Dark
Light

Lebih Dari Sekedar Check-In Dengan Yotomo

1 min read
April 12, 2011

Foursquare, Gowalla, Google Latitude with Mobile Check-in, Facebook Places, Yahoo! Koprol; Banyak sekali layanan check-in berbasis lokasi yang bermunculan. Di saat Anda mungkin jenuh dan bingung harus memilih yang mana, apalagi tidak semua layanan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik, sudah saatnya muncul aplikasi turunan yang tidak saja menawarkan kemudahan check-in tapi juga lebih dari itu, memberikan informasi soal penawaran menarik yang ada di sekitar kita saat itu.

Mari kita temui Yotomo. Yotomo adalah startup berbasis di Singapura yang didirikan oleh Wahyudi dan didukung oleh Better-B sebagai partner untuk pembuatan aplikasi mobile-nya. Sepintasnya font-face logonya mengingatkan kita dengan Twitter. Yotomo dibangun memanfaatkan Foursquare API untuk layanan check-in-nya dengan tambahan bumbu lokal yang membuatnya lebih bernilai. Bumbu lokal ini yang menjadi daya tarik aplikasi Yotomo. Saat Anda datang ke suatu venue, setelah check-in Anda dapat mengecek event atau penawaran apa saja yang ada di sekitar venue tersebut.

Menurut Abul A’la Almaujudy dari Better-B sebagai partner Yotomo dalam emailnya, Yotomo adalah sebuah aplikasi mobile yang punya fokus sebagai location based promotion service untuk potential customer acquisition, service for local business, community and local badges. Aplikasi tersebut merangkum sebuah “permainan” yang bersifat sosial dengan badge (location based, community based dan brand engagement), tawaran kupon diskon dan promosi dari merchant dengan sistem check-in, redeem dan “hold coupon” dalam batas waktu tertentu.

Singkat kata, sebenarnya Yotomo melakukan apa yang seharusnya dilakukan oleh Foursquare di Indonesia. Meskipun sudah ada sejumlah merchants lokal yang berpromosi dengan Foursquare, strategi Foursquare untuk lebih fokus ke pasar Amerika Serikat (yang memang lebih besar) membuat elemen bisnis lokal di Indonesia mengalami kesulitan untuk memanfaatkan layanan semacam ini. Hal inilah yang menjadi ceruk bagi Yotomo. Saat ini Yotomo belum bisa dicobai secara bebas. Menurut Wahyudi, rencananya Yotomo akan mentargetkan untuk launching pertengahan April ini. Pada awalnya, Yotomo akan diluncurkan untuk platform BlackBerry, kemudian diikuti untuk iOS dan Android.

Tertarik? Untuk Anda yang ingin mencobai Yotomo bisa mendaftar di laman berikut. Untuk pemilik bisnis yang ingin bekerja sama dengan Yotomo, Anda dapat memulainya di sini. Kami akan kabari jika Yotomo sudah memasuki fase private beta atau public beta.

1 Comment

  1. Wah sekarang indo tambah maju ada karuten.com ada tokopedia.com. Mari kita dukung anak2 Bangsa

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

“Hackathon” di HackerspaceBDG

Next Story

Tampilan dan Logo Baru BukuQ.com

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

12 Common Mistakes that Startups Often Make in Their First Year

Most of times, people regard establishing startup as a shortcut

Foursquare Versi Terbaru Telah Tersedia di Toko Aplikasi

Aplikasi versi terbaru dari Foursquare telah tersedia di toko aplikasi.