Dark
Light

Solusi Berbasis IoT “XL Pay Point” Ditujukan untuk UKM dan Koperasi

1 min read
September 29, 2015

Mesin XL Pay Point digunakan untuk otomatisasi transaksi UKM dan Koperasi / XL

XL baru saja mengumumkan solusi berbasis IoT (Internet of Things) terbarunya bernama “XL Pay Point” yang ditujukan untuk usaha kecil dan menengah (UKM) dan koperasi. Solusi ini terdiri dari aplikasi, paket data XL dan perangkat Pay Point berupa mesin penjual otomatis mini vending machine. Alat ini bisa diletakkan di tempat-tempat strategis yang mudah dijangkau oleh pelanggan atau pasar yang disasar pengusaha terkait. XL Pay Point dapat dimanfaatkan antara lain untuk menjual jasa dan barang seperti pengisian pulsa, dompet elektronik, kredit permainan, pembelian starter pack maupun transaksi keuangan seperti pembayaran pinjaman cicilan dan tagihan.

Chief Digital Service Officer XL Ongki Kurniawan mengatakan dalam sambutannya mengatakan:

“XL Pay Point sekaligus juga akan bermanfaat bagi para Penyedia Jasa Pembayaran Online (PPOB). Layanan ini dapat menjadi solusi bagi para pelaku usaha kecil menengah dalam mempermudah transaksi penjualan dengan para pelanggannya, terutama di kota-kota kecil dengan masyarakat yang belum banyak menggunakan transaksi elektronik menggunakan ponsel”.

Proses transaksi dengan XL Pay Point tergolong mudah. Konsumen atau pelanggan UKM hanya cukup memasukkan sejumlah uang sesuai dengan ketentuan nominasi yang tertera di mesin. Selanjutnya pelanggan memilih menu transaksi yang dikehendaki dari layar monitor dan kemudian secara otomatis XL Pay Point akan memproses transaksi tersebut.

XL Pay Point akan disampaikan ke pelaku bisnis dengan sistem kontrak berlangganan tahunan. Ditawarkan secara bundling terdiri dari perangkat mesin elektrik, aplikasi transaksi yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan pelanggan serta layanan paket data XL. Solusi ini dikatakan telah siap digunakan di seluruh wilayah yang menjadi area operasi XL di Indonesia.

XL berharap dengan adanya solusi ini pengusaha UKM atau koperasi tidak perlu lagi membuka kios tradisional yang memerlukan banyak investasi.  Karena adanya solusi ini konsumen yang tidak memiliki rekening bank (unbankable) dapat dengan mudah melakukan pembelian maupun transaksi pembayaran lainnya. Solusi ini sekaligus bermanfaat untuk memperluas dan mempermudah distribusi jasa kepada pelanggan.

Untuk lebih meyakinkan keandalannya, XL Pay Point ini telah diuji di beberapa UKM penyedia jasa telekomunikasi (dealer) yang berlokasi di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya. Hasil uji coba menunjukkan potensi dari mesin ini, sekaligus optimisme para pelaku UKM atas manfaat yang terkandung. Solusi ini dapat memudahkan akses pelanggannya untuk melakukan transaksi pembelian pulsa prabayar tanpa harus kesulitan mencari tempat penjualan tradisional. Penggunaan sistem otomatisasi dari solusi ini juga dirancang untuk meningkatkan pelayanan penjualan dan penetrasi produk maupun jasa ke sasaran pelanggan akhir.

Previous Story

Lebih Ringan dari MacBook Air, LG Gram Punya Spesifikasi Menjanjikan

Next Story

Bawa Fitur Sidik Jari Ala Ponsel Mahal, Coolpad Shine Cuma Dibanderol Rp 2,9 Juta

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

XL Axiata Gandeng Ericsson untuk Implementasikan Dual-Mode 5G Core

XL Axiata bekerja sama dengan Ericsson untuk mengimplementasikan solusi Dual-Mode

LinkNet dan Hypernet Berkolaborasi Lahirkan Lyft

Transformasi digital untuk para enterprise yang sudah merupakan sebuah kebutuhan saat