Dark
Light

Layanan Streaming Musik Deezer Umumkan Paket Gratis untuk Penggunanya

1 min read
December 21, 2012

Layanan streaming musik Deezer yang baru-baru ini menyambangi Indonesia kembali menggebrak dengan meluncurkan paket langganan gratis. Dikutip dari Billboard, Deezer akan memberikan layanan streaming gratis kepada penggunanya di lebih dari 150 negara yang didukung oleh iklan. Saat ini Deezer memiliki 3 juta pengguna, sementara Spotify yang memimpin pasar memiliki 5 juta pengguna terdaftar.

Pengguna layanan gratis ini akan memperoleh akses tak terbatas di database Deezer selama sebulan atau setahun — bergantung  negaranya. Setelah itu pengguna layanan ini akan dibatasi dengan akses dua jam setiap bulannya. Yang diperlukan untuk pengaksesan ini cukup akun Facebook, konektivitas 3G dan smartphone.

Deezer memang semakin agresif setelah memperoleh pendanaan $130 juta dari Access Industries. Masih menghindari pasar Amerika Serikat, Deezer yang berasal dari Perancis telah memiliki kantor di 15 negara. Menggunakan akun Facebook sebagai pintu masuknya, Deezer optimis mereka masih bisa berkembang dengan lebih pesat lagi

Selain merangkul pelanggan, Deezer juga mencoba bekerja sama dengan para artis dengan program Deezer4Artists. Di program ini, artis yang bekerja sama bisa mengembangkan tampilan kehadirannya di Deezer, serta menambahkan konten-konten seperti demo, contoh lagu, wawancara dan performa live. Artis yang memiliki konten ekstra yang ditampilkan di Deezer akan memperoleh royalti tambahan.

Saya sempat mencoba mengakses Deezer hari ini dan menemukan bahwa akun Premium+, yang belum pernah didaftarkan lagi sebagai akun berbayar, diperpanjang lagi aksesnya hingga awal Januari. Saya belum tahu apakah nantinya akun seperti ini bisa dikonversi menjadi akun gratis (dengan iklan) dan berapa lama jatah yang diperoleh untuk pengguna di Indonesia.

Selain Deezer, penikmat musik di Indonesia juga telah memperoleh akses legal untuk berkas-berkas musik melalui iTunes yang tersedia awal Desember ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

BlackBerry 10 Sudah Didaftarkan Sertifikasi Ditjen SDPPI

Next Story

Facebook Jadi Istilah Pencarian Paling Populer di AS

Latest from Blog

Ini Dua Chromebook Baru dari Lenovo

Lenovo memperkenalkan dua Chromebook terbaru, yakni Lenovo Chromebook Duet (11″, 9) dan Lenovo Chromebook Duet EDU G2, yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas

Don't Miss

Tren Co-Streaming di Industri Esports

Beberapa tahun belakangan, popularitas esports memang meningkat pesat. Jumlah fans

Daya Tarik Model Bisnis Iklan Bagi Platform Streaming Video

Dalam 10 tahun terakhir, industri film mengalami disrupsi. Keberadaan platform