Dark
Light

Tumblr Ubah Dashboard, Buang Tumblarity

1 min read
January 13, 2010

tumblrTumblr baru saja memperkenalkan perubahan kecil ke dashboard mereka. Perubahannya bisa dibilang cuma kosmetik aja, yang ditambah cuma link ke daftar postingan kita sendiri, dan messages yang ngasih tau kalo ada yang submit postingan atau pertanyaan ke kita.

Selain itu radar atau rekomendasi postingan baru kini dipindah ke sisi kanan dashboard dari halaman popular, untuk mendongkrak unsur discovery blog-blog lain di Tumblr.

Yang mengejutkan adalah mereka memutuskan untuk mendrop fitur Tumblarity mereka yang kontroversial itu. Setidaknya untuk sementara.

Penjelasan dari Tumblr:

We’re about to totally overhaul the Directory, along with the Activity page and Tumblarity which power it. In preparation, we’ve taken both of these pages offline while we make changes. More soon!

Selama ini Tumblarity memang ngga pernah ada metode pengukuran jelas yang dibuka ke publik. Tumblr sendiri cuma bilangTumblarity is derived from every blog’s activity and popularity.”

Kemisteriusan ini efeknya ada tiga, orang ngga peduli dengan Tumblarity, atau jadi males posting karena pengukuran yang gak jelas, atau jadi penasaran dan sering-sering posting/reblog. Ga sedikit yang sampe jadi frustrasi gara-gara tumblarity mereka turun drastis mendadak.

Gue sendiri saat ini termasuk yang ngga peduli dengan Tumblarity, walau harus ngaku ada masanya jadi “kejar posting” gara-gara pengen Tumblarity-nya naik.

Sistem rewarding kayak gini emang merupakan salah satu senjata platform blogging/microblogging/forum untuk menaikkan loyalitas penggunanya. Contohnya Plurk punya sistem Karma, forum-forum seperti Kaskus punya GRP alias ijo-ijo alias cendol, dan Foursquare punya badge.

Kita tunggu aja versi Tumblarity yang baru, moga-moga dengan algoritma popularitas yang lebih bisa dipertanggungjawabkan. Atau malah beneran dibuang permanen aja?

3 Comments

  1. D: tumblarity memang sering bgt kena problem ya ? biasanya turun drastis ,, pdhl karena kesalahan tumblr nya sndiri .. dan nantinya baek lagi .. sampe” aku pernah #1 di Indonesia padahal baru aja join 1 minggu D: waks hahaha .. kmaren baru ada problem lagi .. kalo aku lihat sih ada postingan yg kesannya gaib .. jadi aku post tapi gak masuk dalam activity nya .. ckckckck .. words i posted nya dari 5000+ jadi cuman 3000+ . blech . padahal gak ada delete apa pun ! D: sial amat padahal ak dah bisa menerima keadaan “tumblarity” walaupun gara” karma di plurk aku jadi berhenti ngeplurk ..

    smoga deh cepet berhenti ini masalahnya dan gak muncul” lagi
    bete juga buka http://www.tumblr.com/activity isinya coming soon mulu ! xD
    pingin liat tumblarity nya brapa .. hahahah xD

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Friendster Bekerja sama Dengan Yahoo!

Next Story

Google Ancam Tinggalkan Cina

Latest from Blog

Don't Miss

Tumblr Umumkan Post+, Mudahkan Kreator Memonetisasi Konten Lewat Sistem Subscription

Semua akan subscription pada waktunya. Bahkan Tumblr, platform blogging yang

[Panduan Pemula] Cara Membuat Daftar Isi di Dalam Artikel Blog WordPress

Pernahkah sobat menemukan sebuah artikel atau tulisan blog yang di