Canalys Q2 2025: Xiaomi Memimpin Pasar Smartphone Indonesia dengan Kuasai 21%

1 min read
August 15, 2025

Peluncuran smartphone flagship Xiaomi 15 Series di Indonesia pada bulan Maret lalu terbilang mengejutkan. Tidak tanggung-tanggung, Xiaomi menghadirkan Xiaomi 15 Ultra bersama versi mungil Xiaomi 15. Keduanya ditenagai chipset Snapdragon 8 Elite dan sistem kamera Leica.

Untuk segmen gaming, POCO F7 Series menawarkan performa flagship untuk bermain game dengan lebih puas, hingga mengakses berbagai aplikasi. Dari POCO F7 dengan Snapdragon 8s Gen 4, POCO F7 Pro dengan Snapdragon 8 Gen 3, dan POCO F7 Ultra yang mengandalkan chipset Snapdragon 8 Elite.

Sementara itu, Redmi 13X di segmen entry-level menjadi pilihan populer berkat daya tahan baterai impresif dan value terbaiknya untuk kebutuhan harian. Bersama Redmi 14C, Redmi A5, POCO C71, POCO C75, hingga kelas menengah dengan Redmi Note 14 Series.

Portofolio produk yang kuat di setiap segmen tersebut pun berhasil mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar smartphone di Indonesia. Berdasarkan laporan terbaru dari Canalys untuk Q2 2025, Xiaomi mendominasi dalam dua kuartal berturut-turut dengan menguasai 21% pangsa pasar nasional. Pencapaian ini menjadi bukti nyata komitmen Xiaomi dalam menghadirkan inovasi, kualitas, dan nilai terbaik bagi konsumen Indonesia.

Wentao Zhao, Country Director Xiaomi Indonesia, menyampaikan bahwa kesuksesan ini tidak lepas dari hubungan yang kuat antara perusahaan dan penggunanya. “Setiap langkah kami, mulai dari inovasi teknologi, peluncuran produk, hingga perkuatan layanan purna jual, selalu berlandaskan pada pemahaman mendalam akan kebutuhan konsumen. Inilah yang membuat produk dan inovasi kami tetap relevan dan dipercaya,” ujarnya.

Kesuksesan Xiaomi di kuartal kedua 2025 ditopang oleh strategi komprehensif yang berfokus pada tiga pilar utama. Pertama produk unggulan, distribusi yang luas, dan layanan purna jual yang solid.

Selain membawa produk unggulan yang disebutkan di atas, Xiaomi memiliki komitmen kuat dalam menyediakan layanan purna jual yang unggul untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna. Layanan ini mencakup jemput dan antar unit gratis untuk perbaikan, serta garansi penggantian unit baru jika perbaikan melebihi 10 hari kerja. Xiaomi juga menyediakan layanan WhatsApp Hotline yang siaga selama 15 jam setiap hari untuk menjawab pertanyaan dan memberikan solusi bagi para konsumen.

Selain itu, Xiaomi juga memperluas jangkauan distribusinya melalui strategi omnichannel yang efektif. Jaringan Xiaomi Store yang dikelola langsung oleh Xiaomi kini semakin mudah diakses, bahkan di kota-kota sekunder. Kemitraan yang kuat dengan berbagai platform e-commerce terkemuka juga memastikan produk Xiaomi dapat menjangkau konsumen di seluruh Indonesia.

Dengan filosofi “Innovation for Everyone”, Xiaomi menegaskan visinya untuk terus mempermudah kehidupan melalui inovasi. Pendekatan ini menjadi landasan kuat bagi Xiaomi untuk mempertahankan posisinya sebagai pilihan utama konsumen Indonesia, tidak hanya di pasar smartphone, tetapi juga dalam ekosistem teknologi secara menyeluruh.

vivo V60 2
Previous Story

vivo V60 Resmi Diperkenalkan, Bawa Kamera Telephoto 50MP dan Snapdragon 7 Gen 4

Latest from Blog

Don't Miss

Xiaomi 8.8 Extra Sale: Diskon Produk AIoT dan Peluncuran Smart Projector

Xiaomi Indonesia menggelar 8.8 Extra Sale periode 6-11 Agustus 2025

Xiaomi Luncurkan Mijia Mesin Cuci Pintar 2-in-1 dengan Kapasitas 10,5kg dan Fitur AI

Xiaomi Indonesia menghadirkan Mijia Front Load Washer Dryer 10,5kg sebagai