Tidak bisa dipungkiri, iklan merupakan salah satu medium yang efektif dalam memperkenalkan suatu produk ke konsumen. Di televisi, bisa kita lihat deretan situs e-commerce yang saling berlomba-lomba memikat perhatian konsumen lewat iklan kreatifnya. Di mobile, iklan merupakan salah satu sumber pendapatan developer aplikasi.
Iklan juga merupakan alasan mengapa konsumen bisa menikmati banyak aplikasi secara cuma-cuma. Yang mengadopsi model bisnis seperti ini seringkali adalah kategori game, tapi pada nyatanya di Indonesia yang lebih populer adalah kategori teknologi dan komputasi, dilihat berdasarkan jumlah tayangan iklannya.
Penemuan ini disampaikan oleh Opera yang bertanggung jawab atas platform periklanan mobile terbesar kedua setelah Google. Lewat laporan Mobile First Insight 2016 yang mereka buat, tercatat bahwa pengguna ponsel menghabiskan rata-rata 46 menit per hari atau 23 jam per bulan untuk membuka berbagai aplikasi populer, lebih lama dari rata-rata penggunaan secara global.
Lamanya konsumsi aplikasi ini juga berdampak pada tingkat kesuksesan iklan dalam aplikasi itu sendiri. Kita semua tahu bahwa penayangan saja tidak cukup untuk menilai sukses-tidaknya sebuah iklan, tetapi juga harus diukur tingkat Click Through Rate (CTR), yakni perbandingan antara frekuensi tayang iklan dengan frekuensi klik, dan Converstion Rate (CR) yang merupakan jumlah pengunjung yang benar-benar melakukan transaksi.
Urutan 5 kategori aplikasi yang paling populer atau yang memiliki impresi terbesar adalah sebagai berikut:
- Teknologi dan komputasi
- Game
- Jejaring sosial
- Layanan komunikasi
- Musik, video dan media
Sedangkan untuk 5 kategori aplikasi dengan CTR tertinggi adalah:
- Pendidikan
- Gaya hidup
- Bisnis
- Hiburan
- Game
Untuk yang memiliki Conversion Rate tertinggi adalah:
- Kesehatan dan kebugaran
- Olahraga
- Shopping
- Game
- Gaya hidup
Gambar header: Pixabay.