13 August 2012

by wiku

16 Hari Penyelenggaraan, Ada 150 Juta Tweet Tentang Olimpiade London Muncul di Twitter

Twitter mengumumkan bahwa selama penyelenggaraan Olimpiade London 2012, yang penutupannya telah diselenggarakan tadi malam, ada 150 juta Tweet yang berhubungan dengan Olimpiade yang muncul di layanan mereka selama 16 hari ke belakang.

Olahraga yang paling diperbincangkan di Twitter adalah sepak bola yang mengumpulkan 5 juta Tweet. Olahraga populer lain di Twitter adalah renang, atletik, senam dan bola voli.

Twitter juga menyertakan daftar momen paling besar di ajang Olimpiade ini, yang diukur berdasarkan Tweets Per Minute (TPM) yang paling besar adalah Usain Bolt yang memenangkan mendali emas di lari sprint 200m dengan 80.000 TPM, data lainnya adalah sebagai berikut:

  1. Bolt wins gold in the 100m sprint: 74,000+ TPM
  2. Andy Murray (@andy_murray) of Great Britain wins gold in the men’s tennis singles: 57,000+ TPM
  3. Jamaica wins gold and sets the world record in the men’s 4x100 relay: 52,000+ TPM
  4. Team USA beats Spain to win gold in men’s basketball: 41,000+ TPM

Usain Bolt juga memecahkan rekor menjadi atlet yang paling didiskusikan di Twitter. Berikut 10 daftar atlet lain yang secara tital mengumpulkan 1 juta Tweet setiap orangnya:

  1. 1.Usain Bolt (@UsainBolt)
  2. 2. Michael Phelps (@MichaelPhelps)
  3. 3. Tom Daley (@TomDaley1994)
  4. 4. Ryan Lochte (@ryanlochte)
  5. 5. Gabby Douglas (@gabrielledoug)
  6. 6. Andy Murray (@andy_murray)
  7. 7. Kobe Bryant (#GetKobeOnTwitter)
  8. 8. Yohan Blake (@YohanBlake)
  9. 9. Lee Chong Wei (@Lee_C_Wei)
  10. 10. LeBron James (@KingJames)

Seperti yang tuliskan TheNextWeb, Olimpiade kali ini adalah Olimpiade yang paling sosial, dimana peran media sosial ikut memeriahkan penyelenggaraan acara, termasuk berbagai komentar dari para penonton yang tersebar luas di media sosial.

Beberapa data lain menyebutkan bahwa ada 64 ribu foto yang diunggah ke layanan berbagi foto Instagram, penikmat Olimpiade juga bisa menikmati Google Doodle Olimpiade a la Google, termasuk beberapa Doodle interaktif yang juga pernah di bahas di Trenologi. Pembukaan Olimpiade kemarin juga berhasil mengumpulkan 9.66 juta Tweet.

Bagaimana dengan Indonesia? Well, kita sempat berhasil menjadi yang paling 'bawel' dengan menduduki peringkat ketiga supporter Olimpiade.

Twitter sendiri mengatakan bahwa acara Olimpiade ini menjadi pengalaman yang cukup hebat dan sepertinya mereka akan mengulang atau menambahkan hal-hal menarik lain lagi di negara selanjutnya, Rio de Janiero, yang menjadi tuan rumah Olimpiade berikutnya.

Sumber: Blog Twitter via TheNextWeb.