Dark
Light

MasukNegeri, Bantu Siswa Wujudkan Impian Sekolah di Perguruan Tinggi Negeri

1 min read
June 6, 2012

Menjadi mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN), memang menjadi target bagi sebagian besar siswa lulusan SMA di Indonesia. Setiap tahunnya, puluhan ribu siswa mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk bisa melanjutkan studi mereka ke PTN. Peluang untuk membantu puluhan ribu siswa tersebut untuk mewujudkan impian mereka melanjutkan sekolah ke PTN dilihat oleh PT Kreasi Online Indonesia (Suitmedia).

Suitmedia, meluncurkan portal MasukNegeri.com. Portal ini menyediakan berbagai latihan soal yang dapat dicoba oleh siswa calon peserta SMNPTN. Siswa bisa mengetahui sejauh mana kemampuannya melalui nilai hasil latihan menggunakan MasukNegeri.com. Setiap hasil latihan akan dicatat, sehingga pengguna dapat mengetahui perkembangan latihannya sebelum mengikuti SNMPTN yang sebenarnya. Nilai tersebut juga dapat dibandingkan dengan siswa lain pengguna MasukNegeri.com.

MasukNegeri.com sebenarnya telah hadir sejak 2010 yang lalu. Namun karena adanya kendala teknis, layanan MasukNegeri.com terpaksa ditutup dan baru bisa hadir kembali pada bulan April tahun ini.

Muhammad Fajrin Rasyid, CEO Suitmedia, dalam wawancara email mengatakan, ide pembuatan MasukNegeri ini diawali dari pengalamannya sebagai anak di daerah yang tidak memiliki fasilitas pendidikan yang sama dengan anak-anak di kota besar. Tidak adanya bimbingan belajar dan toko buku yang lengkap membuat mereka membutuhkan usaha yang lebih untuk bersaing dengan anak-anak di kota besar.

Melihat penetrasi akses internet cepat menjangkau sampai ke tingkat desa, Fajrin menilai solusi untuk menurunkan gap antara pendidikan di kota besar dan di kota kecil adalah melalui platform online. Akhirnya, lahirlah MasukNegeri yang dapat diakses oleh siswa di daerah, bahkan untuk siswa kurang mampu, karena hanya membutuhkan modal akses internet yang relatif terjangkau. Dengan adanya MasukNegeri, siswa di kota dan di daerah bisa mempunyai kesempatan yang sama untuk bersaing memperebutkan kursi di perguruan tinggi negeri.

MasukNegeri.com memiliki sekitar 10.000 soal berserta pembahasannya untuk setiap mata pelajaran yang diujikan di SNMPTN. Banyaknya bank soal ini memungkinkan sekitar 10.000 siswa yang terdaftar sebagai pengguna MasukNegeri.com untuk mencoba berbagai latihan soal secara berulang-ulang sehingga memperbesar peluangnya untuk dapat masuk ke PTN tujuan.

Upaya tim MasukNegeri untuk dapat menghadirkan solusi untuk membantu siswa untuk mewujudkan impiannya dapat bersekolah di perguruan tinggi negeri ini patut diapresiasi. Dengan adanya fasilitas seperti ini, selanjutnya tinggal bagaimana siswa lulusan SMA dapat memanfaatkannya sebaik mungkin untuk menyambut SNMPTN yang akan digelar pada 12-13 Juni mendatang.

Previous Story

[Simply Business] Would You Keep Going or Would You Quit?

Next Story

[Music Monday] NKOTBSB: Dorongan Bagus Untuk Membeli Musik Digital

Latest from Blog

Don't Miss

Gelar Pameran Teknologi Edukasi, Organisasi SEAMOLEC Tanda Tangan MOU dengan MODA

Salah satu fokus yang ingin dicapai pada pameran Smart City
Review-ASUS-ExpertBook-BR1100-1

[Review] ASUS ExpertBook BR1100, Laptop 2-in-1 Tangguh untuk Belajar Online Anak

Sektor pendidikan merupakan salah satu yang paling terkena dampak dari