Dark
Light

Memasuki Tahun Kelima, Ruparupa Perkuat Strategi Omnichannel

1 min read
April 15, 2021
Ruparupa, situs e-commerce home, living and furniture bagian dari Kawan Lama Group telah melayani lebih dari 500 ribu pelanggan sejak beroperasi 5 tahun lalu
Teresa Wibowo dan Budiono Darmawan dalam perayaan hari jadi Ruparupa yang kelima / Ruparupa

Ruparupa, situs e-commerce home, living and furniture bagian dari Kawan Lama Group, mengungkapkan akan terus perkuat strategi omnichannel karena terbukti mampu memenuhi kebutuhan konsumen yang mulai terbiasa belanja online tapi membutuhkan kehadiran toko untuk melihat barang secara fisik.

Chief of Many Things Ruparupa Teresa Wibowo menjelaskan, dengan konsep omnichannel konsumen dapat menghemat lebih banyak waktu saat berbelanja. Terlebih kebiasaan konsumen kini sudah berubah, tidak lagi berlama-lama saat keluar rumah, tapi tetap tidak ingin meninggalkan kebiasaan belanja di platform digital.

“Jadi omnichannel ini sangat efektif untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dari awalnya sekadar browsing sebelum belanja offline, kini bisa pakai aplikasi bahkan saat ada di dalam toko. Ini jadi sebuah kebutuhan. Kami yakin kebiasaan tersebut akan berlanjut, meski setelah pandemi,” terang Teresa saat konferensi pers virtual, Rabu (14/4).

Dalam memenuhi konsep omnichannel, Ruparupa menyediakan sejumlah fitur pendukungnya. Mulai dari STOPS (Store Pick-Up Service), memungkinkan pelanggan yang berbelanja di situs atau aplikasi Ruparupa dapat mengambil produk yang dibeli di toko ritel Kawan Lama Group terdekat dari lokasi mereka. Selanjutnya, Scan and Go Shop yang memungkinkan konsumen dapat mentransaksikan belanjaannya melalui aplikasi hanya dengan scan barcode produk yang diinginkan, sehingga tidak perlu ke kasir dan menghindari antrean.

Dengan fitur tersebut, konsumen dapat memilih untuk mengirimkan pesanan ke alamat yang dituju menggunakan jasa pengiriman reguler maupun instan, atau mengambil barang belanjaan di pickup point di dalam toko untuk di bawa sendiri. “Fitur ini menerapkan contactless transaction, untuk aktivitas belanja yang lebih aman di masa kebiasaan baru.”

Keunggulan Ruparupa bermain di omnichannel didukung karena bagian dari Kawan Lama Group yang memiliki 350 jaringan toko offline ACE, Informa, Home Galleria, Selma, Toys Kingdom, Ataru, dan lainnya tersebar di seluruh Indonesia. Dari jaringan tersebut, Ruparupa mampu menyediakan lebih dari 67 ribu jenis produk, seperti furniture, home living, kitchen, hobi, dan masih banyak lagi.

Sumber: Ruparupa
Sumber: Ruparupa

Dampak dari pandemi

Chief of Marketing Ruparupa Budiono Darmawan menambahkan, Ruparupa termasuk salah satu vertikal e-commerce yang mengalami panen sepanjang pandemi karena orang-orang harus beraktivitas dari rumah. Alhasil, banyak orang kembali menata isi rumahnya agar lebih betah.

Dari sisi kinerja perusahaan, meski tidak dirinci lebih jauh, terjadi kenaikan yang signifikan dari sebelum dan sesudah pandemi sebesar 200% untuk keseluruhan kategori. Berdasarkan kategori yang paling banyak dibeli konsumen, di antaranya sepeda, meja dan kursi kantor, rak dan penyimpanan, dan peralatan olahraga. Kategori tersebut kenaikannya bisa mencapai 300%, sementara masker naik hingga 1000%.

Diklaim pula, sepanjang lima tahun beroperasi Ruparupa telah melayani lebih dari 500 ribu pelanggan.

Teresa mengatakan, “Ruparupa sangat merasa blessing bisa menyaksikan saat pandemi bahwa saat pandemi ini membuktikan visi misi kami dari awal benar-benar menjadi kenyataan yang kita lihat dalam keseharian. Visi kami adalah menciptakan hunian yang hangat untuk keluarga, tempat kerja yang mendukung produktivitas, dan meningkatkan kualitas hidup,” tutupnya.

Application Information Will Show Up Here
Previous Story

Sony Xperia 1 III dan Xperia 5 III Diumumkan, Unggulkan Kamera dengan Lensa Variable Telephoto

Next Story

Konsep Terbaru TCL Tunjukkan Bahwa Layar Foldable dan Rollable Bisa Disinergikan dalam Satu Perangkat

Latest from Blog

Don't Miss

Ini-Inovasi-Berkelanjutan-Blibli-Tiket-yang-Menciptakan-Ekosistem-Digital-yang-Terintegrasi-dan-Seamless

Ini Inovasi Berkelanjutan Blibli Tiket yang Menciptakan Ekosistem Digital yang Terintegrasi dan Seamless

Di era digital yang serba cepat ini, kita semakin dimanjakan
Blibli rayakan ulang tahun ke-12

Ulang Tahun ke-12, Blibli Hadirkan Program “Blibli Annive12sary”

Dengan persaingan yang semakin ketat, eksistensi sebuah e-commerce di Indonesia