Dark
Light

AndroidNation Buka Pintu Bagi Para Penggemar Android di Jakarta

2 mins read
July 11, 2012

AndroidNation yang didukung oleh Google membuka pintu mereka hari Jumat kemarin, dan menjadi toko pertama di Indonesia yang mengedepankan pengalaman Android. Outlet ini terletak di Senayan City di Jakarta, menempati ruangan seluas 136 m2 dan ditujukan untuk mempopulerkan Android di pasar lokal selain untuk mengedukasi konsumen tentang apa itu Android dan apa saja yang bisa dilakukan dengan perangkat berbasis Android. Didirikan dan dioperasikan oleh raksasa retail ponsel Erafone, AndroidNation bukan hanya ditujukan menjadi toko retail saja tetapi juga menjadi pusat komunitas.

Direktur Pengembangan Bisnis dari Erajaya Group, Jeremy Sim mengatakan, “Kami menyediakan pengetahuan bagi konsumen tentang Android mulai dari perangkat, sistem operasi, termasuk juga konten yang tersedia.” Dia mengatakan bahwa walaupun ponsel Android semakin populer, masih banyak yang tidak menyadari apa yang mereka bisa lakukan dengan perangkan yang mereka miliki. Toko ini didirikan untuk membantu mereka yang ingin mempelajari lebih jauh tentang bagaimana caranya menggunakan ponsel dan tablet Android.

AndroidNation tidak diharapkan untuk mendorong peningkatan penjualan ponsel Android besar-besaran. Toko ini diposisikan terutama sebagai sarana untuk menyorot Android sebagai sistem operasi populer dan untuk menampilkan perangkat terbaik berbasis Android. Menurut Jeremy, selama satu kuartal ke depan, Erajaya Group akan menilai kinerja toko tersebut dan berdasarkan umpan balik yang ada, akan mempertimbangkan untuk menambah gerai AndroidNation di Jakarta dan Surabaya.

Seperti yang dikatakan Jeremy pada Kontan, biaya mendirikan toko ini mencapai USD 200.000. Erajaya Group sendiri telah mengoperasikan 326 toko retail di seluruh Indonesia menjual berbagai merek ponsel dan baru-baru ini mengakuisisi iBox, salah satu Apple Reseller terbesar di Indonesia dengan nilai USD 18 juta.

Untuk melayani komunitas, Jeremy mengharapkan para fans dan penggemar Android menggunakan tempat yang telah tersedia untuk diskusi komunitas, pertemuan, dan workshop. Toko ini bisa saja digunakan oleh Google untuk mengadakan pertemuan informal dengan publik mengingat kantor Google yang terletak di seberang jalan dari mall tempat toko ini berada.

Dihiasi oleh warna hijau dan putih, saat ini AndroidNation menjual ponsel dan tablet Android dari tujuh pabrikan, Samsung, Sony, HTC, Motorola, LG, Dell, dan Acer. Model terkini ditempatkan di dinding dan meja untuk dicoba oleh para penggunjung.

AndroidNation juga menyediakan kartu-kartu berwarna hijau yang menggambarkan karakteristik dan minat individu dan mencocokkannya dengan aplikasi yang sekiranya sesuai dengan para individu tersebut. Kartu-kartu ini tampaknya disediakan bagi mereka yang masih awam dalam penggunaan aplikasi pada umumnya.

Sebagai contoh, pekerja kantoran yang diberi nama Busy Budi, mungkin ingin menggunakan aplikasi-aplikasi berikut: Box, Evernote, File MAnager, Indonesian Bank Rate, Office Suite Viewer 6, Task Manager, Olive Office Premium, dan CamCard Lite Business Card.

Karakter lainnya, Popular Putri, yang gemar bersosialisasi, mungkin tertarik dengan aplikasi Facebook, Foursquare, Google +, Instagram, Twitter, Mig33, LinkedIn, dan Path. Ada banyak karakter lain seperti Sporty Satriya (Sports), Winning Wira (Gamer), Fit Febri (Health and Fotness), Chatty Cathy (Communications), dan masih banyak lagi, yang mungkin bisa membantu pengguna Android pemula untuk mencoba berbagai aplikasi yang menarik bagi mereka. Ada fasilitas barcode di samping setiap aplikasi di kartu-kartu tersebut yang mengarahkan pada halaman aplikasi di Google Play.

Selain dari kartu karakter ini, ada pula kartu Apps of the Month yang menyoroti berbagai aplikasi dari Google Play yang dipilih oleh tim AndroidNation. Sepertinya ada banyak peluang yang bisa digunakan untuk berbagai tujuan seperti menyoroti pengembang lokal, aplikasi lokal, memberikan informasi penting dan tips penggunaan, atau bahkan membuat permainan berdasarkan kartu-kartu ini.

Toko ini sayangnya tidak menyediakan layanan reparasi untuk perangkat rusak atau yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, meski para karyawan yang ada akan dengan senang hati membantu permasalahan tentang perangkat lunak dan akan membantu untuk memperbarui aplikasi serta sistem operasi ke versi terbaru.

Anda bisa melihat beberapa foto dari AndroidNation di Dailylicious.
Previous Story

Tap Tap Ghost, First Indonesian Game for Nokia Asha Full Touch

Next Story

Pengeluaran TI Indonesia Terbesar se-Asia Tenggara, Tetapi Pemanfaatannya Belum Maksimal

Latest from Blog

Don't Miss

Jangan-Salah-Pilih,-Ini-Perbandingan-Xiaomi-14T-dan-Xiaomi-14T-Pro-Terbaru-dengan-Kamera-Leica

Jangan Salah Pilih, Ini Perbandingan Xiaomi 14T dan Xiaomi 14T Pro Terbaru dengan Kamera Leica

Xiaomi Indonesia kembali mencuri perhatian para penggemar fotografi mobile dengan
Di-Bawah-3-Juta,-Pilih-Tecno-Pova-6-Atau-Xiaomi-Redmi-Note-13-5G

Di Bawah 3 Juta, Pilih Tecno Pova 6 Atau Xiaomi Redmi Note 13 5G?

Bingung memilih smartphone baru karena budget terbatas? Jangan khawatir, karena