Dark
Light

Cara Menggabungkan Dua Dokumen Word di Microsoft Office 2007

1 min read
August 3, 2015

Di Microsoft Office, ada banyak fitur yang bisa dimanfaatkan oleh orang dengan latar belakang yang berbeda. Salah satu yang paling banyak menggunakan software ini adalah mahasiswa.

Pasalnya, Microsoft Office yang terdiri dari sekumpulan program meliputi Word, Excel, PowerPoint, Access dan lain-lain, dapat menunjang kebutuhan mereka. Seperti mengerjakan tugas mid-semester, membuat laporan dan tentunya menyusun skripsi.

Tapi ada sebuah tool di Word yang tidak banyak diketahui oleh orang. Yakni tool menggabungkan dua dokumen Word atau lebih menjadi satu dokumen utuh. Bagi mahasiswa, fitur ini akan sangat berguna, dapat mempersingkat pekerjaan mereka ketimbang melakukan copy dan paste yang tak jarang menimbulkan masalah pada susunan dan letak.

Info Menarik: Cara Menyalin Teks di Dalam Gambar Menggunakan Microsoft OneNote 2007

Bagaimana penggunannya? Tutorial singkat ini akan memandu Anda.

  • Ini adalah dua dokumen berbeda yang saya jadikan percobaan. Yang di atas adalah dokumen 1 atau Bab 1, dan dokumen 2 atau bab 2 saya letakkan di bawah. Keduanya akan saya gabungkan ke dalam satu dokumen, jadi bab 2 akan saya gabungkan ke halaman berikutnya di bab 1. (penamaan di tutorial ini hanya contoh, sesuaikan dengan dokumen asli Anda).

Cara menggabungkan dua dokumen word 2007

  • Sekarang klik menu Insert, dan klik jarum di sebelah menu Object dan saat muncul menu dropdown klik Text from File.

Cara menggabungkan dua dokumen word_22

  • Berikutnya di jendela explorer pilih dokumen Bab 2 yang akan digabungkan ke Bab 1.

Cara menggabungkan dua dokumen word 2007

Info Menarik: [Panduan Pemula] Cara Mudah Membuat Brosur dengan Microsoft Word 2007

  • Klik tombol Insert dan ini dia jadinya. Seluruh isi di Bab 2 sudah berhasil dimasukkan ke Bab 1 tanpa menggunakan fitur copy dan paste. Mengenai format, sejauh yang saya temukan, untuk format tabel, gambar, bullet, huruf tebal, miring dan garis bawah tidak mengalami perubahan dari format aslinya. Dan tidak hanya satu, Anda juga bisa menggabung banyak dokumen namun dengan urutan yang harus Anda atur. Pasalnya, dokumen teratas akan diletakkan di posisi atas sesuai urutannya di dalam folder.

Cara menggabungkan dua dokumen word 2007

Selamat mencoba dan semoga tugas akhirnya segera terselesaikan dengan hasil yang maksimal.

Sumber gambar header Shutterstock.

Previous Story

Kecil Tapi Bertenaga, Gaming PC MSI Nightblade MI Resmi Diluncurkan

Next Story

DScussion #26: Djunadi Satrio tentang Ekspansi Zomato di Indonesia

Latest from Blog

Don't Miss

Microsoft 365 Copilot hadirkan integrasi GPT-4 di aplikasi Office

Microsoft 365 Copilot Hadirkan Integrasi AI GPT-4 di Aplikasi Office

OpenAI resmi memperkenalkan GPT-4 belum lama ini. Sebagai mitra terdekatnya,
google docs

Google Docs, Sheets, dan Slides: Cara Penggunaan, Fungsi, dan Kelebihan & Kekurangannya

Tidak peduli apakah Anda adalah seorang pelajar atau pekerja, menguasai