Dark
Light

Layanan Jagoan Ditutup per 8 Februari kemarin

1 min read
February 11, 2011

Mungkin Anda semua sudah mendengar bahwa salah satu pemenang BlackBerry Developer Contest 2009, Jagoan, yang dibuat oleh PT Think Engine Softwares telah menghentikan layanannya sejak 8 Februari lalu. Konfirmasi dari salah satu founder-nya Mike Cheung menyebutkan ada beberapa alasan dari keputusan tersebut, tapi yang utama adalah ketiadaan waktu untuk mengembangkan ide-ide yang ada. Memang cukup klasik, komitmen dari para pendirinya di awal-awal tahun suatu startup adalah hal paling critical untuk keberhasilan ke depannya.

Jagoan sendiri adalah aplikasi direktori penyedia informasi di platform BlackBerry, serupa dengan Domikado Lifestyle yang nampaknya sudah lebih dahulu dibekukan layanannya. Dari beberapa sumber disebutkan bahwa Research in Motion (RIM) sendiri sebenarnya adalah penggemar aplikasi direktori macam ini, terbukti dengan kemenangan Jagoan di ajang BlackBerry Developer Contest dan Love Indonesia yang ditahbiskan sebagai Super App, tapi nampaknya dibutuhkan waktu cukup lama bagi pengembangnya untuk memperkuat model bisnis (dan tentunya monetisasi) dari aplikasi seperti ini.

Jagoan memberikan informasi tentang film bioskop yang sedang tayang, informasi lokasi restoran dan kontakny, lokasi ATM dan cabang bank terdekat, promosi kartu kredit yang sedang berlangsung, lokasi dan jadwal gym, serta kadang-kadang memberikan kupon atau diskon khusus dengan bekerja sama dengan sejumlah merchants. Kebanyakan informasi yang diberikan berkutat di area Jakarta.

Ini merupakan cuplikan tulisan di halaman depan Jagoan:

Dear Jagoan Supporters,

We wanted to thank you for downloading and using Jagoan. It has been a pleasure providing data to you via our BlackBerry application. One of our best rewards was serving the thousands of users that have downloaded and actively use Jagoan. We have had both positive and constructive feedback and we very much appreciate it.

Unfortunately, we have officially ceased our operations. This means that the Jagoan BlackBerry application will no longer be functional. We apologize for any inconvenience. If you have any questions, please feel free to contact us at [email protected]

Thank you for all your support!

The Jagoan Team

Sampai saat terakhir pun saya lihat masih ada promosi dan pengiklan yang aktif di aplikasi tersebut. Sementara Jagoan sendiri baru saja meningkatkan dukungan ke sistem operasi BlackBerry terbaru, yaitu BlackBerry 6 segera setelah peluncuran BlackBerry Torch. Tentu saja berita penutupan layanannya mengejutkan bagi para penggunanya. Selama ini sambutan pengguna Jagoan cukup baik, terbukti ratingnya di BlackBerryApp World cukup baik, 3.5 dari 5 bintang, dengan 28 komentar. Meskipun masih ada informasi yang tertera via Internet, di BlackBerry App World di handset sendiri pencarian “Jagoan” sudah tidak menemukan hasil yang diinginkan.

Sejumlah pihak yang menyayangkan mengomentari kemungkinan penjualan layanan tersebut bagi pihak-pihak yang berminat mengelola, tapi tentunya pihak pengembangnyalah yang paling tahu plus minus penutupannya. Belum ada konfirmasi, apakah pembekuan layanan Jagoan berarti juga pembekuan operasional PT pengembangnya. Semoga hal ini jadi pelajaran bagi startup yang lain, terutama pengembang aplikasi mobile.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Google Rilis Fitur Verifikasi 2 Langkah Untuk Akun Google

Next Story

Opera: 90,36 Juta Pengguna Opera Mini dan 15 Juta Pengguna Opera Mobile

Latest from Blog

Don't Miss

Mulai Hari Ini Perangkat Lawas BlackBerry Tak Lagi Berfungsi

Apa yang Anda rindukan dari perangkat BlackBerry? Keyboard QWERTY fisiknya

Kerja Samanya dengan TCL Bakal Dihentikan, BlackBerry Pamit untuk Kedua Kalinya

Sungguh malang nasib BlackBerry. Dahulu pernah merajai industri smartphone, merek