11 Game Battle Royale Mobile yang Wajib Dicoba di 2022

Game Battle Royale yang wajib dicoba di 2022. PUBG, Fornite, Creative Destruction, hingga Rules of Survival

Senang bermain gamemobile bersama teman-teman dan mengatur strategi perang? Game bergenre Battle Royale adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Saat bermain game bergenre Battle Royale, Anda harus bisa menjaga kekompakan bersama teman satu tim dan adu taktik untuk bertahan hidup paling lama.

Kekompakan tim dan taktik perang akan dimulai ketika Anda lompat dari sebuah pesawat, lalu mendarat untuk segera mencari senjata sebagai alat bertahan hidup serta menghabisi lawan.

Game bergenre Battle Royale sangat cocok untuk Anda yang bosen dengan game mobile santai dan ingin ganti ke game adrenalin tinggi. Selain itu, memainkan game Battle Royale memiliki manfaat seperti dapat melatih respons dan fokus Anda. Supaya tidak salah memilih game, saya akan rekomendasikan 10 game bergenre Battle Royale terasyik dan wajib dimainkan di 2022!

1. PUBG Mobile

Nama Player Unknown's Battlegrounds (PUBG) Mobile tentunya sudah tidak asing di telinga para gamers. PUBG Mobile adalah game bergenre Battle Royale yang sudah tidak perlu diragukan lagi keseruannya. Karena popularitasnya, deretan artis papan atas Indonesia juga memainkan game ini seperti, Ariel Noah, Pevita Pearce, dan Bintang Emon.

Selain bisa dimainkan untuk 100 pemain di saat yang sama, map yang dimiliki PUBG Mobile membuat game Battle Royale ini lebih menarik. Bagaimana tidak, PUBG Mobile menawarkan tujuh maps yang memiliki karakter berbeda-beda.

  1. Erangel

Map yang memiliki luas 8x8 km ini punya kombinasi kota besar, kecil, perbukitan, dan lokasi unik lainnya untuk permainan dan penjelajahan yang lebih seru.

  1. Miramar

Miramar memiliki karakter tempat padang pasir dengan luas 8x8 km. Tentunya dengan map yang luas, Anda dapat melakukan looting atau mencari senjata lebih puas. Di sini juga ditemukan banyak item eksklusif seperti sniper win94.

  1. Sanhok

Ini map yang disediakan jika Anda ingin bermain dalam durasi yang lebih cepat. Sebab, Sanhok hanya berukuran setengah dari Erangel yakni 4x4 km. Karakter map Sanhok adalah tampilan yang menyerupai hutan di Asia Tenggara.

  1. Venezia

Venezia memiliki dataran yang dipenuhi sungai dan saluran air. Karena itu, banyak sekali pemain yang harus pintar pintar atur strategi untuk berpindah lokasi.

  1. Vikendi

Vikendi mempunyai luas map 6x6 km. Selanjutnya, karakter dari map ini adalah hujan salju. Jangan kaget jika nantinya Anda harus hadapi beberapa senjata mematikan, seperti G36C.

  1. Library

Ukuran map ini sama dengan Sanhok yaitu 4x4 km. Map ini hanya tersedia buat mode permainan tim Gun games. Intinya, pemain bakal terbagi ke dalam beberapa tim yang siap lawan satu sama lain.

  1. Karakin

Karakin memiliki tampilan gurun dan padang pasir. Map ini mirip dengan Miramar, cuma ukurannya sangat kecil yakni 2x2 km. Ada beberapa fitur yang berbeda dari map lainnya yaitu, black zone yang mematikan, explosive weapon, bazoka, dan lain lain.

2. Call of Duty Mobile

Tidak kalah dengan PUBG, Call of Duty Mobile atau lebih dikenal dengan CODM juga menjadi game Battle Royale terbaik menurut saya. Kenapa demikian? COD Mobile memiliki gameplay dan grafis yang jempolan. Saat bermain COD, Anda akan beradu untuk bertahan hidup di satu map berisi 100 orang.

Kemudian, tak hanya mode Battle Royale, COD pun menawarkan beberapa mode permainan meliputi, deathmatch, search and destroy, hingga free of all. Menurut Vice Presiden Activision yang menangani COD Mobile, Chris Plummer, daya tarik dan pembeda game ini dengan game Battle Royale lainnya ada di kendaraannya.

Ada berbagai macam kendaraan unik seperti ATV, helikopter, SUV, dan kawan-kawannya yang siap digunakan untuk membasmi lawan dengan penuh gaya. Bukan hanya itu, Anda juga bisa menggunakan Class Operator class yang bisa menggunakan dua gear khusus saat peperangan.

3. Free Fire

Free Fire bisa menjadi pilihan alternatif untuk Anda yang ingin mencoba game mobile Battle Royale tapi memiliki ukuran ringan yaitu kurang lebih 700 mb. Lalu, satu sesi dalam game ini hanya membutuhkan waktu 10 menit dan Anda akan dihadapkan dengan 49 lawan. Pilihan tepat untuk Anda yang suka game Battle Royale tapi tidak suka bermain durasi lama.

Cara bermain Free Fire pun sama dengan game Battle Royale pada umumnya, Anda harus menjadi orang paling lama bertahan hidup untuk jadi sang pemenang.

Keunggulan dari Free Fire adalah game Battle Royale yang dilengkapi oleh auto aim yang berguna untuk mengunci target atau lawan secara otomatis saat ditembak. Buat yang kalian yang akan bermain Free Fire, saya rekomendasikan 5 Senjata Assault Rifle terbaik di Free Fire.

4. Grand Battle Royale: Pixel War

Grand Battle Royale mempunyai tampilan gameplay berbeda dibandingkan game Battle Royale yang biasanya memiliki tampilan yang menegangkan. Game ini justru muncul dengan grafis menggemaskan. Jika dilihat sekilas, tampilan Grand Battle Royale: Pixel War mirip dengan grafis pixel ala Minecraft.

Walau grafisnya terlihat lucu, adrenalin Anda tetap diuji saat bermain Grand Battle Royale: Pixel War. Wujud grafis yang berbeda ini justru juga menjadi daya tarik tersendiri dari Battle Royale: Pixel War.

5.  Creative Destruction

Ketika bermain Creative Destruction, Anda akan didorong untuk survive dengan cara apapun. Anda tidak akan bisa diam bertahan di satu tempat seperti dalam PUBGM. Sebab, akan ada efek serangan yang "berbeda" seperti badai salju.

Daya tarik dari game ini yaitu, Anda bisa dengan bebas melakukan apapun. Sebagai player, Anda bisa membentuk tim atau bermain sendiri. Game ini juga memberikan efek alam seperti salju, hujan, badai, hingga malam.

Selain itu, fitur building ketika berperang membuat Creative Destruction semakin seru. Sebab, Anda bisa membuat tembok-tembok yang membantu untuk bermanuver atau membangun pertahanan dari lawan.

Tapi harus diingat, Anda hanya bisa membangun setelah mendapatkan resource ketika menghancurkan mobil, rumah, hingga pohon menggunakan "Destructor". Dalam game match Creative Destruction, Anda dapat membuat beberapa tools dan jebakan seperti sarang lebah, Coke Propeller, Doll Decoy, Solar Warmobile, dan Springboard.

6. Rules of Survival

Anda ingin bermain game Battle Royale dengan musuh lebih dari 100 orang? Rules of Survival adalah pilihannya. Saat bermain Rules of Survival, Anda dapat mengatur jumlah lawan hingga 300 orang dalam satu sesi.

Cara bermainnya sama dengan PUBG. Setelah terjun dari pesawat, Anda harus mencari senjata untuk membunuh lawan dan bertahan hidup. Nantinya, siapa yang bisa bertahan hidup lebih lama dia menjadi pemenang.

Terbaru, developer dari game ini resmi di-update dan meluncurkan Rules of Survival 2.0 pada 26 Januari 2022 lalu. Perubahannya, gameplay dalam Rules of Survival 2.0 menyuguhkan gaya bermain seperti menjarah harta karun dan kabur dengan selamat. Harta hasil jarahan nantinya bisa dimanfaatkan untuk membangun shelter dan juga dijual kembali lewat sistem trading. Tidak berhenti di situ, Anda bisa memanfaatkan mekanisme play-to-earn agar semakin menantang.

7. Guns Royale

Sama halnya dengan Grand Battle Royale, Guns Royale adalah game Battle Royale yang menawarkan grafis menyerupai Minecraft. Bentuk karakter dalam Guns Royale pun lucu karena memiliki kepala lebih besar dibandingkan dengan ukuran badannya.

Gameplay Guns Royale sama saja seperti game Battle Royale pada umumnya. Keunggulan game ini yaitu, sudah didukung Augmented Reality atau AR. Jadi Anda dapat merasakan bermain seperti bergabung langsung di area pertempuran. Selain itu, Guns Royale bisa dimainkan secara online dan offline. 

8. Battlelands Royale

Battlelands Royale adalah game Battle Royale yang memiliki karakter "imut" tapi tetap dapat mengguncang adrenalin para pemainnya. Game ini cocok untuk Anda yang ingin bermain game Battle Royale tapi tidak suka dengan durasi lama.

Dengan jumlah 35 pemain dalam sesi, Anda hanya perlu bermain selama 5-6 menit untuk menjadi pemenang. Walaupun menampilkan grafis 2D, Anda dapat menaikkan level dan membeli skin karakter dalam Battlelands Royale.

Dalam game ini, pengembang hanya menerapkan satu-satunya metode monetisasi yaitu menjual battle pass dan beberapa item lainnya. Selanjutnya, game ini juga ramah, tidak menampilkan banyak iklan untuk membeli skin. Kemudian, jika dapat menyelesaikan misi nantinya Anda akan mendapat battle pass gratis.

9. Sausage Man

Sausage Man muncul dengan grafis kartun ala Fornite dan gameplay serius serupa PUBG. Tentunya perpaduan hal tersebut menjadi angin segar untuk gamer Battle Royale.

Lucunya, karakter di game ini mirip dengan sosis. Gameplay Sausage Man ini sama dengan game Battle Royale pada umumnya.

Menariknya dalam Sausage Man ini, kendaraannya ada yang bentuk babi, bola, hingga UFO. Kemudian, ada juga penampakan sistem hadiah rank ala Brawl Stars. Tidak ada masalah yang berarti jika Anda bermain tanpa merogoh kocek sekalipun di sini, karena ada begitu banyak misi yang dapat diselesaikan untuk mendapatkan hadiah. Lalu sistem rank ala Brawl Stars, sepertinya membuat game ini memiliki daya tariknya sendiri.

10. Fornite Mobile

Tidak lengkap rasanya jika tak memasukkan Fornite Mobile ke dalam jajaran game Battle Royale di mobile terbaik yang wajib Anda mainkan di 2022. Ketika memainkan game ini, Anda akan berjumpa dengan karakter-karakter unik dan mirip dengan super hero.

Saat gameplay, Anda bisa membuat bangunan untuk menyusun strategi dan bertahan dari serangan lawan. Terlihat susah? Justru ini yang membuatnya semakin menarik!

Adanya fitur build mode inilah yang membuatnya unik dari kebanyakan pesaingnya. Untuk mulai build, Anda harus kumpulkan terlebih dahulu material dari menghancurkan barang di map.

Kemudian, ada fitur auto run yang bisa dilakukan dengan mengetuk 2 kali virtual joystick. Hasilnya, karakter yang Anda mainkan akan otomatis berlari. Dengan demikian, Anda bisa arahkan tujuan dengan menggeser sudut kamera, ataupun melakukan hal lainnya seperti melompat ataupun menembak. Bukan hanya itu, Anda juga dapat menggunakan senjata overpowered (OP) untuk membunuh lawan.

Tapi sayangnya, Fornite Mobile telah ditarik peredarannya dari Google Play dan App Store. Karena itu, jika ingin memainkan Fornite Mobile, Anda bisa langsung mengunduhnya melalui Epic Games.

11. Zombs Royale.io

Semakin marak tampilan game Battle Royale yang menggunakan grafis lucu nan imut, salah satunya yakni Zombs Royale.io. Walaupun hadir dengan desain simpel dan menggemaskan, Zombs Royale.io juga memunculkan suasana yang mendebarkan.

Seperti game Battle Royale pada umumnya, Anda akan dijatuhkan dalam sebuah map untuk bertahan hidup.

Battle Royale ini memiliki grafis 2D yang akan mengingatkan pada game jadul Anda hanya mendapatkan pandangan dari arah atas atau lebih dikenal top-down.

Daya tarik dari game ini, Anda akan dituntut bermain cepat dan sigap, berbeda dengan game Battle Royale lainnya yang mengandalkan taktik saat bermain. Ditambah lagi, game ini menggunakan mode acak. Sehingga, bisa jadi Anda mendapat mode 50v50 (dengan fitur building layaknya Fortnite) tapi Anda juga bisa mendapatkan mode PvE, melawan zombie.

--

Itulah 11 game bergenre Battle Royale yang wajib Anda download dan mainkan di 2022. Selamat mencoba!