Sekitar tengah malam dan angka dari countdown yang tertera di situs mereka berakhir, Blibli.com secara resmi hadir untuk publik dan menawarkan layanan e-commerce bagai konsumen di Indonesia. Seperti yang dijelaskan pada tulisan DailySocial sebelumnya, Blibli merupakan layanan e-commerce kepunyaan PT Global Digital Niaga, anak perusahaan dari Grup Djarum di bidang teknologi.
Meski hampir tidak ada perubahan, kalau melihat dari tampilan awal situs mereka, kecuali hilangnya banner countdown (seperti yang dituliskan salah satu komentar pembaca DailySocial) dan berganti promo iPhone dengan cicilan BCA dan promo pembelian barang dengan kartu kredit, namun dengan hilangnya tanda hitung mundur ini berarti Blibli yang masih dalam versi beta telah siap melayani konsumen, proses pembelian barang, checkout serta kelengkapan lain juga telah disediakan.
Promo dari BCA memang mengambil porsi yang cukup besar, selain berbagi kepemilikan, promo ini tentunya dimaksudkan untuk menarik konsumen, terutama yang menggunakan kartu kredit dan ingin melakukan cicilan dengan fasilitas dari BCA. Pendekatan ini mengingatkan saya pada Belibarang.com yang didukung penuh oleh CitiBank.
Saya sependapat dengan rekan saya Amir, tampilan dari situs ini memang menyenangkan, baik untuk dilihat atau dijelajah, pada halaman utama, tampilan desain berupa dot besar dari gambar label memberikan pengalaman tersendiri. Untuk toko yang menyediakan berbagai produk di Blibli juga sudah cukup banyak dan beberapa diantaranya adalah produk ternama, baik secara nasional (international) seperti Philips, Polytron, Harley Davidson, Batik Danar Hadi atau memiliki konsumen spesifik seperti Alpina, Canvas atau Seba Shoes.
Masih tentang tampilan, salah satu fasilitas yang saya sukai adalah kotak di bagian pinggir (yang muncul ketika menjelajah produk) yang berfungsi sebagai keranjang belanja, jadi Anda bisa memilih button untuk add to cart atau melakukan drag gambar barang yang Anda ingin beli ke kota keranjang belanja ini lalu melakukan checkout. Meski tampilannya memang masih kurang maksimal, terpotong oleh batas halaman situs di bagian kanan, namun fitur ini cukup memudahkan jika ingin berbelanja secara cepat.
Anda juga bisa melakukan personalisasi pengalaman berbelanja dengan memilih dan menyimpan koleksi atau toko favorit Anda. Seperti halnya beberapa layanan e-commerce lain yang memberikan informasi pada para penggunanya, Blibli juga menyediakan fasilitas Experts yang akan menyediakan artikel-artikel sesuai dengan 5 karakter dari para ahli yaitu Mr Gadget, Mr Gentlemen, Mr Spatula, Ms Stylish, Ms Belle dan Mrs Happymom.
Selain BCA – klikBCA, Blibli juga menyediakan alat pembayaran dengan Mandiri Internet Banking, kartu kredit (Visa dan MasterCard) dan kemungkinan juga pembayaran ke rekening virtual.
Dari sisi tampilan, Blibli bisa jadi unggul dibanding layanan sejenis, untuk pembayaran, dukungan BCA dan tersedianya fasilitas lain juga bisa menambah nilai, kini tinggal melihat perkembangan toko dan koleksi produk yang akan mereka tawarkan, karena untuk layanan mall online, koleksi produk bisa menjadi salah satu unggulan dari layanan, mungkin tidak bisa benar-benar lengkap, namun layaknya mall offline, ketersediaan toko dan produk harus tepat agar menarik konsumen.
Waktu countdown yang berakhir tengah malam bagi saya memang cukup aneh, belum lagi ini hari minggu yang kemungkinan orang untuk online juga bisa diperdebatkan, karena bisa jadi mereka sibuk dengan aktivitas offline khas hari minggu, belum lagi akun Twitter resmi Blibli sendiri tidak melakukan promosi berakhirnya countdown, ketika saya melihat akun Twitter Blibli, Tweet mereka yang paling akhir sekitar 21 jam yang lalu.
Tingkat persaingan tentunya cukup tinggi, meski masing-masing penyedia layanan sejenis masih terus mencari dan menemukan bentuk yang tepat untuk melayani konsumen Indonesia, peluang untuk layanan toko online tentunya masih terbuka lebar. Tokopedia baru saja menerima pendanaan seri B, Multiply bersiap dengan platform baru mereka yang dioptimasi untuk penjual online, dan kini Blibli hadir untuk ‘meramaikan’ persaingan.
Disclosure: DailySocial dan PT Global Digital Niaga, pemilik Blibli, berada di bawah grup yang sama.