Dark
Light

YouTube Tahu ke Arah Mana Kita Memandang Saat Menonton Video 360 Derajat

1 min read
June 20, 2017

Ke mana arah pandangan kita saat menonton video 360 derajat? Apakah kita hanya menatap lurus ke depan sepanjang video tanpa memedulikan apa yang terjadi di kiri-kanan? Apakah sesekali kita juga menengok ke belakang guna mendapatkan sudut pandang lain?

Pertanyaan-pertanyaan ini dinilai penting bagi para kreator demi menyuguhkan konten VR maupun video 360 derajat yang lebih menarik buat konsumen. Sebagai fasilitator, YouTube rupanya telah menyediakan tool untuk keperluan spesifik semacam ini.

Tool tersebut mereka juluki dengan istilah 360º Heatmap. Dari kacamata sederhana, YouTube sejatinya bisa tahu ke mana arah pandangan kita selama menonton video 360 derajat, diwakili oleh ‘zona panas’ yang bisa dipantau para kreator: merah berarti banyak perhatian tertuju ke sana, sedangkan biru berarti porsi perhatian pada bagian tersebut kecil.

Lucunya, berdasarkan hasil pengamatan YouTube, konsumen ternyata menghabiskan 75% waktu menonton video 360 derajatnya menghadap lurus ke depan. Fakta ini bisa dijadikan salah satu bahan introspeksi bagi para kreator dalam merencanakan konten selanjutnya.

Mungkin konten di kiri-kanan maupun belakang dinilai kurang menarik oleh penonton, atau memang porsi yang menarik untuk ditonton hanya dipusatkan di bagian depan. Apapun alasannya, kreator jadi punya insight yang lebih lengkap untuk meracik konten yang lebih baik ke depannya.

Fitur Heatmap ini sekarang sudah bisa diakses oleh kreator, tapi khusus untuk video 360 derajat atau VR yang telah ditonton lebih dari 1.000 kali.

Sumber: YouTube.

Previous Story

Buka Concept Store Pertama di Hong Kong, Razer Siap Jajaki Ranah Mobile Gaming

Next Story

Rayakan Ulang Tahun ke-20, Natsume Akhirnya Akan Hadirkan Harvest Moon di PC

Latest from Blog

Don't Miss

Fitur baru Shorts

Kejar TikTok, YouTube Tambahkan Fitur-Fitur Baru Ini di Shorts

YouTube membuat pengumuman melalui release note terbaru mereka, yang berisi

Play For Dream Technology Masuki Pasar Virtual Reality Asia-Pasifik

Dengan semakin berkembangnya medium hiburan saat ini, kehadiran teknologi-teknologi hiburan