NEWS
Corsair HS60 Haptic Janjikan Bass yang Dapat ‘Dirasakan’, Bukan Cuma Didengar
19 Oct 2020 | Glenn Kaonang
Corsair HS60 Haptic Janjikan Bass yang Dapat ‘Dirasakan’, Bukan Cuma Didengar
19 Oct 2020 | Glenn Kaonang

Corsair baru saja meng-upgrade salah satu headset gaming terlarisnya yang berada di rentang harga satu jutaan rupiah, yakni HS60. Dijuluki HS60 Haptic, versi terbarunya ini datang membawa teknologi haptic feedback yang inovatif. Integrasi teknologi haptic feedback pada sebuah headset gaming bukanlah hal baru. Sony sudah melakukannya sejak tahun 2012 lewat headset bernama Pulse Elite Edition yang ditujukan untuk konsumen PlayStation 3, dan Razer pun sudah menjual Nari Ultimate yang menawarkan tek...

Read More
Tren Investasi Venture Capital di Industri Game
15 Oct 2020 | Ellavie Ichlasa Amalia

Tahun ini, nilai industri gaming di dunia mencapai lebih dari US$150 miliar. Jika Anda menggabungkan nilai industri musik dan industri film, industri gaming masih lebih besar. Hal ini menunjukkan bahwa bermain game kini telah menjadi salah satu bentuk hiburan utama bagi sebagian besar orang. Anehnya, sebelum ini, sektor gaming jarang dilirik oleh para venture capital (VC), kecuali VC yang memang mengkhususkan diri untuk menanamkan investasi di industri gaming, seperti Play Ventures, Makers Fund,...

Read More
[Exclusive] Saweria: Streamer Game Bisa Dapatkan Rp44 Juta Sebulan dari Dana Dukungan
14 Oct 2020 | Yabes Elia

Konten kreator, khususnya di ranah gaming memang biasanya mendapatkan pendapatan dari sponsor alias iklan. Namun hal ini sebenarnya jadi menciptakan gaya dan tren konten yang itu-itu saja karena mereka mencoba mencari penonton sebanyak-banyaknya agar dilirik pengiklan. Konten kreator yang membahas konten-konten niche jadi kian sedikit karena dianggap tak mampu menarik perhatian sponsor, yang akhirnya juga tak bisa mencari pemasukkan dari hasil jerih payahnya. Jujur saja, karena itulah, saya sung...

Read More
Amazon Hentikan Pengembangan Crucible, Apa yang Membuatnya Gagal?
12 Oct 2020 | Glenn Kaonang

Masih ingat dengan Crucible, game hero shooter besutan Amazon yang sempat meluncur ke publik sebelum akhirnya mundur ke fase closed beta tidak lama sesudahnya? Apa yang saya takutkan rupanya benar-benar terjadi; game yang digarap oleh studio internal Amazon tersebut akan segera tamat riwayatnya. Melalui sebuah pengumuman resmi, developer-nya dengan berat hati memutuskan untuk menyetop pengembangan Crucible dalam waktu dekat, persisnya setelah mereka merilis fitur custom game. Alasannya sederhana...

Read More
Evolusi Controller PlayStation dari Masa ke Masa
12 Oct 2020 | Ellavie Ichlasa Amalia

Saya memainkan PlayStation ketika saya masih SD. Ketika itu, saya sadar bahwa tombol X digunakan untuk memberi jawaban ya atau mengonfirmasi jawaban. Namun, saya kemudian juga sadar, pada game-game tertentu, tombol X justru digunakan untuk membatalkan pilihan. Game-game tersebut biasanya punya satu kesamaan, yaitu menggunakan Bahasa Jepang. Hal ini membuat saya paham, di Jepang, tombol X dan O memiliki fungsi “terbalik”. Berkiblat pada negara-negara Barat, Indonesia menjadikan tombol...

Read More
Serba-Serbi Gamifikasi: Penerapan dengan dan Tanpa Aplikasi
08 Oct 2020 | Ellavie Ichlasa Amalia

Ketika saya SD, saya sering bermain game Puzzle Bobble. Beberapa waktu lalu, saya melihat adik saya memainkan game serupa, di aplikasi Shopee. Sementara bulan lalu, saya mendapatkan rilis dari Tinder, memperkenalkan fitur barunya,  “Swipe Night”, berupa cerita interaktif yang mengingatkan saya akan game-game buatan Telltale Games. Semua hal ini membuat saya berpikir: unsur-unsur game apalagi yang ada dalam aplikasi non-gaming? Kenapa aplikasi e-commerce dan kencan online memasukkan u...

Read More