Dark
Light

Blibli Diluncurkan Sebagai E-Commerce Yang Mudah dan Menyenangkan

1 min read
July 26, 2011

Meramaikan industri e-commerce di Indonesia, Blibli.com kemarin diluncurkan secara resmi di Jakarta oleh CEO Kusumo Martanto. Blibli memposisikan diri sebagai online mall dengan konsep berbelanja mudah, fun dan bebas.

Blibli menjalin rekanan dengan IBM dan berinvestasi lumayan besar di teknologi yang digunakan di backend situs ecommerce tersebut. Kusumo menyatakan bahwa teknologi merupakan kunci penting sebagai pengantar pengalaman berbelanja bagi user, berdasarkan pertimbangan inilah akhirnya blibli memutuskan untuk menggunakan platform ecommerce milik IBM untuk menjamin stabilitas, skalabilitas dan pastinya security.

Namun ironisnya, ketika saya menuliskan posting ini server mereka justru bertingkah dan menampilkan pesan error 404.

Sekilas melihat dari acara launching kemarin, terlihat bahwa Blibli lebih mentargetkan pengguna dari kelas ekonomi yang cukup bervariasi. Blibli telah merekrut merchant-merchant yang cukup populer seperti Harley Davidson, iBox dan juga merchant yang lebih kecil (SME).

Sepertinya strateginya hampir tidak jauh berbeda dengan situs-situs ecommerce lainnya yang sudah lebih dulu beroperasi di Indonesia, Blibli-pun juga sudah terhubung dengan baik ke backend banking seperti BCA dan Bank Mandiri. Tidak lupa juga partner di bidang logistik, salah satunya dengan FedEx Indonesia yang nantinya akan menjadi infrastruktur krusial bagi sebuah situs ecommerce.

Terlepas dari kerennya tampilan website mereka, saya belum melihat strategic advantage dari Blibli dibandingkan dengan kompetitornya. Dengan pesaing-pesaing yang besar seperti Rakuten, Plasa dan Tokobagus, yang pasti eksekusi marketing, promosi dan operasional-lah yang nantinya akan membuktikan siapa pemenang di kancah ecommerce Indonesia yang kian panas.

disclosure : DailySocial dan Blibli ada di bawah holding company yang sama.

Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net.

Contact me : [email protected]

1 Comment

  1. Yup, kemarin juga error tuh 🙂
    Blibli ini sepertinya digarap dengan serius, dari desain ampe sistem pembayaran. Sangat teliti, terutama untuk sistem pembayarannya. Cuman, karena terlalu serius ini, gw jadi malas belanja 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Facebook for BlackBerry 2.0 Diluncurkan Hari Ini

Next Story

Freco.com: Situs Rekomendasi Berdasarkan Pertemanan

Latest from Blog

Don't Miss

Ini-Inovasi-Berkelanjutan-Blibli-Tiket-yang-Menciptakan-Ekosistem-Digital-yang-Terintegrasi-dan-Seamless

Ini Inovasi Berkelanjutan Blibli Tiket yang Menciptakan Ekosistem Digital yang Terintegrasi dan Seamless

Di era digital yang serba cepat ini, kita semakin dimanjakan

Beli Produk Apple dengan Stiker Blibli, Dapat Gratis 12 Bulan Perlindungan Lengkap

PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli) menghadirkan penawaran menarik bagi