Dark
Light

[WWDC] Apple Perkenalkan Versi Terbaru OS X, Mavericks

1 min read
June 11, 2013

Acara tahunan yang paling ditunggu-tunggu bagi para penggemar dan pemerhati produk Apple akhirnya telah dimulai. Dibuka dengan keynote oleh Tim Cook dini hari tadi, WWDC 2013 akhirnya telah hadir menampilkan perkembangan terbaru berbagai produk-produk Apple, salah satunya adalah iterasi terbaru sistem operasi untuk perangkat Mac, OS X.

Tidak seperti beberapa versi sistem operasi sebelumnya, OS X versi 10.9 yang dirilis dini hari tadi akhirnya menanggalkan penamaan dengan nama-nama kucing dan menggunakan nama Mavericks sebagai gantinya. Sistem operasi OS X Mavericks dijanjikan membawa banyak perubahan baru bagi pengguna. Beberapa perubahan yang diulas pada presentasi semalam diantaranya adalah mengenai aplikasi Finder, Safari, iCloud Keychain, Notifications, Calendar, Maps, dan iBooks.

Aplikasi Finder kini dilengkapi dengan beberapa fitur baru. Kini Finder bisa menampilkan lebih dari satu tab dalam satu jendela aplikasi. Selain itu, pengguna juga bisa menambahkan tag ke file-file dan folder-folder dengan Finder di sistem operasi OS X terbaru ini. Dengan penggunaan tag ini, pengguna bisa melakukan pencarian berdasarkan tag, selain juga dengan nama file seperti yang saat ini tersedia.

Pada aplikasi peramban Safari, Apple menambahkan fitur sidebar yang menampilkan beberapa informasi menarik seperti bookmark, daftar bacaan pengguna, tampilan muka halaman-halaman yang sering dikunjungi pengguna, serta sebuah fitur baru yang disebut dengan Shared Links. Pada fitur Shared Links, pengguna bisa melihat tautan-tautan yang dibagikan oleh jejaringnya melalui media sosial Twitter dan LinkedIn. Selain penambahan fitur-fitur tersebut, Apple juga menjanjikan peramban Safari yang lebih nyaman untuk digunakan serta lebih hemat energi.

Beberapa fitur dan aplikasi lainnya juga mengalami sedikit modifikasi. Aplikasi Maps misalnya, kini sudah terintegrasi dengan layanan Maps di iPhone yang memungkinkan pengguna untuk mencari petunjuk arah dari perangkat Mac dan kemudian melihat petunjuk arah tersebut di perangkat iPhone miliknya. Atau fitur notifikasi yang kini memungkinkan pengguna untuk membalas pesan langsung dari notifikasi yang muncul, tanpa harus membuka aplikasi yang mengirimkan notifikasi tersebut.

Berkaitan dengan layanan cloud, Apple juga memperkenalkan iCloud Keychain. Aplikasi ini memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menyimpan berbagai informasi password miliknya ke layanan cloud.

Terakhir, Apple mengumumkan bahwa aplikasi iBooks kini juga hadir di OS X. Aplikasi yang sebelumnya sudah terlebih dulu hadir di iOS ini akhirnya melakukan debutnya ke perangkat-perangkat berbasis OS X.

Menutup sesi presentasi mengenai OS X, Apple menyebutkan bahwa versi OS X Mavericks sudah tersedia mulai hari ini untuk para pengembang. Sementara untuk pengguna biasa harus sedikit bersabar karena OS X Mavericks baru akan tersedia pada musim gugur atau  kira-kira antara bulan September hingga November tahun ini.

Previous Story

INAICTA 2013: Memunculkan Potensi Anak Bangsa Melalui Ajang Lomba Karya Cipta Kreativitas Dan Inovasi Di Bidang TIK

Next Story

[WWDC] Jajaran Beberapa Produk Terbaru Apple

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Kenapa-Apple-iPhone-16-Pro-dan-iPhone-16-Pro-Max-Perbandingan-dan-Fitur-Terbarunya

Yakin Mau Beli Apple iPhone 16 Pro Series? Perbandingan dan Fitur Terbarunya

Apple sekali lagi berhasil membuat para penggemar teknologi terkesima lewat
Fitur-Baru-Apple-iPhone-16-dan-iPhone-16-Plus,-Harga-dan-Perbedaannya

Fitur Baru Apple iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, Harga dan Perbedaannya

Sudah lama dinanti, akhirnya teka-teki seputar iPhone generasi terbaru terjawab