Dark
Light

Belajar Coding Makin Mudah, 4 Aplikasi ini Sajikan Tutorial Lengkap di Smartphone

1 min read
September 9, 2019
Aplikasi Coding untuk Android
Aplikasi Coding untuk Android

Belajar coding tadinya lazim diadakan di kelas dengan tatap muka langsung. Pasalnya, tingkat kesulitan yang harus diajarkan cukup tinggi sehingga skema belajar jarak jauh akan sangat menyulitkan.

Tapi kini, muncul berbagai aplikasi dan layanan yang menjawab gap dan meniadakan kesulitan-kesulitan yang dihadapi dulu. Berikut adalah 4 aplikasi belajar coding Android yang bisa Anda coba pasang dan ikuti.

Learn Java

Debutan dari SoloLearn memberikan panduan pembelajaran mulai dari dasar bahasa pemrograman Java seperti variable, operator, array, class,  object, thread dan lain sebagainya. Bukan hanya belajar dan mengajak praktik, aplikasi ini juga dapat dijadikan ajang untuk uji kemampuan. Anda dapat bersaing dengan para programer lain dengan hasil ciptaannya.

AIDE- IDE for Android Java C++

Aplikasi ini dapat dengan mudah dimengerti dan dipraktikan secara langsung dalam perangkat Android. Fitur yang ditampilkan adalah bahasa pemrograman Java dan Android.

Terdapat beberapa kategori pembelajaran yang disajikan, diantaranya adalah Java Skill, Android Development, Game Development, dan Android Wear Development. Semua materi dapat dipelajari dengan mengeluarkan biaya terlebih dahulu, hanya ada dua materi dasar saja yang dapat diperoleh dengan gratis.

Programming Hub

Programming Hub memiliki materi untuk 15 bahasa pemrograman, diantaranya adalah Java, Python, HTML, dan PHP. Terdapat juga fitur live online compiler yang akan mengajak para penggunanya untuk bereksperimen langsung ketika mempelajari bahasa pemrograman.

Menariknya lagi, aplikasi ini dilengkapi dengan kuis dan perlombaan tingkat dunia yang berkaitan dengan pelajaran bahasa pemrograman dengan menggunakan aplikasi Programming Hub.

Codebox

Aplikasi ini mempelajari coding yaitu bahasa C dan java. Awalnya, bahasa C digunakan untuk mengembangkan aplikasi jaringan. Tapi kemudian bahasa C banyak digunakan untuk membuat dan mengembangkan aplikasi-aplikasi non-jaringan.

Materi yang diberikan dalam Codebox diberikan mulai dari dasar, yaitu mulai dari mengajarkan algoritma, sorting, perbandingan, pencarian, dan materi lainnya. Terdapat juga ringkasan pendek yang menampilkan permasalahan yang sedang dipelajari, sehingga Anda akan lebih memahami pemrograman Android atau Java.

Itulah dia beberapa aplikasi belajar coding untuk Android yang bisa jadi “kitab” baru bagi Anda yang ingin secara serius mendalami coding. Semoga dapat bermanfaat dan membuat Anda semakin produktif dalam mengembangkan pengetahuan dalam bidang pemrograman.

Gambar header Pixabay.

E-commerce Produk Kecantikan Base
Previous Story

Base Terima Pendanaan Tahap Awal, Kembangkan Platform Digital untuk Produk Kecantikan dan Wellness

Peter Lydian Facebook Indonesia
Next Story

Peter Lydian Sutiono Ditunjuk Jadi Country Director Facebook Indonesia

Latest from Blog

Don't Miss

Review Infinix Note 40 Pro 5G, Smartphone All Rounder Cakepnya Merata

Di tahun 2024 ini, Infinix memperketat persaingan pasar smartphone kelas
Review Poco X6 5G Hybrid

Review Poco X6 5G, Performa Ekstrem dan Sudah Dapat Pembaruan HyperOS

Poco X6 membawa layar AMOLED 120Hz dengan Dolby Vision lalu