Dark
Light

Google Hadirkan “Kartu Now” untuk Pasar Indonesia

1 min read
June 30, 2015

Joseph Kurachi Luk, Veronica Utami, dan Putri Silalahi, dalam peluncuran Google Kartu Now
Aplikasi pencarian Google App kini semakin sempurna untuk memahami konsumennya yang berbahasa Indonesia. Setelah beberapa waktu lalu fitur “OK Google” tersedia dalam Bahasa Indonesia, kini pihaknya memperkenalkan Kartu Now yang mengkurasi tren informasi dalam wilayah tertentu.

“Kami menyajikan konten ini demi membantu pengguna merasa lebih nyaman dalam mengakses informasi yang paling sering dicari. Sajian tersebut telah berdasarkan data kami yang terus diperbarui,” papar Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami yang baru saja menjabat beberapa bulan silam.

Pihaknya mengklaim produk ini merupakan yang pertama di dunia. Memanfaatkan momentum Ramadhan, Google Indonesia mencoba memaksimalkan tren pencarian sehari-hari yang menurutnya terus populer selama dua minggu terakhir ini.

“Google terus mengantisipasi fakta kalau di Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan smartphone tertinggi, di mana netizen mengandalkan ponsel untuk menemukan informasi yang bisa membuat rutinitas mereka lebih mudah. Kartu Now ini akan memberikan pengalaman baru di Google App, di mana mereka bisa menemukan informasi yang kerap mereka cari di suatu tempat,” tambah Veronica.

Tren konten yang dikurasi menitikberatkan pada segmen “Rencana”, “Makanan”, dan “Hiburan”. Kartu Now di Google App akan memberikan informasi yang paling banyak dicari pengguna, seperti jadwal imsak, inspirasi resep, dan video menarik untuk ditonton saar ngabuburit.

“Berbeda dengan masyarakat Amerika Serikat yang hanya cenderung membutuhkan informasi untuk pribadi, masyarakat Asia, terutama Indonesia, gemar mencari berita yang sedang trending di sekitar mereka. Hal tersebut yang menurut tim Google Indonesia yakinkan kepada kami bahwa ini merupakan pembaruan yang sangat baik, mengingat momentum bulan Ramadhan mendongkrak pencarian terkait makanan dan hiburan menjadi lebih tinggi daripada biasanya,” ucap Product Manager Google Now Joseph Kurachi Luk yang turut hadir dalam acara peluncuran Google Kartu Now.

Berhubung produk ini baru kali pertama diadopsi, pihak Google Indonesia tidak menutup kemungkinan untuk terus menghadirkan informasi yang relevan dengan pengguna di Indonesia selepas bulan Ramadhan, contohnya kartu cuaca, pencarian tren keseharian, dan berita-berita terbaru.

“Kami berharap Kartu Now terbaru ini akan memberi pengalaman yang lebih baik lagi bagi netizen yang menggunakan Google App untuk menemani keseharian mereka. Karena tujuan kami di Google sangat sederhana, yaitu menciptakan produk yang bisa membantu mereka mengatasi hal-hal kecil, sehingga mereka bisa fokus dengan hal-hal yang lebih besar setiap hari,” tambah Veronica.

Previous Story

Twitter Indonesia’s Country Manager is Vacant

Next Story

Formation 8 Prepares Five Trillion Rupiah to Invest in Southeast Asia and South Korea

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Google Trend di Indonesia Makin Cangih, Kini Ada Fitur Sedang Trending

Google secara resmi menghadirkan fitur Sedang Trending di Indonesia yang

Google Luncurkan AI Academy untuk Jaring Startup AI di Asia-Pasifik

Implementasi teknologi kecerdasan buatan atau AI memang berkembang pesat. Maka