Dark
Light

Tokopedia Tambahkan Pilihan Pembayaran dengan UNIK

1 min read
February 16, 2012

Hari kemarin Tokopedia mengumumkan penambahan pilihan pembayaran di layanan mereka, pengguna kini bisa melakukan pembayaran dengan layanan UNIK.

UNIK sendiri merupakan singkatan dari Uang Elektronik, layanan pembayaran yang dikembangkan oleh PT. Transmaya. Layanan mereka meliputi pembayaran untuk belanja online, membayar tagihan dan isi pulsa dan mereka juga tengah mempersiapkan layanan untuk mentransfer uang. Pengguna harus menjadi anggota di UNIK, melakukan isi saldo untuk bisa melakukan berbagai fasilitas di atas.

Tokopedia sendiri mejelaskan di situs mereka bahwa keuntungan bagi pembeli dengan pembayaran UNIK adalah proses verifikasi pembayaran yang instan, yang memungkinkan penjual lebih cepat menerima order dan barang yang dijual bisa lebih cepat sampai ke pembeli.

Sedangkan untuk penjual, keuntungan yang ditawarkan adalah perluasan pasar pada para pengguna UNIK yang ingin membeli di berbagai merchant Tokopedia. Pilihan pembayaran baru selain yang sudah ada ini ingin memberikan transaksi online yang lebih cepat dan mudah.

Minimun pembayaran yang bisa dilakukan dengan UNIK di Tokopedia sebesar Rp 50.000 dan maksimum Rp 5.000.000. Beberapa ketentuan lain adalah pembayaran hanya bisa dilakukan per invoice – tidak dapat digabungkan, jenis item maksimal 19 per invoice namun tidak ada batasan dalam jumlah item per jenis. Pembatalan order, pengembalian dana dilakukan lewat akun UNIK, waktu 30 menit adalah batas konfirmasi pembayaran.

Sistem Pembayaran Harus (Benar-benar) Memudahkan

Pembayaran tentu menjadi masalah penting di e-commerce, bukan satu-satunya masalah tetapi faktor penting. Tentunya Tokopedia juga berusaha untuk menyediakan cara pembayaran yang bisa mendukung transaksi secara cepat.

Namun ditengah persaingan sistem pembayaran yang telah ada, belum lagi yang hadir dari layanan bank seperti BCA KlikPay dan Mandiri ClickPay, yang paling mendekati dengan apa yang telah pengguna gunakan adalah yang akan dipilih. Pengguna dan penjual sebenarnya tidak ingin tambah ribet, penambahan sistem pembayaran haruslah meningkatkan dan memudahkan jalur jual beli yang telah mereka miliki.

Dan ini menjadi satu hal yang harus diperhatikan oleh Tokopedia, pengguna harus punya akun UNIK artinya pengguna yang belum punya akun harus bikin akun lagi, memang ada pilihan pembayaran lain, tapi masih ‘manual’ transfer bank. Kecuali memang tujuan utama Tokopedia adalah lebih pada mengambil anggota UNIK dan diarahkan untuk membeli produk di Tokopedia, itu lain soal.

Di sisi lain, kabar tentang penambahan sistem pembayaran adalah sisi positif tersendiri, setidaknya muncul pilihan tambahan untuk melakukan pembayaran, meski seperti yang saya sebutkan di atas, sejatinya penambahan pembayaran harus memudahkan dua belah pihak, penjual dan pembeli serta tidak membuat pekerjaan tambahan bagi keduanya.

Keterangan lengkap tentang pembayaran di Tokopedia dengan UNIK, bisa dilihat di sini.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Ini Seperti Tap Tap Tap Membeli TUAW

Next Story

Event: Stasion Meetup V 7.0, Bertajuk ‘Startup Fundraising 101’

Latest from Blog

Don't Miss

Blibli rayakan ulang tahun ke-12

Ulang Tahun ke-12, Blibli Hadirkan Program “Blibli Annive12sary”

Dengan persaingan yang semakin ketat, eksistensi sebuah e-commerce di Indonesia
TikTok Shop

TikTok Shop Tingkatkan Fitur dan Fasilitas Menjelang Tahun Ketiganya di Indonesia

TikTok merupakan salah satu media sosial yang paling digandrungi saat