Pekan ini menjadi pekan kelabu bagi pengguna setia Path. Pasalnya, sejak hari Sabtu lalu kabar soal tutupnya layanan Path berhembus sangat kencang menyusul tersebarnya tangkapan layar berupa pengumuman penutupan. Awalnya banyak yang meragukan keabsahan rumor itu, tapi per 9 September 2018 Path secara resmi mengonfirmasi penutupan layanan yang akan efektif pada 18 Oktober 2018.
Berikut adalah tahapan penutupan Path yang diumumkan secara resmi oleh perusahaan.
- 9.17.2018 : pemberitahuan tutup layanan.
- 10.1.2018: Akses download dan update di iTunes dan Google Play dihentikan.
- 10.18.2018: Layanan resmi ditutup.
- 11.15.2018: Layanan Path berhenti beroperasi.
Pertanyaan selanjutnya, jika memang Path dipastikan tak lagi beroperasi dalam waktu dekat, lalu bagaimana dengan data-data pengguna di dalamnya?
Setelah layanan tutup, seluruh data kemungkinan besar akan dihapus. Jadi, Anda harus dengan segera mengirimkan permintaan salinan. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.
Membuat Backup Data Path via Desktop
- Untuk yang menggunakan desktop atau laptop, klik tautan berikut ini.
- Kemudian masukkan alamat email yang valid dan Anda pakai untuk membuat akun di Path. Terakhir klik Send Request.
- Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu pesan elektronik lanjutan dari Path yang berisikan data-data akun.
Membuat Backup Data Path via Aplikasi Mobile
- Jalankan aplikasi Path seperti biasa, kemudian tap menu profil bergambar hati di sebelah paling kanan atas.
- Kemudian tap tombol Settings.
- Lalu tap menu Click here to backup your files.
- Di jendela popup, masukkan alamat email yang valid dan tap Send the request.
- Selesai, tunggu sampai Path mengirimkan data akun yang diminta melalui email Anda.
Selain menyediakan tools bagi pengguna untuk mengunduh data, Path juga menawarkan solusi untuk melakukan refund. Informasi lengkapnya bisa Anda baca di halam resmi Path.