Dark
Light

Tentang Ekspansi Spotify di Asia: Apa Yang Seharusnya Dilakukan Spotify di Asia

2 mins read
October 4, 2011
Spotify founders Martin Lorentzon and Daniel Ek

Guest Post kali ini ditulis oleh Ario Tamat. Ario bekerja di industri musik digital di Indonesia sejak tahun 2003, dan saat ini bekerja di industri film dan TV di Vietnam. Anda bisa follow akun Twitter di @barijoe atau blog-nya http://barijoe.wordpress.com.

Baru-baru ini Spotify mengumumkan bahwa mereka akan melakukan ekspansi ke Asia dan menunjuk Dan Brody, seorang mantan pegawai Google yang tinggal dan bekerja di Asia selama 10 tahun, sebagai General Manager untuk Asia-Pasifik. Brody sendiri, sesuai dengan profil LinkedIn-nya, telah menempati sejumlah posisi tingkat tinggi di Cina, yang terbaru adalah menjadi CEO dari Grup Koolanoo, yang memiliki dan mengoperasikan beberapa situs di China.

Spotify telah menikmati kesuksesan di beberapa negara Uni Eropa, diikuti oleh banyak keberhasilan atas peluncuran layanan mereka di AS, terutama karena integrasi dengan Facebook. Spotify memiliki kemitraan dengan empat label utama, yaitu Universal Music International Group, EMI Music Internasional, Warner Music Group dan Sony Music Entertainment, serta memiliki partner dengan The Orchard dan Merlin Networks, yang pada dasarnya adalah agregator untuk musisi dan label independen.

Dengan mempertimbangkan bahwa Asia memiliki 3 dari 5 negara dengan pengguna Facebook terbanyak di dunia, integrasi Facebook dengan Spotify pasti akan menjadi keuntungan bagi layanan ini, namun ini akan sulit bagi konten musik itu sendiri, khususnya di Indonesia sebagai negara dengan pengguna Facebook terbesar di Asia. Mengacu ke artikel TechCrunch, Dan Brody sudah berada di Australia untuk berbicara dengan berbagai calon potensial, dan mencari kandidat untuk ditempatkan di Hong Kong, Singapura dan Sydney. Saya tidak yakin wilayah yang disebutkan di atas cukup, terutama jika mereka ingin mendapatkan pasar Indonesia.

Australia, Singapura dan Malaysia merupakan pasar dengan minimal 60-70% market share dari musik internasional, khususnya musik yang sudah diperoleh oleh Spotify melalui major label. Karena pengguna baru Spotify saat ini harus ada di Facebook, pasar seperti Indonesia, Vietnam dan Thailand akan menjadi kandidat yang jelas untuk ekspansi, dengan peringatan, tergantung pada bagaimana Anda melihatnya.

Pasar musik Indonesia adalah konten domestik, dengan pangsa pasar lebih dari 80%, proporsinya mirip dengan pangsa pasar di Vietnam dan Thailand. Agar setiap layanan musik bisa menjadi relevan di Indonesia, perlu memiliki konten dari perusahaan major antara lain Musica Studio dan Aquarius Musikindo, untuk menyebutkan beberapa nama selain puluhan label musik dan perusahaan musik digital yang telah tumbuh beberapa tahun terakhir – dan kasus yang sama akan berlaku untuk Vietnam dan Thailand. Jadi, perusahaan-perusahaan ini memegang kekuasaan besar di pasar mereka sendiri – dengan kondisi bahwa label utama, yang ada saat ini, harus bersaing dengan konten lokal mereka sendiri dan tidak hanya bergantung pada konten internasional mereka.

Jadi, masalahnya adalah, Spotify hanya bekerja dengan empat label besar dan 2 agregator musik independen, dan tidak melakukan transaksi langsung dengan artis, label atau agregator lain. Jika major label di Indonesia harus mengikuti arahan Spotify untuk bermitra dengan Merlin Networks, mereka tidak akan menyetujuinya karena mereka lebih suka untuk melakukan transaksi langsung dengan penyedia layanan musik. Di sisi lain, jika Spotify membalikkan posisi mereka dan memungkinkan untuk melakukan penawaran langsung, hal ini akan menempatkan mereka dalam posisi yang sulit dengan mitra yang telah ada, belum lagi artis, label atau agregator lain yang akan mereka kecewakan yang telah masuk dalam Merlin Networks. Hal inilah yang harus dipecahkan oleh Spotify jika mereka ingin menjadi layanan yang relevan di Asia dan bersaing dengan perusahaan layanan musik lokal. Teknologi Spotify dan proposisi konsumen tidak diragukan lagi memang baik, tetapi hal ini tidak akan berarti banyak tanpa kumpulan konten yang relevan.

Jadi, tanpa strategi yang jelas dengan konten domestik di pasar pengguna Facebook utama, sayangnya, bagi sebagian pengguna Spotify hanya akan menjadi sebuah layanan baru yang asik untuk digunakan, namun tidak akan memberikan angka pertumbuhan yang diharapkan dari basis pengguna yang luas. Tapi harapan terbesar saya adalah, masuknya Spotify ke pasar Asia akan memacu pemain lokal untuk meningkatkan kinerja mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Web Apps: Nokia’s Small Way to Keep Qt

Next Story

Dailylicious Recap This Week

Latest from Blog

Don't Miss

The Beatles pakai AI untuk rilis lagu baru

Berkat AI, The Beatles Siap Rilis Lagu Baru dengan Vokal John Lennon

Haruskah penggunaan AI dilarang di industri musik? Jawabannya sudah pasti

Tren Co-Streaming di Industri Esports

Beberapa tahun belakangan, popularitas esports memang meningkat pesat. Jumlah fans