Dark
Light

Facebook Rambah E-Commerce, Sediakan Layanan Pemberian Kado

1 min read
September 28, 2012

Kamis kemarin, Facebook mengumumkan kembali hadirnya Facebook Gifts. Jika layanan dengan nama serupa yang ditutup tahun 2008 lalu hanya menjual barang-barang virtual, Facebook Gifts kini benar-benar menjual kado nyata yang dapat diberikan kepada teman Facebook atau untuk pengguna itu sendiri.

Layanan ini tersedia hasil dari akuisisi Facebook atas sebuah startup bernama Karma pada Mei lalu. Karma merupakan penyedia aplikasi mobile untuk pemberian kado. Kini layanan serupa dihadirkan tim dari Karma di Facebook.  Untuk sementara layanan ini baru dapat dinikmati oleh sebagian pengguna Facebook di Amerika. Nantinya, layanan ini akan dihadirkan di negara-negara lain di dunia.

Sebagai sosial media, Facebook mempunyai beberapa kelebihan dalam menjalankan layanan ini. Yang pertama, Facebook mempunyai data-data penggunanya, seperti ulang tahun dan bisa mengingatkan teman pengguna tersebut tentang ulang tahun ini. Dari pengingat ulang tahun tersebut, pengguna dapat langsung memilih kado yang akan diberikan kepada pengguna yang berulang tahun.

Yang kedua, masih tentang data pengguna, Facebook bisa membantu pengguna memilih hadiah yang sesuai untuk temannya, berdasarkan data kesukaan dari teman tersebut. Entah pengguna tersebut suka musik, olahraga, Hello Kitty atau Gundam, data ini bisa membantu pengguna yang seringkali kesulitan dalam memilih kado yang tepat.

Pengguna yang ingin mengirimkan kado, cukup memilih kado, menulis kartu ucapan, dan membayar. Tindakan selebihnya sampai kado diterima dilakukan oleh Facebook, termasuk menentukan ke mana kado tersebut akan dikirim. Pengguna yang menerima kado, akan menerima notifikasi yang sekaligus menanyakan ke mana kado akan dikirim.

Dengan kelebihan-kelebihan seperti itu, Facebook Gifts ini akan menjadi pesaing serius bagi layanan serupa.

Facebook Gifts di Indonesia

Pertanyaan yang muncul kemudian adalah apakah Facebook akan membuka layanan Facebook Gifts ini di Indonesia. Menurut saya, besar kemungkinan kalau jawaban atas pertanyaan itu ada iya. Asia Tenggara, khususnya Indonesia diakui sebagai pasar yang menarik bagi e-commerce. Banyak e-commerce dari luar negeri melakukan ekspansi ke Indonesia karena tertarik dengan pasar besar yang masih belum sepenuhnya digarap. Selain itu, posisi Indonesia sebagai pengguna Facebook terbanyak keempat di dunia menjadi potensi tersendiri untuk dimanfaatkan oleh Facebook dalam menaikkan profitnya melalui e-commerce ini.

Kapan Facebook Gifts ini akan direalisasi di Indonesia? Sepertinya hal ini masih akan menunggu Facebook membuka kantor perwakilannya di Indonesia. Entah tim Facebook Indonesia menangani sendiri layanan ini atau menjalin kerja sama dengan startup lokal, layanan Facebook Gifts ini cepat atau lambat akan datang ke Indonesia. Pada saat itu, layanan lokal seperti Wishokoo dan KadoButa harus telah bersiap bersaing dengan pemain besar ini.

Previous Story

Harga Nokia Lumia 920 dan 820 di Eropa Telah Diumumkan

Next Story

Kaskus Maintenance, Pengguna Bisa Main Tenis

Latest from Blog

Don't Miss

Niko Partners: Pertumbuhan Industri Game Indonesia di 2023 Melambat

Game menjadi salah satu industri yang justru tumbuh selama pandemi
Meta sedang siapkan chatbot AI untuk produk-produknya

Meta Segera Luncurkan Chatbot AI dengan Banyak Kepribadian

Sejak ChatGPT diluncurkan November tahun lalu, chatbot AI terus menjadi