Dark
Light

BlackBerry Ungguli iPhone dengan Rasio 12-banding-1, Android Kuasai 20% Pangsa Pasar Smartphone

1 min read
August 24, 2011

Seiring dengan pertumbuhan pasar ponsel di Indonesia, kami mulai mengumpulkan beberapa data yang mungkin bisa membantu untuk memahami pasar mobile dengan lebih baik. Kami telah menulis beberapa artikel tentang masa depan smartphone dan feature phone, tapi kami belum memberikan dukungan data, jadi artikel ini akan melengkapi hal tersebut.

Indonesia mengklaim tingkat adopsi mobile internet sebesar 63 persen dengan peningkatan bulanan sebesar 158 persen. Pertumbuhan yang signifikan ini sebagian besar dipicu oleh ketersediaan perangkat smartphone yang lebih murah dengan fitur standar seperti web-browsing, Facebook, Twitter, chatting, email dan kamera. Banyak ponsel murah memasuki pasar rural secara massal dengan harga terendah sekitar Rp. 750rb dan paket data yang sangat murah mulai dari Rp. 35rb per bulan.

Hambatan untuk akses internet terus memudar.

Dari semua ponsel di Indonesia, 25% dari 3.1 juta adalah smartphone. Menariknya, 20%-nya adalah Android. Jika Anda berjalan menyusuri jalan-jalan utama di kota besar Indonesia, Anda akan melihat banyak billboard untuk perangkat Android dari berbagai produsen seperti Samsung, LG, Sony Ericsson dan pemain lokal, Nexian. Dengan dukungan para manufaktur ini dan sifatnya yang open source, Android mendapatkan pengguna baru dari segmen pasar bawah yang ingin menggunakan smartphone dari masing-masing segmen pasar dan kelas ekonomi.

Bahkan, Samsung juga menikmati pertumbuhan cepat perangkat Android ini. “The growing adoption of smartphones in Indonesia in 2010 reached 65%. It is even higher than the growth of the global smartphone (60%)”, kata Budi Janto, Business Director Samsung Mobile. Di pasar ponsel Android, Samsung menguasai 78% dan di pasar komputer tablet mereka memiliki 60% market share di Indonesia.

Dan, meski bisa dibilang BlackBerry masih mendominasi pasar anak muda, Android bisa mulai mendapatkan pangsa pasar smartphone dan iPhone akhirnya bisa mendapatkan perangkat mereka terjual dengan layak. Ada 1 iPhone untuk setiap 12 perangkat BlackBerry di Indonesia, lebih baik jika dibandingkan data penjualan mereka di Indonesia tahun lalu.

Source: Shvoong & biztechreport.

Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net.

Contact me : [email protected]

2 Comments

  1. “Dari semua ponsel di Indonesia, 25% dari 3.1 juta adalah smartphone” Statement ini membingungkan..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Google Resmi Buka Kantor di Thailand

Next Story

Detik Deal Do not Offer Deal Anymore, Does the Natural Selection Happen?

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Tips ke Luar Negeri Pakai Fitur AI di Galaxy S24 Series

Sejak hadirnya Galaxy AI di smartphone-smartphone Samsung, banyak pengguna yang

Fitur AI di Neo QLED 8K TV, Jadikan Pengalaman Penuh Menonton TV

Salah satu sisi positif dari perkembangan teknologi yang cepat adalah