Dark
Light

Bantu Teman-Teman di Jepang dengan Aplikasi IDforJapan

1 min read
March 28, 2011

Kita semua tentu sedih melihat bencana yang terjadi di Jepang beberapa waktu yang lalu. Gempa, tsunami, dan ancaman kebocoran reaktor nuklir datang silih berganti membawa korban jiwa. Sebagai sesama manusia, kita tentunya tak kuasa melihat penderitaan yang dialami di sana dan berharap semuanya cepat pulih seperti sediakala. Kami dari DailySocial pun mengucapkan duka cita atas bencana ini.

Perwujudan suatu bentuk kepedulian, Elasitas sebagai salah satu pengembang ternama lokal, secara pro bono mengembangkan suatu aplikasi BlackBerry bertitel Indonesia for Japan (IDforJapan) sebagai wadah penyalurannya. Calvin Kizana, CEO Elasitas, dalam rilis persnya menyebutkan bahwa aplikasi ini dapat membantu menciptakan sikap positif di antara masyarakat Indonesia sekaligus mendorong mereka untuk terlibat dalam kegiatan sukarela Indonesia for Japan. Tambah Calvin lagi, “Jika ada waktu yang tepat bagi kita untuk bersatu dan saling membantu, ini adalah momen yang sangat pas – karena masa depan dunia ada di tangan kita.”

IDforJapan dapat diakses oleh ponsel BlackBerry berlayar sentuh ataupun dengan keyboard fisik, dengan minimal sistem operasi versi 5. Di dalamnya Anda dapat memantau agregasi berita tentang bencana di Jepang, yang dihimpun dari berita nasional dan berita internasional, beserta update gambar dan videonya. Anda juga dapat mendonasikan dana Anda via transfer.

Pendonasian untuk lokal dikelola oleh Palang Merah Indonesia (PMI) dan menerima donasi baik dalam bentuk USD ataupun IDR. Anda dapat mengkonfirmasi donasi yang Anda telah transfer melalui formulir yang disediakan di dalam aplikasi. Ada grafik batang yang disampaikan tentang berapa tinggi (dalam bentuk kualitas, bukan kuantitas) kira-kira dukungan yang telah diberikan oleh warga Indonesia.

Untuk ihwal internasional, diberitahukan pula informasi tentang program yang dimiliki oleh organisasi kemanusiaan internasional, misalnya Palang Merah Amerika Serikat, Palang Merah Inggris, dan Palang Australia. Informasi lebih lanjut soal ini dapat Anda ikuti via akun Twitter @IDforJapan. Sampai saat ini belum ada informasi sampai kapan berita ini akan diagregasi dan berapa lama bantuan akan dihimpun. Agak sayang memang aplikasi hanya tersedia via platform BlackBerry, tapi yang jelas usaha pro bono yang dilakukan patut kita apresiasi. Jangan sampai hal ini menyurutkan langkah kita memberikan bantuan bagi saudara-saudara kita di Jepang.

[Sumber gambar]

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Event: Suwec Meetup + Workshop dengan Tema “Mobile & Web App Opportunity”

Next Story

Menerapkan Elemen Permainan Pada Layanan Berbasis Web atau Mobile

Latest from Blog

Don't Miss

Mulai Hari Ini Perangkat Lawas BlackBerry Tak Lagi Berfungsi

Apa yang Anda rindukan dari perangkat BlackBerry? Keyboard QWERTY fisiknya

Bersinergi dengan Striders, Indogen Buka Peluang Portofolionya Jajaki Pasar Jepang

Pemodal ventura yang fokus kepada startup tahap awal Indogen Capital