Dark
Light

Kolaborasi Kerja di OfficeMedium

1 min read
November 4, 2009

Dunia internet adalah tentang kolaborasi, penggabungan fungsi internet, pekerjaan klasik, serta kolaborasi antar karyawan. Yang menjadi bagian terpenting dari internet adalah bagaimana dunia baru ini bisa membuat segala hal yang dilakukan secara manual bisa lebih maju dan lebih berguna jika dikerjakan secara online, terutama untuk peningkatan produktivitas kerja.

Apalagi kini dunia internet akan bergerak pada web 3.0 yang sangat mengedepankan proses kolaborasi, kesatuan tempat kerja, serta proses kerja yang bisa dilakukan dari mana saja, di mana saja dan kapan pun. Internet memungkinkan itu semua, dan aplikasi-aplikasi yang mendukung perkembangan virtual office semakin berkembang, salah satu penyedia jasa kolaborasi ini adalah OfficeMedium. OfficeMedium adalah sebuah program berplatform drupal yang ramah penambahan fungsi jika diperlukan.

Sebagai penyedia jasa web-based intranet dan collaboration software, OfficeMedium adalah sebuah program yang sangat membantu para pekerja dalam mengelola pekerjaan serta agenda, kalendar pribadi atau group (bersama karyawan lain atau bahkan klien),
berbagi file dengan mudah, penyimpanan file, serta pengorganisasian file dengan konsep kolaborasi ,yang memungkinkan untuk di share pada orang lain.

Bagi banyak tipe pekerjaan, yang paling sulit untuk dilakukakan adalah senstralisasi pekerjaan. Banyaknya pekerjaan, ketidak beraturan fokus skala prioritas serta menumpuknya pekerjaan yang belum selesai, seringkali membuat para karyawan frustasi. Sentralisasi pekerjaan serta update data langsung via internet yang diberikan OfficeMedium akan memungkinkan para penggunanya berbagi data yang diperlukan dalam pekerjaan sehari-hari di satu tempat, sehingga kendala kerja yang disebabkan oleh hambatan penggunaan dekstop pribadi yang berbeda-beda dapat dihindari.

Versi demo yang saya coba, sangat praktis, dan tentu terasa keren, bekerja dengan semacam halaman kerja pribadi yang bisa terhubung dengan karyawan lain, bos, bahkan klien anda.
Tidak perlu lagi mengirim email untuk memberitahukan klien atau karyawan lain bahwa anda pergi untuk urusan bisnis, semua bisa dilakukan di satu tempat.

Meski kini ada iGoogle dan Google Wave yang juga mengedepankan proses kolaborasi pada satu tempat, sehingga hampir semua aktivitas kerja internet bisa dilakukan dari satu aplikasi.

Oh ya, OfficeMedium juga memungkinkan para pekerja berkolaborasi menggunakan fasilitas mirip dengan jejaring sosial, seperti blog dan shoutbox, hmmm…seperti sebuahi impian bekerja dengan integrasi fasilitas jejaring sosial dengan pekerjaan klasik.

Tapi tentu saja, dengan budaya kerja kita yang masih belum bisa memanfaatkan kemajuan internet secara maksimal, terbukti dengan di tutupnya akses ke jejaring sosial di banyak perusaha, karena alasan membut tidak produktif dan membuang biaya.

Sepertinya kita memang masih harus menunggu beberapa tahun lagi, untuk bisa sampai pada proses kerja kolaboratif ala web 2.0, tapi sambil menunggu itu mencoba OfficeMedium versi demo bisa jadi memunculkan inspirasi untuk membuat aplikasi seperti ini dengan versi Indonesia.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

4 Comments

  1. Gw pake OpenAtrium untuk project management dan intranet kantor. Mirip sama OfficeMedium ini, tapi dengan fitur yang lebih sedikit. Cukup untuk kolaborasi, lah.

    Dan OpenSource, jadi gak perlu iuaran ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Twitter Perkenalkan ‘Lists’

Next Story

Twitter List dengan Listorious

Latest from Blog

Don't Miss

Microsoft akan Hentikan Dukungan Aplikasi Office pada ChromeOS

Pada Chromebook yang ada saat ini sudah terdapat Google Play

Microsoft Word Kini Bisa Buatkan Transkrip Audio Secara Otomatis

Tahun demi tahun, Microsoft terus konsisten menambahkan berbagai fitur pintar