21 September 2022

by Glenn Kaonang

10 Tools NFT Terbaik yang Bisa Dimanfaatkan Kolektor NFT

Deretan tools NFT terbaik bagi yang ingin serius mendalami dunia NFT, dan yang butuh lebih dari sebatas update via Twitter dan Discord

Setiap orang pasti memiliki alasan tersendiri mengapa mereka memutuskan untuk terjun ke dunia NFT. Ada yang memang hobi mengoleksi karya seni digital, ada pula yang sebatas ingin mencari cuan. Apa pun alasannya, hampir semua pegiat NFT pasti setuju akan satu hal: bahwa perkembangan di ranah NFT itu berlangsung begitu cepat, dan untuk bisa memantaunya dengan baik, kita butuh lebih dari sebatas Twitter dan Discord.

Ya, dua platform tersebut bisa dibilang merupakan sumber informasi utama bagi mereka yang aktif di dunia NFT. Dari Twitter dan Discord, kita bisa memantau info-info seputar peluncuran proyek NFT, jadwal minting, sampai jadwal lelangnya (kalau ada). Problemnya, seperti yang tadi sudah disinggung, adalah aliran informasi baru yang melaju begitu deras. Itulah mengapa terkadang kita juga butuh bantuan tools yang mampu menyusun kelimpahan informasi dengan baik.

Di artikel ini, saya telah merangkum 10 tools NFT terbaik yang sangat bermanfaat bagi kolektor NFT di level apapun. Bagi yang ingin serius mendalami dunia NFT, deretan tools berikut layak mendapat pertimbangan dari Anda.

Daftar tools NFT terbaik yang dapat dimanfaatkan kolektor NFT

1. Rarity Tools

Salah satu faktor utama yang memengaruhi nilai suatu NFT adalah rarity alias kelangkaannya. Semakin langka suatu NFT, umumnya nilainya juga akan semakin tinggi. Salah satu tools NFT terbaik yang dapat membantu kita mendapatkan gambaran akan kelangkaan suatu aset adalah Rarity Tools.

Di Rarity Tools, kita bisa menyortir koleksi NFT berdasarkan banyak faktor, mulai dari volume transaksi, harga rata-rata, sampai estimasi kapitalisasi pasarnya. Tiap koleksi NFT mempunyai lamannya sendiri di Rarity Tools, dan di situ kita bisa mengamati secara mendetail atribut-atribut yang memengaruhi tingkat kelangkaan suatu NFT. Guna semakin memudahkan, Rarity Tools juga membubuhkan skor yang menggambarkan tingkat kelangkaan pada setiap aset NFT.

Rarity Tools sangat berguna untuk membantu menemukan hidden gem di secondary market, sebab terkadang ada pengguna yang kurang begitu memahami nilai kelangkaan dari NFT yang dimilikinya dan memasang harga yang terlalu rendah. Rarity Tools dapat digunakan secara cuma-cuma, dan yang perlu membayar di sini hanyalah pihak kreator yang ingin koleksi NFT-nya muncul di platform Rarity Tools.

2. Trait Sniper

Oleh pengembangnya, Trait Sniper kerap dideskripsikan sebagai platform ranking NFT tercepat yang didesain untuk memfasilitasi gerak cepat para trader. Di samping memantau ranking NFT berdasarkan tingkat kelangkaannya secara instan, pengguna Trait Sniper juga dapat memfilter NFT berdasarkan trait atau atributnya, sehingga mereka dapat dengan cepat menemukan NFT yang diincar.

Trait Sniper adalah tool gratisan, akan tetapi pengembangnya juga menyediakan sejumlah fitur berbayar yang cukup menarik. Salah satunya adalah fitur pengaturan gas fee secara custom, dengan tujuan supaya pengguna dapat melakukan pembelian jauh lebih awal daripada yang lain. Lebih lanjut, pengguna berbayar Trait Sniper juga dapat menerima notifikasi setiap kali ada listing NFT baru.

Buat yang ingin menyeriusi hobi trading NFT, Trait Sniper adalah salah satu tool yang wajib untuk dipertimbangkan.

3. Ninjalerts

Fungsi utama Ninjalerts adalah untuk memantau aktivitas trading di dunia NFT. Hebatnya, tracking yang dilakukan benar-benar merinci sampai ke level alamat wallet ataupun smart contract. Jadi setiap kali ada aktivitas baru di wallet maupun contract spesifik yang ingin dipantau, Ninjalerts bakal mengirim notifikasi.

Bayangkan kalau wallet spesifik yang dimaksud adalah milik seorang influencer yang terkenal jago mendapatkan cuan dari NFT, itu artinya pengguna Ninjalerts bisa langsung mengikuti jejaknya jauh sebelum kabarnya tersebar melalui Twitter ataupun Discord. Singkat cerita, Ninjalerts adalah jaminan bahwa Anda tidak akan melewatkan momen-momen besar yang terjadi di dunia NFT.

Selain di browser komputer, aplikasi Ninjalerts juga dapat digunakan secara cuma-cuma di perangkat Android ataupun iOS. Ada batasan jumlah notifikasi yang bisa diterima di versi gratisannya ini, dan untuk menghilangkan batasan tersebut, pengguna perlu membeli lisensi. Menariknya, lisensinya ini dijual sebagai NFT, dan itu berarti pengguna dapat menjualnya kembali seandainya memutuskan pensiun dari dunia trading NFT.

4. Nansen

Nansen adalah platform analitik yang menggabungkan data di blockchain dengan sistem wallet labeling yang amat terstruktur. Seperti Ninjalerts, Nansen juga memberi kesempatan kepada para penggunanya untuk mengikuti ke mana arah aliran dana yang sedang berlangsung di ranah NFT, khususnya yang berpotensi mendatangkan laba yang signifikan.

Memantau aktivitas wallet spesifik dan menerima notifikasi secara real-time juga merupakan fitur yang paling sering digunakan oleh para pengguna Nansen. Untuk menikmati fungsionalitas Nansen secara maksimal, tentu saja ada biaya yang harus dibayar β€” dan ini sayangnya tidak murah. Meski begitu, pengguna gratisan juga tetap bisa mendapatkan berbagai insight menarik yang disajikan secara berkala.

Bagi yang tertarik mengamati perkembangan tren NFT dengan mengacu pada beragam data yang komprehensif, Nansen adalah platform yang wajib dijadikan rujukan.

5. Icy.tools

Icy.tools hadir sebagai platform analitik untuk memantau aktivitas perdagangan NFT dengan tampilan antarmuka yang mudah dipahami dan dinavigasikan. Pengguna dapat dengan mudah menemukan proyek-proyek NFT yang sedang naik daun, dan mereka juga bisa memantau seluruh aktivitas di setiap koleksi NFT hingga ke menit terakhir.

Meski dapat digunakan secara cuma-cuma, Icy.tools juga menawarkan beberapa fitur eksklusif bagi pengguna yang bersedia membayar, di antaranya floor price tracking, riwayat penjualan, maupun mint alert. Tarif yang Icy.tools tetapkan relatif terjangkau jika dibandingkan dengan platform serupa lainnya, menjadikannya pantas dilirik sebagai salah satuΒ tools NFT terbaik.

6. DappRadar Portfolio Tracker

DappRadar merupakan salah satu pemain lama yang langganan menjadi rujukan terkait volume transaksi di dunia NFT. Namun ada satu fitur yang sangat berguna khususnya bagi para kolektor dan trader NFT, yaitu Portfolio Tracker. Menggunakan fitur ini, pengguna bisa memantau aktivitas di berbagai wallet secara real-time.

Jadi cukup dengan mencantumkan alamat wallet yang valid, pengguna bisa langsung melihat isi wallet tersebut, termasuk aset-aset NFT yang tersimpan. Data analitik yang ditampilkan memang relatif agak terbatas, akan tetapi setidaknya blockchain yang didukung bukan cuma Ethereum saja, melainkan juga Polygon dan BNB Chain.

7. CryptoSlam

CryptoSlam adalah salah satu tools NFT terbaik bagi pengguna yang perlu mengakses data volume perdagangan berbagai koleksi NFT secara cepat. Tiap-tiap koleksi NFT memiliki laman yang mendetail di CryptoSlam, dengan data seputar angka penjualan real-time, marketplace, minting dan informasi-informasi relevan lannya. CryptoSlam bahkan juga siap menampilkan informasi yang merinci untuk masing-masing aset NFT, termasuk tingkat kelangkaannya jika ditinjau berdasarkan atribut-atributnya.

Selain untuk memantau aktivitas perdagangan berbagai koleksi NFT, CryptoSlam juga kerap menjadi rujukan terkait aktivitas perdagangan NFT di beberapa blockchain yang berbeda. Pengguna bisa melihat data penjualan per hari di tiap blockchain, dan datanya pun bisa diunduh dalam berbagai format yang berbeda. Bagian terbaiknya, CryptoSlam benar-benar bisa diakses secara gratis tanpa biaya tambahan.

8. Dune Analytics

Dune Analytics adalah platform analitik yang berfungsi untuk memberikan gambaran terkait tren terkini di ekosistem NFT. Keunikan Dune terletak pada aspek kustomisasinya, yang memungkinkan komunitas penggunanya untuk meracik custom dashboard dengan data dan bagan sesuai keperluan dan ketertarikannya masing-masing.

Selain meracik sendiri, pengguna juga bisa mengakses ribuan dashboard racikan orang lain. Alhasil, pengguna bisa benar-benar melakukan analisis yang sangat spesifik terkait suatu proyek NFT di platform ini. Dune sepenuhnya gratis, akan tetapi pengembangnya juga menyediakan opsi berbayar bagi yang perlu melakukan analisis secara cepat dan privat.

9. Rainbow Wallet

Rainbow Wallet sering disebut-sebut sebagai salah satu alternatif terbaik terhadap MetaMask, dan pendapat itu tentu muncul bukan tanpa alasan. Selain karena tampilan antarmukanya yang menyenangkan, Rainbow juga menyimpan satu fitur yang cukup menarik, yaitu portfolio tracker. Cukup ketikkan alamat wallet Ethereum atau username ENS (Ethereum Naming Service) yang valid, maka kita bisa melihat isi lengkap dari akun tersebut, mulai dari koleksi NFT sampai token-token crypto lain yang disimpan.

Rainbow bahkan juga bisa menampilkan riwayat transaksi di setiap wallet, dan ini tentu bakal sangat berguna untuk memantau koleksi NFT mana saja yang sedang naik daun di kalangan influencer. Tidak mengherankan kalau belakangan popularitas Rainbow Wallet terus naik di kalangan kolektor NFT, apalagi mengingat baru-baru ini pengembangnya juga sempat menambahkan fitur token swap terintegrasi.

10. Etherscan

Terakhir, tentu saja kita tidak boleh lupa akan Etherscan. Sejak tahun 2015, platform ini telah memudahkan pengguna untuk memantau segala aktivitas yang terjadi di blockchain Ethereum, dengan data untuk setiap blok dan setiap transaksi yang disajikan secara sangat merinci. Etherscan memang bukan yang paling mudah dinavigasikan, akan tetapi ia bisa luar biasa berguna jika kita sudah mulai menguasai cara penggunaannya.

Sejak awal 2022, Etherscan juga telah menyediakan tool untuk memantau NFT secara spesifik. Yang paling menarik, pengguna bahkan bisa melakukan minting NFT langsung dari smart contract-nya, tidak perlu lagi mengandalkan layanan pihak ketiga.

Gambar header: Freepik.