Dark
Light

Thomas Davenport Bicara Mengenai Ekosistem Big Data Indonesia

1 min read
March 20, 2015

Kiri ke Kanan - CEO Mediatrac Regi Wahyu, Professor of  IT and Management at Babson College Thomas Hayes Davenport, CTO Mediatrac Imron Zuhri

Teknologi Big Data Analytics dewasa ini sedang menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Dengan memanfaatkan teknologi tersebut, informasi yang dihasilkan dari mengolah data-data yang ada dapat dijadikan bahan rujukan dalam mengambil kebijakan dan strategi ke depan. Tapi, pertanyaannya adalah siapa saja yang berperan dalam mengembangkan ekosistem Big Data Analytics ini? Kami berbincang dengan President’s Distinguished Professor in Information Technology and Management at Babson College Thomas Hayes Davenport untuk meminta pendapatnya mengenai hal ini.

Thomas Hayes Davenport, seorang akademisi asal A.S. dan juga penulis yang mengkhususkan diri dalam bidang analisis, inovasi proses bisnis, dan manajemen pengetahuan, telah membantu ratusan perusahaan dalam merevitalisasi praktek manajemen mereka. Sebagai penulis, setidaknya 16 buku yang berhubungan dengan kompetisi analisis telah diterbitkannya dan lebih dari seratus artikel ilmiah universitas tulisannya dipublikasi. Media digital Ziff Davis pun menempatkannya sebagai salah satu dari empat pemimpin manajemen IT pada daftar  “100 Orang Paling Berpengaruh di IT” mereka.

Dalam gelaran Big Data Week yang berlangsung pada tanggal 9-10 Maret lalu, sebagai pembicara, Davenport sempat menyinggung mengenai implikasi Big Data Analytics di Indonesia. Ia percaya bahwa Indonesia telah siap mengadopsi teknologi Big Data Analytics ini meskipun masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar ekosistemnya terbentuk.

Menurut  Davenport setidaknya ada tiga hal yang diperlukan dalam membentuk ekosistem Big Data Analytics di Indonesia.

1. Pendidikan

Davenport menekankan bahwa untuk membentuk ekosistem yang baik harus diawali oleh pendidikan yang berkualitas, terutama dalam tingkat pendidikan lanjut seperti univesitas. Hal ini penting, karena Big Data Analytics membutuhkan para peneliti data yang ahli terutama di bidang matematika dan sains.

“Universitas perlu mengembangkan program pendidikan yang  berkaitan dengan Big Data, sehingga dapat menelurkan para ahli di bidang Big Data.” ujarnya.

Davenport juga menambahkan, “Big Data Analytics ini sebenarnya lebih membutuhkan mereka yang ahli di bidang matematika dan sains dibandingkan dengan ahli IT.”

2. Dukungan Pemerintah

Selain pendidikan, dukungan dari pemerintah juga diperlukan, terutama untuk memunculkan industri-industri baru yang berfokus di bidang Big Data. Davenport sendiri optimis mengenai ini, karena menurut dia Presiden Indonesia Jokowi terlihat sangat memberikan dukungan untuk perkembangan bisnis di bidang teknologi pembaruan.

Davenport mengatakan, “Peran pemerintah juga diperlukan di sini dalam menyediakan program yang dapat memacu para entrepreneur untuk memulai bisnis (di bidang Big Data).”

3. Venture Capital

Hal terakhir yang tak kalah penting adalah peran investor. Meskipun saat ini ada banyak investor yang memberikan investasi bisnis di Indonesia, tetapi menurut  Davenport masih belum ada pihak yang berfokus untuk memberikan investasinya dalam sektor Big Data terutama bagi para entrepreneur yang baru memulai.

“Di Indonesia sepertinya masih belum banyak tersedia venture capital yang berfokus memberikan investasi di bidang Big Data. Ini cukup disayangkan, pasalnya bisnis Big Data juga memerlukan investasi (yang tidak sedikit) untuk berkembang,” ujar Davenport.

Selain tiga hal tersebut, Davenport juga menyarankan untuk tidak tergesa-gesa dalam membuat aturan mengenai Big Data. “Teknologi Big Data ini masih baru bertumbuh di Indonesia, saya rasa terlalu cepat jika segera membuat aturan ketat mengenai ini karena bisa saja aturan itu malah menghambat laju pertumbuhan teknologi Big Data itu,” tandasnya.

Previous Story

Bermain untuk Belajar Membuat Game di Cody App Academy

Next Story

Tesla Model S Terus Bertambah Pintar Berkat OTA Software Update

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Bonza Reportedly Receiving Additional Investment from Future Shape

DailySocial recently informed that one of the East Ventures portfolios,
Pendanaan Tambahan Bonza Big Data

Bonza Dikabarkan Terima Tambahan Investasi dari Future Shape

DailySocial memperoleh kabar, salah satu portofolio East Ventures, startup analisis