Dark
Light

OngkosKirim.com: Layanan Untuk Membandingkan Ongkos Pengiriman Barang

1 min read
December 23, 2011

Kota Malang memang sebuah kota yang sangat unik. Selain menjadi kota yang cukup terkenal, kalau melihat sisi non teknologi orang-orang dari kota ini yang hampir semuanya fanatik dengan tim sepakbola kesayangan mereka yaitu Arema. Kota Malang juga banyak memiliki talenta (dibidang IT maupun Non IT) yang memiliki passion untuk membangun sebuah startup.

Munculnya komunitas startup di kota ini yaitu Stasion, membuat kami mengerti startup dari kota ini bisa dibilang keren, beberapa dari mereka juga pernah memenangkan ajang seperti SparxUp Awards 2011, INAICTA 2011, Indigo Fellowship 2011, dsb.

Baru-baru ini muncul  lagi sebuah layanan baru dari kota ini, yaitu OngkosKirim.com. OngkosKirim adalah layanan pembanding harga pengiriman barang dari berbagai perusahaan pengiriman barang. Dari press release resmi di blog resmi situs ini, OngkosKirim.com adalah platform yang menyediakan layanan terpadu untuk pengecekan ongkos/tarif kirim, status pengiriman, dan yang lainnya dari berbagai perusahaan pengiriman/ekspedisi yang ada di Indonesia seperti POS Indonesia, JNE, TIKI, Pahala, Wahana, dll.

Seperti yang kami kutip dari press release tersebut. Tujuan dibangunnya OngkosKirim.com adalah memberikan kemudahan bagi pengguna layanan pengiriman/ekspedisi dalam mendapatkan informasi ongkos kirim dari berbagai perusahaan pengiriman/ekspedisi secara terpusat atau terpadu.

OngkosKirim sendiri juga menawarkan kepada perusahaan pengiriman barang, kanal distribusi baru untuk penyampaian informasi seputar layanan yang mereka sediakan dan kemudahan dalam pengelolaannya dengan free to low cost system tanpa perlu menyediakan infrastruktur sendiri.

OngkosKirim sendiri berada dibawah bendera (dikembangkan oleh) OpenKurir.com, sebuah layanan kurir lokal yang menyediakan berbagai macam layanan kurir seperti ambil-antar barang/makanan, beli barang/belanja, antar-jemput penumpang (anak sekolah/karyawan), tour guide, etc.

OpenKurir.com sendiri rencananya akan diluncurkan pada bulan Juni 2011 yang lalu, akan tetapi belum terealisasi hingga bulan Desember 2011 ini. Dikarenakan perihal manajemen dan operasional yang belum siap. Disela-sela mempersiapkan manajemen dan operasional OpenKurir.com, Revandi M selaku founder dari OpenKurir meluncurkan OngkosKirim.com ini.

Tampaknya untuk saat ini baru tersedia layanan dari Pos Indonesia dan JNE untuk membandingkan harga atau ongkos pengiriman dilayanan-layanan tersebut, nantinya akan bertambah layanan pengiriman barang lain di OngkosKirim.com ini.

Bagi para pembaca setia DailySocial yang kerap menggunakan layanan pengiriman barang, tidak salahnya mencoba layanan OngkosKirim.com ini untuk membandingkan harga beberapa layanan pengiriman barang yang ada. Dari segi UI-nya cukup segar ketika dilihat dan dari UX-nya sendiri sangat user friendly untuk digunakan. OngkosKirim.com sendiri nantinya akan tersedia di aplikasi mobile di beberapa platform seperti iOS, Android, BlackBerry, dan Blaast.

Maju terus startup Kota Malang!

21 Comments

  1. coba lagi mas, biasanya saat pertama kali di cek datanya belum tersedia, bisa jadi saat informasi di grab ke server expedisi belum sepenuhnya selesai, bisa jadi koneksi ke server terputus. tapi jika dilakukan pencarian yang sama untuk ke dua kalinya, hasilnya langsung keluar, selama dari pihak ekspedisi ada layanan ke kota yang dituju. Saya barusan nyoba datanya sudah masuk ke database ongkoskirim.com secara otomatis, sehingga untuk pencarian berikutnya data langsung diambil dari database ongkoskirim.com bukan lagi konek ke server perusahaan expedisi.

    Untuk jakarta – semarang, datanya lengkap dari 2 perusahaan expedisi pos dan JNE, sementara jakarta – oebobo, yang berhasil masuk ke database ongkos kirim hanya JNE. Barusan saya coba cek ke kantor pos, sepertinya server tarif onlinenya sedang down jadi gagal di grab informasinya oleh ongkoskirim.com

  2. kalo harus dicoba 2 kali, gimana cara kasih tau ke visitornya?apakah ini akan seterusnya atau nanti gak akan gini lagi?:)

  3. Saat ini ongkoskirim memang masih dalam tahap proses data entry dimana data itu secara tidak langsung di entry oleh user itu sendiri yang melakukan input pencarian data tadi, dan hal itu hanya berlaku sekali, selama pihak expedisi tidak melakukan update data terbaru. jika diupdate, maka ongkoskirim juga akan menerima update tersebut.

    Nah, jika proses entry itu sudah terpenuhi dan tersimpan di database ongkoskirim, proses pencarian berikutnya cukup mengambil dari internal database. jadi mungkin saat kasus mas agus sedang melakukan pencarian beberapa kota yang belum ada datanya di database ongkoskirim, sebenarnya pada saat yg bersamaan request dari mas agus sudah di listing oleh ongkoskirim dan digrab untuk dimasukkan ke database, dan ketika saya melakukan pencarian yang sama maka hasilnya langsung diambil dari database internal. mungkin untuk awal-awal ini sebagian user akan menemukan case yang sama dengan mas agus, tp ketika sudah digrab dan masuk ke database ongkoskirim maka request berikutnya informasi tadi sudah bisa ditampilkan.

  4. kalo first timer yg gak tahu informasi ini apakah akan mau kembali pak? kalo lucky, data yg dia cari dah ada, kalo yg apes, berarti data kirimnya ga muncul dan dia bisa punya anggapan ” wah gak jalan nih service” . Will they bother to come back?

    Kenapa gak di include aja semua datanya pak, plus launch API nya, pasti jauh lebih mantab 🙂

  5. Mas agus benar, oleh karena itu kita terus melakukan update data, mengingat usia ongkoskirim baru beberapa hari dan biasanya kami melakukan update data di saat server expedisi yg bersangkutan dalam kondisi load servernya sedang ringan, biasanya diatas jam 12 malem ongkoskirim akan request update ke server mereka.
    Disamping itu pengguna juga bisa melaporkan jika seandainya ada beberapa kota yang tidak tersedia datanya di tempat kami sementara di perusahaan ekspedisi sudah ada. untuk jelasnya bisa baca disini: http://ongkoskirim.com/bantuan/pencarian/hasil-pencarian

    Saran mas agus mengenai API pun sudah kami pikirkan dan saat ini juga sedang didevelop oleh tim kami, informasi unofficialnya bisa baca disini: http://heru.rumiopenconsulting.com/post/14613104504/percantik-tampilan-ui-ongkoskirim-com-fokus-perbanyak

    Sekali lagi terima kasih banyak atas masukan dan kritiknya, mudah-mudahan layanan kami kelak bisa membantu pengguna yang membutuhkannya.

  6. API nya memang dibuat untuk merchant juga kok mas, saat ini sedang didevelop tim mengingat kami juga masih fokus di collecting database. mudah-mudahan bisa secepatnya kami luncurkan.

  7. IMO, untuk pengembangan kurang begitu fokus
    merchant yang ada cuma JNE doank, layanan cargo yang lain ga ada..

    bukannya memihak ke OngkosKirim.com, tetapi untuk layanan ini nantinya akan bertambah merchant (layanan cargo) yang lain..
    So, mari kita tunggu perkembangan keduannya, lebih berinovasi yang mana dan lebih cepat yang mana

  8. bagus sekali ..apresiasi yang sangat bagus buat ongkoskirim.com !! ntah pake grab/curl atau apa…tpi bg sy ad yg sdikit bkn pnsaran, setau sy JNE sekarang itung2ny dah per kecamatan. bbrpa wkt lalu sy prnah nyoba input bbrp kecmtan, tpi JNE blm punya, & disuruh contact mereka. so, tuk hal ini solusi apa dr ongkoskirim.com ??

  9. di database ongkoskirim.com sudah dilengkapi daftar kecamatan juga, seharusnya sudah bisa juga. cuma tadi mo ngecek jurusan lowokwaru – tanah abang, server JNE pusat down, jd belum bisa cross check apakah apakah tarifnya update atau tidak. sebab expedisi yg lain belum/tidak menggunakan perhitungan tarif berdasarkan kecamatan.

  10. kalau pengiriman dari purbalingga tujuan pematangsiantar baisanya berapa hari ya mas ??

  11. kalau pengiriman dari purbalingga tujuan pematangsiantar baisanya berapa hari ya mas ??

  12. teknologi yang dipakai untuk mengambil data di tiap perusahaan pengiriman barang apa ya? apakah diadakan kerjasama terlebih dahulu dengan perusahaan pengiriman?

  13. teknologi yang dipakai untuk mengambil data di tiap perusahaan
    pengiriman barang apa ya? apakah diadakan kerjasama terlebih dahulu
    dengan perusahaan pengiriman?

  14. klo dibikin search engine ongkir supaya bisa dipasang pd tiap web, ok juga mas…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Scoop Raised Fund from Gobi Partners and MGI

Next Story

Blaast Finally Launched, Partners With XL

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

[Panduan Pemula] 2 Cara Cek Ongkos Kirim JNE

JNE atau Jalur Nugraha Ekakurir adalah salah satu perusahaan ekspedisi
Priceza dan Fokusnya Menjadi Situs Komparasi Harga Terdepan / Priceza

Priceza Fokus Jadi Situs Pembanding Harga Terdepan di Indonesia

Situs pembanding harga kini menjadi bagian pendukung layanan e-commerce untuk