Dark
Light

Design Marketplace Grya Berusaha Hubungkan Desainer Rumah dan Masyarakat

1 min read
August 28, 2015

Portal Grya masih terasa sebagai online product showcase platform / Grya

Sebuah online marketplace lokal untuk kebutuhan pembangunan rumah bernama Grya belum lama ini diluncurkan. Portal ini siap mengakomodir desainer dan orang yang membutuhkan jasa desain arsitektur, interior, dekorasi rumah dan furniture. Konsep yang diusung mirip dengan portal Bridestory. Tiap produk yang ada adalah dari vendor-vendor tertentu yang mendaftarkan diri ke dalam portal. Pengguna dapat melihat contoh produk dan rekomendasi dari yang sudah menggunakan jasa tersebut sebelumnya.

Ada dua jenis pengalaman yang berusaha disuguhkan Grya, yakni sebagai konsumen dan sebagai expert atau desainer yang akan menawarkan karyanya.

Pengalaman pengguna produk desain

Grya memiliki user experiences yang cukup mudah diadaptasi. Ketika pengguna mengunjungi halaman web akan disuguhkan pada dua kolom yang menunjukkan expert/desainer dan proyek yang sedang menjadi sorotan (featured). Pada halaman muka ada dua menu utama, yakni Discover dan menu pencarian. Menu Discover dapat digunakan untuk mempermudah pengalaman dalam memilah jenis desain yang akan dicari. Terbagi menjadi 4 kategori utama: Arsitek, Interior, Dekorasi Rumah, dan Furniture.

Pengguna yang telah memilih suatu expert atau desainer, dapat melihat contoh dan keterangan terkait ekpertise desainer tersebut. Mereka dapat memberikan rekomendasi “suka” dan mendapatkan kontak vendor tersebut. Sistem belum mengakomodir secara penuh proses transaksi di dalamnya, baru menjadi penghubung dan ajang promosi proyek dan produk. Pengunjung dapat mem-follow desainer tertentu untuk mendapatkan pembaruan dan promo yang diberikan.

Sayang sekali belum ada sistem sorting berdasarkan lokasi. Padahal ini penting, karena biasanya jasa desain interior dan dekorasi cukup memprioritaskan lokasi terdekat, karena membutuhkan survei langsung. Kendati demikian setiap desainer juga memiliki detil lokasi di profilnya masing-masing. Selain itu informasi rekomendasi juga baru sekedar tombol like, belum ada kolom testimoni. Namun yang membuat konsumen lebih yakin dengan vendor tertentu, setiap vendor akan mempublikasikan proyek yang sudah jadi sebagai rujukan.

Pengalaman sebagai desainer produk

Selain mendaftarkan diri sebagai konsumen, Grya juga membuka kesempatan bagi para desainer/penyedia jasa/vendor untuk bergabung, secara official Grya menyebutnya dengan expert. Pengguna dapat mendaftarkan diri secara gratis untuk menjadi expert. Sebagai catatan, user name dan akun email yang sudah digunakan untuk menjadi konsumen tidak bisa digunakan lagi untuk menjadi expert. Dan belum ada mode konversi.

Expert akan memiliki sebuah halaman dashboard yang bisa digunakan untuk menambahkan kontak dan mengunggah proyek desainnya. Di sana juga ada fitur untuk mengkustomisasi desain logo dan cover yang digunakan untuk menginisiasi produk. Setiap proyek yang dibuat dapat diawali dengan draft, seperti layaknya saat membuat postingan artikel blog.

Secara umum Grya saat ini lebih terlihat sebagai platform sosial untuk kebutuhan desain rumah. Belum tampak adanya layanan interaksi “jual-beli” layanan atau desain dalam platform tersebut. Meskipun demikian Grya sangat baik untuk menjadi referensi dalam pengembangan desain rumah.

Selama pengamatan beberapa hari kami masih melihat beberapa progres perbaikan yang dilakukan. Sepertinya tim pengembang juga tengah dalam proses penyempurnaan sistem. DailySocial sedang berusaha menghubungi tim pengembang untuk menanyakan lebih jauh mengenai konsep dan target pencapaian yang ingin diraih Grya.

Previous Story

Qiku Q Terra Gebrak Pasar Mobile dengan Bekal Menjanjikan

Next Story

Lima Hal Penting yang Perlu Diperhatikan saat Membesarkan Startup

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Startup pengembang teknologi imersif Arutala memproduksi aplikasi berbasis teknologi Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), Mix Reality (MR), PC Simulator, hingga 360° Video untuk berbagai sektor bisnis

Komitmen Arutala Percepat Implementasi Teknologi Imersif untuk Bidang Edukasi

Sebelum istilah metaverse ramai dibicarakan, banyak pihak yang skeptis dengan
Jajaran founder VCGamers / VCGamers

VCGamers Dapat Pendanaan 37,3 Miliar Rupiah, Hadirkan Platform Social Commerce dan NFT untuk Game

VCGamers merupakan sebuah platform social commerce untuk pemain game. Baru-baru