Dark
Light

Google Assistant Segera Meluncur ke Platform iOS?

1 min read
May 16, 2017

Kita tahu Google memboyong aplikasi mesin pencarinya ke iOS satu paket dengan Google Now – asisten virtual pintar yang bisa dimanfaatkan mencari dan melakukan berbagai perintah. Kini, banyak orang bertanya-tanya bagaimana cara Google mengemasi asisten virtual barunya, Google Assistant ke dalam platform yang sama tersebut. Nah, menurut yang dilaporkan oleh AndroidPolice, Google Assistant memang akan diluncurkan ke iOS, tetapi dalam wujud aplikasi mandiri, tidak dalam kemasan Google Search atau sejenisnya.

Seperti apa yang dilaporkan oleh AndroidPolice, aplikasi Google Assistant untuk iOS akan menampilkan tatap muka bergaya chat seperti yang disuguhkan oleh aplikasi Allo. Artinya, pengguna bakal berinteraksi dengan otak kecedasan buatan di Assistant menggunakan format teks, bukan suara. Namun opsi perintah suara disebut tetap akan disediakan untuk pengguna yang memerlukannya.

Pengumuman Google Assistant untuk iOS dipercaya akan terealisasi di ajang Google I/O yang sebentar lagi akan digelar. Manuver ini cukup masuk akal mengingat Google Assistant SDK sudah mulai dibuka untuk para pengembang beberapa waktu yang lalu. Catatan penting lainnya, seperti kebanyakan aplikasi asisten virtual, Google Assistant untuk iOS baru akan bisa dipergunakan oleh pemilik iPhone di kawasan Amerika Serikat.

Rencana Google membidik pengguna iOS merupakan langkah strategis yang diambil demi penguatan ekosistem semata. Perlu diketahui bahwa Microsoft sudah lebih dulu menghadirkan Cortana untuk iOS, memungkinkan pengguna untuk memperoleh asistensi yang sebelumnya secara eksklusif ditemukan di perangkat Microsoft. Apabila Google benar-benar menghadirkan Assistant untuk perangkat iOS, maka ini akan menyempurnakan cakupan ekosistem mereka yang sudah menjangkau platform beragam mulai dari Google Pixel, Google Home, aplikasi Allo dan ke depan pastinya ke perangkat Android secara meluas.

Sumber berita Softpedia dan gambar header Google.

Previous Story

Ahlijasa Peroleh Seed Funding dari Sejumlah Investor

Next Story

KliknKlin Tawarkan Peluang Usaha Baru Melalui LaundryKlin

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Google Trend di Indonesia Makin Cangih, Kini Ada Fitur Sedang Trending

Google secara resmi menghadirkan fitur Sedang Trending di Indonesia yang

Google Luncurkan AI Academy untuk Jaring Startup AI di Asia-Pasifik

Implementasi teknologi kecerdasan buatan atau AI memang berkembang pesat. Maka