14 March 2022

by Lukman Azis

3 Perangkat Streaming Baru Dari Razer Untuk Mobile Streamer Dan Desktop Streamer

Meliputi Razer Seiren BT, Audio Mixer, Dan Key Light Chroma

Razer memperluas lini produk terbarunya untuk streamer, meliputi Razer Seiren BT, Razer Audio Mixer, dan Razer Key Light chroma. Periferal streamer ini dirancang untuk memberikan lebih banyak fleksibilitas bagi content creator dan mobile streamer dalam menampilkan siaran yang lebih menarik.

Audio Mixer dan Key Light Chroma ditujukan untuk para desktop streamer, sedangkan Seiren BT dirancang spesifik bagi streamer yang menggunakan smartphone untuk melakukan siaran IRL (In Real Life). Dengan bentuknya yang kecil, Seiren BT memberikan kualitas siaran dari smartphone dengan suara yang lebih kaya dan jelas.

Razer Seiren BT

Mikrofon nirkabel ini terhubung melalui Bluetooth dan kompatibel dengan aplikasi streaming populer pada smartphone, ia menawarkan suara yang kaya berkat mikrofon omnidirectional dan optimasi software peredam suara. Dengan Seiren BT, penyiar IRL dapat lebih fleksibel dalam menggunakan gimbal, tongsis, dan alat bantu lainnya tanpa terganggu kabel.

Seiren BT menggunakan desain clip-on yang simpel, mudah dijepitkan ke baju atau kerah. Mikrofon ini juga dapat menyaring suara latar belakang, baik dari dalam ruangan atau luar ruangan dengan opsi peredaman tinggi atau rendah yang bisa diatur lewat aplikasi Razer Streaming.

Razer Audio Mixer

Razer Audio Mixer dirancang untuk siaran dengan berbagai input perangkat lunak langsung untuk audio mixing yang terpusat, menghadirkan kemudahan pada kontrol dan pengaturan audio secara langsung pada streamer. Pengaturan seperti ini biasanya memerlukan set-up berbagai perangkat yang kompleks. Namun Razer Audio Mixer membawa semuanya pada sebuah analog mixer 4 channel yang bisa dikustomisasi, mudah dipasang, dan mudah digunakan.

Razer Audio Mixer memungkinkan para streamer untuk mengontrol berbagai sumber audio secara langsung, menyeimbangkan level suara, dan dilengkapi tombol mute. Kontrol tersebut dapat dapat diakses dengan mudah oleh para penyiar tanpa pemahaman teknis yang rumit, berkat dukungan input secara langsung pada koneksi audio yang digunakan termasuk hybrid-XLR (dengan 48V Phantom Power), TRS Line In dan Out, Optical TOS, dan masih banyak lagi.

Perangkat lunak Audio Mixer Razer menggabungkan suara menjadi terpusat, terintegrasi penuh dengan Razer Synapse 3 dan mendukung segala macam sumber output audio digital, termasuk suara permainan, sistem, pesan, dan sumber musik. Lewat Razer Synapse 3, pengguna dapat mengakses banyak opsi pengaturan suara, dari noise gate berdasarkan perangkat lunak dan fungsi equalizer melalui pergantian suara.

Setiap sumber suara dapat diseimbangkan, digabungkan, dan diletakkan sebagai sebuah fungsi hardware pada Audio Mixer. Dengan pengaturan audio pada onboard prosesor dalam Audio Mixer dan tidak membebani sistem pada PC.

Razer Key Light Chroma

Beralih ke Razer Key Light Chroma, ini merupakan solusi all in one yang ditenagai oleh Razer Chroma RGB. Menghadirkan beragam pencahayaan untuk streamer desktop yang memungkinkan membuat pencahayaan unik dan interaktif untuk kegiatan streaming.

Perangkat ini dapat dikontrol melalui aplikasi Razer Streaming atau Razer Synapse 3. Penyiar dapat mengakses berbagai mode lighting, mensinkronisasikan lighting ke perangkat Chroma RGB lainnya yang kompatibel, bahkan ke notifikasi siaran untuk berbagai efek, sehingga membuat siaran mereka terlihat unik.

Key Light Chroma dapat menampilkan hingga 16,8 juta warna, menawarkan pencahayaan yang dapat dimodifikasi ke streaming. Misalnya Anda dapat mengatur mood dan meningkatkan interaksi penonton dengan pencahayaan yang bereaksi terhadap emosi penonton, peringatan, teriakan, dan banyak lagi.

Kekuatan keluaran cahayanya mencapai hingga 2800 Lumens. Dengan temperatur cahaya putih 3000k hingga 7000k, cukup terang untuk kegiatan siaran apapun, termasuk ruangan penuh cahaya untuk penyiar VR.

Key Light Chroma hadir dengan tiang yang dipasang di penjepit meja, dengan screw ball joint ΒΌ inci. Lubang pemasangan pada setiap sisi panel memastikannya bisa diposisikan dengan baik dalam vertikal maupun horizontal, dengan ball joint yang panelnya dapat diatur untuk kemiringan yang sesuai.

Untuk ruangan yang ramai, tiang ini bisa memanjang hingga 1,3 meter dari permukaan meja dan dapat ditarik untuk berdiri 55 cm diatas meja sebagai penerangan wajah penyiar. Ditenagai dengan power adapter 52.5W, serta mendukung konektivitas WiFi dan Bluetooth.

Untuk harganya, mikrofon nirkabel Seiren BT yang menawarkan kebebasan pergerakan pada siaran smartphone dibanderol dengan harga Rp1.699.000. Sedangkan, Audio Mixer dan Key Light Chroma yang menghadirkan fleksibilitas yang lebih baik pada penyiar PC masing-masing dijual US$249.99 dan US$299.99.