Dark
Light

Penyedia Layanan Pembayaran Baru: Inapay.com

1 min read
October 5, 2011

Akhir-akhir ini, banyak sekali e-commerce baru yang bermunculan, dan dua e-commerce raksasa dari luar pun mulai memasuki pasar di Indonesia, seperti Rakuten dan eBay. Selain itu bisnis online (jual-beli) lainnya, yang masih menggunakan transfer antara bank atau cara lain juga terus bertumbuh.

Mayoritas user di Indonesia yang melakukan aktifitas berbelanja online memberikan perhatian cukup tinggi tentang keamanan, seperti juga yang pernah disinggung pada artikel di DailySocial berdasarkan riset yang pernah kami lakukan, dan hal ini termasuk keamanan transaksi, atas hal ini penguna membutuhkan cara pembayaran online.

Sebelumnya para pembaca DailySocial pastinya tahu tentang layanan pembayaran seperti Doku, Unik, IndoMog, Kaspay, dan kabarnya Bank BCA akan meluncurkan KlikPay serta Bank Mandiri dirumorkan akan meluncurkan Tokone.com.

Kali ini, muncul sebuah startup dengan menyediakan layanan untuk proses pembayaran atas transaksi lewat internet di Indonesia. Startup dari PT Indonesia Payment Solution bernama Inapay.com.

Mengutip dari situs resminya, Inapay merupakan sebuah sistem pembayaran yang bertindak sebagai pihak ketiga untuk melindungi pembeli dan penjual. Segala pengumpulan, penyimpanan dan penyaluran dana pembayaran akan dilakukan sesuai dengan prosedur dan instruksi dari pembeli dan penjual dengan sistem konfirmasi yang tersedia di situs ini.

Selain sebagai sistem pembayaran untuk berbelanja online, Inapay.com juga menawarkan layanan untuk solusi transfer antar bank. Biasanya aktifitas transfer antar bank membutuhkan waktu cukup lama, dan Inapay.com memberi solusi untuk mempercepat waktu transfer antar bank pada umumnya.

Bagi saya, yang membedakan Inapay.com dengan layanan pembayaran yang lain adalah tidak adanya sistem kartu kredit maupun sistem top up dalam hal transaksi online maupun transfer antar bank. Untuk transaksi antar penjual dan pembeli, mirip dengan apa yang disediakan oleh penyedia layanan rekber atau rekening bersama.

Ketika melihat layanan ini, belum banyak keramaian pada Inapay.com ini. Pada saat menuliskan artikel ini, member yang mendaftar hanya berjumlah 30 orang dan aktifitas transaksi hanya 4 jumlahnya. Mungkin, startup ini juga belum melakukan promosi besar-besaran supaya layanan ini dapat dikenal dan digunakan para user, dan startup juga relatif baru.

Dalam menggunakan layanan dari Inapay ini tentunya ada fee yang harus dibayar ketika bertransaksi, yaitu berupa dua jenis paket pembayaran yaitu sebagai “silver member” dan “gold member”. Untuk “silver member” pembayaran fee dilakukan ketika setiap kali transaksi, dan “gold member” pada setiap transaksi, tidak dibebankan dalam hal pembayaran fee. Namun harus membayar biaya sebesar Rp 250.000,-/tahun untuk menikmatinya. Lebih jelasnya dapat menuju ke tautan ini.

Sebenarnya, pasar e-commerce serta transaksi online di Indonesia sendiri sedang dalam proses penyesuaian mencari sistem pembayaran yang efektif untuk digunakan para user baik itu pembeli maupun penjual, karena seperti yang disebutkan di atas, di Indonesia sendiri keamanan menjadi faktor penting. Dan sebuah sistem pembayaran adalah salah satu solusinya.

3 Comments

  1. kalu saya bilang ini ESCROW nya Indonesia, mirip rekber tapi yg ini data2 penjual pembelinya baik nomor rekening penjual pembeli di simpan di database, mrk mengandalkan inapass sebagai ajuan transaksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Workshop SuBali Bertajuk Web Development

Next Story

Aplikasi, Target Investasi RIM di Indonesia?

Latest from Blog

Don't Miss

Bank Indonesia akhirnya meresmikan BI Fast Payment (BI-FAST) yang memungkinkan transfer antarbank hanya Rp2.500 untuk transaksi ritel

BI-FAST Diresmikan, Biaya Transfer Antarbank Turun Jadi Rp2.500

Satu per satu implementasi dari Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI)
Open API SNAP Bank Indonesia

SNAP Tandai Dimulainya Standardisasi “Open Banking” Indonesia

Indonesia mulai menyusul negara global lainnya untuk mulai mengimplementasikan standar