Dark
Light

‘Hadiah’ Dari Opera Untuk Pengguna Loyal di Indonesia

2 mins read
February 15, 2010

Pertumbuhan Opera Mini naik lagi, setidaknya sampai bulan Februari ini. Seperti yang ditulis dalam situs resmi mereka, pengguna Opera Mini kini telah mencapai 50 million unique monthly users, dan seperti yang kita tahu, pengguna Opera Mini salah satu yang terbanyak adalah dari Indonesia.

Untuk itu, Opera meluncurkan secara resmi situs berbahasa Indonesia untuk melayani para pengguna user di tanah air. Jadi, jika anda mengunjungi situs resmi mereka Opera.com, maka anda akan disambut dengan bahasa yang kita gunakan sehari-hari.

Untuk user internet savvy mungkin tidak akan berbeda, karena telah terbiasa membaca dalam bahasa Inggris, tapi saya berpikir bahwa ini adalah sebuah langkah besar untuk Opera dalam merangkul pengguna kedua terbanyak aplikasi mereka di dunia, yaitu Indonesia.

Dalam rilis resminya Opera, melalui Jon von Tetzchner, Co-founder, Opera Software, menyatakan bahwa Opera ingin langsung menyapa para pengguna di Indonesia dengan bahasa ibu mereka. Para pengguna di Indonesia telah menunjukkan antusias serta pertumbuhan yang terus menerus naik dari bulan ke bulan, seperti yang saya kutip dari Opera, Jon mengatakan bahwa “Localization is important to Opera, and it is impressive to see that the Opera Indonesia community has come together to make this translated version of our Web site possible”. Berpikir global tapi ekseskusi lokal, strategi yang cukup menarik dari Opera.

Ada sekitar 8 bahasa yang tersedia di pilihan bahasa yang ada di pojok kiri bawah situs Opera, termasuk Indonesia, English, Belanda, Portugis, dan 4 bahasa lain.

Agak miris, kalo menurut saya, ditengah perkembangan internet yang terus bertumbuh, dunia internet tanah air harus disuguhi ‘permen’ pahit tentang rancangan peraturan menteri tentang konten, padahal Twitter sudah mengenal Indonesia dengan menggandeng Axis, Opera tidak akan bisa mencapai browser mobile paling populer kalau tidak ada pengguna dari Indonesia, beberapa startup kita juga sudah mulai dikenal oleh bangsa luar, dan pasti makin terus bertambah. Tapi, kondisi di tanah air sendiri malah masih membuat was-was.

Opera sendiri sebenarnya baru meluncurkan versi Opera Browser mereka yang terbaru Opera 10.5 beta yang diklaim sebagai browser tercepat di muka bumi, seperti tag line di situs home untuk browser ini. Dan tentu saja publik internet juga menunggu gebrakan dari Opera Mini yang dikabarkan akan masuk iPhone.

Versi mobile dari browser Opera memang punya keunggulan utama, setidaknya untuk pasar Indonesia, yaitu kemampuannya yang bisa digunakan di berbagai jenis ponsel. Pasar Indonesia adalah pasar yang merata untuk produk ponsel, mulai dari pangsa pasar ke atas, sampai pangsa pasar menengah ke bawah, sebagaian besar kenal dan menggunakan Opera Mini.

Untuk beberapa ponsel, browser mobile ini menjadi default browser untuk berinternet, terutama untuk ponsel yang tidak memiliki OS. Bahkan, fasilitas Opera Mini sudah menjadi salah satu senjata promosi dalam menjual ponsel menengah. Selain itu, seperti yang dijelaskan oleh Opera, browser mini mereka punya keunggulan di kecepatan dan performa, dan teknologi kompresinya.

Semoga saja, dengan perkembangan berita dari Opera adalah salah satu berita bagus yang hadir di awal tahun dan akan terus bertambah di tahun ini dan kedepannya, serta semoga saja ‘permen’ pahit itu tidak harus ditelan oleh para pegiat internet di tanah air.

Anda bisa mulai mengunjungi situs Opera dan menikmatinya dalam bahasa Indonesia di sini, kalau anda tertarik mendownload Opera Browser desktop anda bisa mengunjungi link ini, untuk Opera Mini di link ini. Dan tentu saja, jangan lupa untuk share pangalaman anda dengan komentar pada kolom komentar di bawah artikel ini.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

3 Comments

  1. ya opera merupakan browser yg sangat sukses dan sudah banyak penggunanya.aq pun sangat mencintai browser opera n selalu menggunakannya.karna emang stabil dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Koleksi Isi Internet dengan Zootool dan WeHeartIt

Next Story

Google Mendengarkan User: Buzz Improvement

Latest from Blog

Don't Miss

Integrasi AI pembuat gambar pada Microsoft Edge

Microsoft Edge Kini Dilengkapi Sistem AI Pembuat Gambar

Microsoft terus menyematkan kecanggihan AI ke berbagai produknya. Februari lalu,
Microsoft dan Intel buat alat upscaling video

Microsoft dan Intel Buat Alat Upscaling Videonya Sendiri

Perkembangan teknologi video online kini mulai memanas, terutama sejak Google