Dark
Light

Opera Mini Kembali Tersedia di GetJar

1 min read
April 4, 2011

Pada awal Maret yang lalu, GetJar mengeluarkan Opera Mini dari layanan toko aplikasi mereka, alasannya adalah Opera meluncurkan toko aplikasi mereka sendiri yang dikembangkan oleh Appia dan bisa diakses langsung dari Opera Mini.

Namun, setelah selang beberapa minggu, kini GetJar kembali menyediakan Opera Mini (Opera Mini 6) di toko aplikasi mereka. Tanggal 31 Maret kemarin, GetJar mengumumkan lewat situs resmi mereka bahwa para pengguna GetJar kini telah bisa mengunduh peramban untuk perangkat bergerak terbaru dari Opera, Opera Mini 6.

Opera sendiri meluncurkan versi terbaru dari Opera Mini dan Opera Mobile pada tanggal 22 Maret lalu dan menyediakan fasilitas peramban mereka pada hampir semua platform, mulai dari Java ME (J2ME), Symbian, BlackBerry, Android, MeeGo, Windows 7 serta iOS (yang masih dalam tahap persetujuan).

Untuk GetJar, pengguna bisa menikmati versi terbaru, Opera Mini 6 dengan beberapa kelebihan seperti proses scroll yang lebih baik, panning dan zooming, pinch-to-zoom untuk perangkat yang mendukung fasilitas ini serta fasilitas membagi konten ke jejaring sosial dengan lebih mudah. Opera Mini 6 tersedia untuk pengguna Android, BlackBerry, J2ME, dan Symbian serta telah dioptimasi untuk pengguna tablet.

Hubungan GetJar dan Opera sendiri telah cukup lama terjalin, bahkan Opera menjadi aplikasi yang diunduh palling banyak di GetJar secara konstan. Masing-masing pihak, baik GetJar dan Opera juga ‘berbahagia’ dengan kembalinya Opera Mini ke GetJar.

GetJar sendiri menjadi salah satu toko aplikasi terbuka yang menyediakan berbagai aplikasi untuk berbagai platform dan menjadi salah satu aplikasi terbuka yang cukup populer, awal bulan Februari mereka mendapatkan pendanaan baru sebesar $25 juta. Sedangkan Opera Mini kini memiliki sekitar 90 juta pengguna dan telah digunakan di 3.000 jenis ponsel. Masing-masing memiliki basis pengguna yang besar, kembalinya Opera Mini ke toko aplikasi GetJar tentunya akan menguntungkan masing-masing pihak.

Namun, seperti yang dituliskan oleh TechCrunch, tidak dijelaskan bagaimana penyelesaian dari perseteruan yang menyebabkan Opera Mini sempat ‘diusir’ dari toko aplikasi GetJar. Mengingat kerja sama yang telah lama dijalani dan masing-masing memiliki kelebihan yang ditawarkan (terutama basis pengguna) kembalinya Opera Mini di GetJar memang tinggal menunggu kesepakatan saja.

Kembalinya Opera Mini di GetJar sepertinya juga mendukung misi Opera bagi pengguna Indonesia (hari Kamis kemarin perwakilan Opera hadir di Indonesia – lihat liputannya di sini). Indonesia merupakan negara kedua yang paling sering mengakses situs GetJar (data Alexa), dan ketersediaan Opera Mini 6 di toko aplikasi GetJar akan mendukung salah satu tujuan kedatangan Opera di Indonesia, yaitu untuk memperkenalkan kelebihan Opera Mini dan mengajak para pengguna Opera Mini di Indonesia (Opera Mini 4.2) untuk beralih dan menggantinya dengan versi terbaru.

Opera Mini 6 bisa diunduh di GetJar pada tautan ini.

Via: TechCrunch dan GetJar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Inilah Para Pemenang Agate Mobile Game Developer War (+ Video)

Next Story

Startup Session : James Chan Dari Neoteny Labs

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Opera Web3 Guard

Opera Luncurkan Fitur Perlindungan dari Jebakan Web3

Perkembangan Web3 memang membuka banyak potensi baru bagi para pengguna

Opera Akuisisi Pengembang Engine GameMaker dan Dirikan Divisi Opera Gaming

Pada pertengahan tahun 2019 lalu, Opera meluncurkan sebuah browser unik