah secara fisik selama pandemi.

Responden Indonesia juga menyukai interaksi dan kedekatan yang terbangun dari bermain game. Mereka memilih bermain game sebagai dua aktivitas teratas yang mereka lakukan bersama keluarga.

Komunitas gaming global secara umum telah menjadi lebih inklusif, dengan 84% setuju bahwa gaming adalah aktivitas terbuka untuk segala usia dan 77% untuk semua gender. Sebanyak 42% gamer Indonesia mengatakan bahwa mereka ingin menjadi bagian dari komunitas gaming dan 54% mencari cara yang lebih mudah untuk berinteraksi dengan sesama gamer. Data ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata global, yang masing-masing hanya 24% dan 27%.

HP percaya bahwa ‘progress’ atau perubahan dan pertumbuhan yang konstan adalah budaya gaming yang sesungguhnya. Kami melihat peluang untuk meningkatkan pengalaman bermain game dengan menggandeng komunitas dan melalui insight yang kami dapat dari hasil survei," kata Edo Jonathan Chandra, Market Development Manager, HP Indonesia.

"Hal ini semakin mendorong kami untuk lebih memberdayakan para gamer agar lebih inklusif, tetapi terhubung satu sama lain, dan berkembang bersama dengan ekosistem gaming dan aktivitas lokal kami yang kuat,” tambahnya.

Oleh karena itu, HP berkolaborasi dengan pro-player, game caster, dan content creator seperti Kevin ‘XCcurate’ Susanto, Donna Visca, Dyland Pros, Benny Moza, Nabbsky, serta EVOS Funi. HP mengajak semua gamer berbagi dan menghargai pengalaman kekalahan mereka saat bermain game sebagai bagian dari perjalanan untuk berkembang. Bertemakan ‘Thank Your Losses’, para influencer berbagi pengalaman yang mendorong mereka untuk belajar dan menjadi lebik baik dalam bidang masing-masing.

Hampir 50% gamer Indonesia menginginkan akses yang lebih mudah ke sumber daya untuk meningkatkan gameplay mereka. HP pun berinovasi untuk memenuhi kebutuhan para gamer yang unik dan terus berkembang melalui ekosistem hardware, peripheral, display, software, dan layanan gaming yang kuat.

Beberapa portofolio gaming terbaru HP mencakup OMEN by HP 16 Laptop, The OMEN by HP 45L Gaming Desktop, dan Victus by HP 16 Laptop. Semua portofolio gaming HP tersebut sudah dilengkapi dengan OMEN Gaming Hub, dashboard gaming dengan fitur-fitur yang akan membantu para gamer meningkatkan gameplay mereka.