29 September 2022

by Glenn Kaonang

10 Game Simulator Terbaik yang Bisa Dimainkan di PC

Deretan game simulator terbaik untuk platform PC; mulai dari simulasi menerbangkan pesawat, sampai simulasi merakit PC, semuanya ada

Bagi sebagian besar orang, bermain game adalah satu cara termudah untuk lari dari kenyataan. Entah itu kenyataan pahit atau kenyataan yang membosankan, semuanya bisa terlupakan ketika kita masuk ke dalam dunia game, meskipun mungkin hanya sejenak saja.

Lucunya, beberapa game justru sengaja didesain untuk menyimulasikan kenyataan sebaik mungkin. Game semacam ini umumnya dikenal dengan istilah game simulator, dan sepintas mungkin kedengarannya aneh kenapa ada orang yang mau memainkan game seperti ini kalau memang tujuannya adalah untuk lari dari kenyataan.

Well, bermain game simulator sebenarnya juga bisa terhitung sebagai bentuk pelarian, sebab di game-game ini kita dapat menjalani beragam profesi yang mungkin hampir mustahil kita jalani di dunia nyata. Kapan lagi Anda punya kesempatan untuk menjadi sopir truk dan berkeliling di dataran Eropa? Berapa persen kemungkinan Anda menjalani profesi sebagai pemburu profesional? Dengan game simulator, semua itu bisa dilakukan dengan mudah dan dengan penuh kesenangan.

Game simulator ada banyak sekali macamnya, terutama jika kita spesifik membahas dalam konteks game PC. Di artikel ini, saya telah merangkum 10 game simulator terbaik yang dapat dimainkan di PC. Siapa tahu, Anda bisa menemukan profesi impian Anda di game-game simulator PC berikut ini.

1. Microsoft Flight Simulator

Tahukah Anda bahwa seri game Microsoft Flight Simulator sudah eksis sejak tahun 1982? Ya, seri game ini bahkan lebih tua umurnya daripada sistem operasi Windows, dan pada tahun 2020 kemarin, Microsoft resmi merilis generasi terbaru Microsoft Flight Simulator yang sedang kita bahas sekarang.

Bagi yang kurang familier dengan seri game Microsoft Flight Simulator, ini pada dasarnya merupakan game simulator yang menempatkan pemain sebagai pilot pesawat terbang — dan terkadang juga helikopter. Tidak seperti di game macam Grand Theft Auto V, kontrol pesawatnya benar-benar dirancang serealistis mungkin di sini, dengan setiap tombol pada kokpit yang berfungsi sebagaimana mestinya di pesawat sesungguhnya.

Di Microsoft Flight Simulator, Anda bisa terbang ke bagian Bumi mana pun, dan tampilan visual setiap lokasinya bakal kelihatan begitu akurat berkat utilisasi data satelit Bing Maps. Bagi para pelanggan layanan PC Game Pass, Anda bisa menikmati game ini secara cuma-cuma. Ingin mendapatkan pengalaman menerbangkan pesawat yang lebih immersive lagi? Sambungkan saja VR headset serta aksesori flight stick.

2. Farming Simulator 22

Harvest Moon dengan tingkat realisme yang luar biasa, itulah Farming Simulator 22. Di game ini, Anda bisa menjalani profesi sebagai petani modern dan menyalurkan seluruh bakat terpendam dan pengetahuan Anda di bidang agrikultur.

Terdapat tiga lokasi berbeda yang dapat dimainkan, tapi semuanya terletak di benua Amerika dan Eropa, yang berarti Anda harus bisa mengadaptasikan kegiatan bertani dan beternak Anda dengan empat musim yang berbeda. Kabar baiknya, ada sederet peralatan dan mesin yang siap membantu meringankan pekerjaan Anda di game ini.

Farming Simulator 22 adalah iterasi ke-9 dari franchise Farming Simulator yang dibangun oleh developer Giants Software sejak tahun 2008. Tidak lama setelah dirilis, Farming Simulator 22 berhasil memenangkan titel "Sit Back and Relax" di Steam Awards 2021, membuktikan bahwa ia memang merupakan obat melepas penat yang sangat mujarab. Oh ya, game ini juga ada di katalog PC Game Pass.

3. Euro Truck Simulator 2

Umur game simulator PC yang satu ini sudah hampir 10 tahun, akan tetapi para pemainnya masih aktif meninggalkan ulasan positif di Steam sampai hari ini. Rahasianya bukan hanya karena Euro Truck Simulator 2 memang sangat asyik untuk dimainkan, tetapi juga karena pengembangnya yang masih aktif meluncurkan DLC baru.

Sesuai namanya, Euro Truck Simulator 2 menempatkan pemain sebagai seorang sopir truk yang bertugas mengirim kargo ke lebih dari 60 kota di dataran Eropa. Meski sepintas kedengarannya membosankan, mengemudikan truk dengan jarak yang jauh di game ini justru mampu memberikan sensasi yang chill dan relaxing, apalagi ketika kita melakukannya selagi ditemani alunan musik atau siaran podcast.

Di samping pengalaman mengemudi yang realistis, Euro Truck Simulator 2 juga mengemas elemen manajemen yang komprehensif dan menyenangkan. Lebih lanjut, berkat dukungan mod dari komunitas pemainnya yang masif, kustomisasi dalam game ini seakan tidak ada habisnya.

4. SnowRunner

SnowRunner adalah game simulasi mengemudi dengan fokus pada aspek off-roading. Menerabas genangan air, lumpur, dan tumpukan salju bakal menjadi makanan Anda sehari-hari dalam game ini. Semua itu tentu menuntut skill mengemudi yang baik, namun tidak jarang kesabaran malah bisa menjadi solusi yang lebih tepat, sama seperti di kenyataan. Buat yang tidak sabaran, kemungkinan Anda bakal sering mengandalkan bantuan mobil derek di game ini, sebab elemen physics-nya benar-benar terasa begitu realistis.

SnowRunner merupakan game open-world, dan pemain bebas mengeksplorasi tiga wilayah besar di dalamnya sejak awal permainan. Setiap wilayah hadir membawa bioma unik dan tantangannya masing-masing, dan pemain bisa menjelajahinya menggunakan lebih dari 40 kendaraan berat yang tersedia.

Seperti halnya Euro Truck Simulator 2, SnowRunner juga didukung segudang mod bikinan komunitas dan DLC yang kian memperkaya permainan. Buat para pelanggan PC Game Pass, Anda bisa mencoba base game-nya terlebih dulu sebelum lanjut membeli dan menikmati konten DLC-nya.

5. Car Mechanic Simulator 2021

Masih berkaitan dengan mobil, namun fokusnya kali ini lebih ke bagaimana membuat mobilnya bisa berjalan ketimbang mengemudikannya. Ya, Car Mechanic Simulator 2021 bakal memberi Anda kesempatan untuk menjalani profesi impian sebagai pemilik bengkel sekaligus mekanik yang serba bisa, dengan sekitar enam lusin mobil yang siap dibongkar.

Detail dalam game ini cukup mengesankan, terlebih setelah mengetahui bahwa ada lebih dari 4.000 komponen secara total yang menunggu untuk diperbaiki. Namun di samping menguji keahlian teknis pemain, game ini juga menuntut kemampuan manajemen yang baik jika pemain ingin bengkelnya sukses.

Buat yang selama ini selalu tergoda untuk membongkar mesin mobil tapi takut tidak bisa mengembalikannya seperti semula, game ini semestinya bisa membantu Anda memuaskan hasrat tersebut.

6. PowerWash Simulator

Pernah menonton video seseorang membersihkan halaman rumahnya dengan semprotan air bertekanan tinggi, lalu merasa itu sangat satisfying? Kalau iya, PowerWash Simulator adalah game simulator PC yang tepat buat Anda.

Secara mendasar, game ini sebenarnya merupakan sebuah first-person shooter, hanya saja yang menjadi target Anda di sini adalah tumpukan debu dan kotoran lain yang menyelimuti beragam objek di pekarangan, dan 'senjata' Anda juga tidak lebih dari sebatas perpaduan air dan sabun. Entah ada penjelasan ilmiahnya atau tidak, namun yang pasti melihat permukaan benda yang tiba-tiba kinclong setelah disemprot terasa begitu memuaskan, dan game ini tentu penuh dengan momen-momen seperti itu.

Tanpa adanya batas waktu atau skor minimum yang harus dicapai, memainkan PowerWash Simulator ibarat melakukan kegiatan meditatif. Game ini benar-benar diciptakan murni untuk bersantai tanpa ada sedikit pun tekanan, tapi di saat yang sama tanpa melupakan aspek realisme yang selalu melekat pada genre game simulator. Bagi para pelanggan PC Game Pass, PowerWash Simulator adalah obat stres gratis yang menanti untuk diunduh.

7. theHunter: Call of the Wild

Game berburu ada banyak, namun hanya sedikit yang mampu menyuguhkan pengalaman berburu yang autentik seperti theHunter: Call of the Wild. Akurasi bidikan bukanlah satu-satunya penentu keberhasilan di game ini, melainkan juga kesabaran dan kemauan pemain dalam mempelajari perilaku masing-masing spesies binatang. Layaknya di dunia nyata, semua hewan di game ini punya siklus makan/minum dan istirahatnya masing-masing.

Sensasi autentik ini kian diperkuat oleh tampilan visualnya yang begitu memukau. theHunter: Call of the Wild adalah game open-world, yang berarti pemain bebas berkeliling dan menikmati pemandangan indah dunianya tanpa ada tuntutan apapun. Meski sudah eksis sejak 2017, game ini masih aktif menerima konten DLC baru sampai hari ini.

8. Train Sim World 3

Menerbangkan pesawat sudah, mengemudikan truk dan berbagai kendaraan berat lainnya sudah, kini saatnya beralih profesi menjadi seorang masinis profesional dalam Train Sim World 3. Sesuai ekspektasi, game ini memberikan pengalaman mengoperasikan gerak kereta api yang amat realistis, dengan sederet tombol pada kabin lokomotif yang berfungsi sebagaimana mestinya di kenyataan.

Sebagai game simulator PC keluaran tahun 2022, kualitas grafik yang Train Sim World 3 tawarkan juga sama sekali tidak mengecewakan. Sistem cuaca yang dinamis juga kian memaksimalkan sensasi immersive yang didapat, sementara sistem physics yang canggih memastikan pemain bisa merasakan setiap turbulensi yang terjadi.

Kabar baiknya, Train Sim World 3 telah tersedia di katalog PC Game Pass sejak hari pertama ia diluncurkan. Yang dapat dimainkan secara cuma-cuma tentu hanya base game-nya saja, dan seperti kebanyakan game simulator lain, Train Sim World 3 pun juga menawarkan segudang DLC berbayar.

9. House Flipper

House Flipper menempatkan pemain sebagai seorang ahli di bidang renovasi rumah. Mulai dari renovasi ringan dengan hanya membersihkan dan mengecat ulang rumah, sampai renovasi berat yang mengharuskan pemain menjebol tembok demi tembok, semua itu bisa dilakukan di House Flipper.

Sesuai judulnya, tujuan utama dalam game ini adalah mendapatkan cuan dari menjual rumah yang telah direnovasi. Ini berarti pemain juga harus pandai mengatur bujet di samping memiliki keahlian dari segi teknis. Uang yang dikumpulkan ini nantinya bisa dipakai untuk membangun rumah impian masing-masing pemain.

Tahun depan, House Flipper kabarnya akan mendapatkan sekuel. Selagi menunggu, Anda bisa memainkannya terlebih dulu di PC Game Pass.

10. PC Building Simulator

Banyak orang melihat kegiatan merakit PC sebagai tugas pemilik atau karyawan toko komputer, dan di game ini Anda bisa langsung merasakan pengalaman menjalani profesi tersebut. Tak hanya melayani jasa perakitan, di PC Building Simulator Anda juga akan dihadapkan dengan konsumen yang membutuhkan jasa reparasi, dan di situlah keahlian diagnosis Anda akan diuji.

Anda tidak perlu benar-benar memahami seluk-beluk industri hardware PC untuk bisa menikmati PC Building Simulator. Malahan, game ini bisa menjadi salah satu medium yang menyenangkan untuk mempelajari dasar-dasar merakit PC.

Kalau Anda mau sabar menunggu, Anda bisa menanti sekuelnya, PC Building Simulator 2, yang dijadwalkan mendarat pada 12 Oktober 2022. Dibandingkan game pertamanya, sekuelnya ini disebut bakal menghadirkan tingkat realisme yang lebih baik lagi.