Dark
Light

Menantikan Integrasi KakaoTalk dan Evernote

by
1 min read
May 6, 2013

Beberapa hari kemarin, KakaoTalk dan Evernote mengumumkan kerja sama yang diberiktakan akan memberikan keleluasaan bagi dua layanan ini untuk memperbesar cakupan pasar pengguna serta penambahan fitur dari integrasi dua layanan berbeda.

KakaoTalk sendiri adalah layanan pesan yang cukup popuper, terutama di negeri asalnya Korea dimana disebutkan bahwa 95% pengguna smartphone di negara terebut menjadi pengguna KakaoTalk. Sedangkan Evernote adalah layanan atau aplikasi pengingat segala yang cukup populer di luar Asia yang kini terus mempromosikan layanan mereka untuk pengguna di Asia.

Kerja sama ini diperkirakan akan menghadirkan integrasi layanan, salah satunya adalah kemudahan untuk berlokaborasi dan berbagai antar teman. Ada kemungkinan catatan atau konten yang disimpan di Evernote nantinya bisa dibagikan ke antar pengguna KakaoTalk.

Bisa jadi nantinya Anda bisa menyimpan catatan atau foto di Evernote lalu membagikan catatan ini ke teman KakaoTalk untuk mendapatkan umpan balik atau komentar, ditambah dengan fitur panggilan yang menjadikan proses berbagi catatan atau kolaborasi menjadi lebih seru.

TheNextWeb juga memperkirakan bahwa nantinya fitur integrasi dua layanan ini akan tersedia untuk pengguna iOS dan Android. Untuk platform lain ada kumungkinan tidak akan ada atau menyusul.

Untuk perluasan pasar, Evernote akan mendapatkan pengguna yang besar dari KakaoTalk di Asia sedangkan KakaoTalk akan bisa mendapatkan basis pengguna di luar Korea dan dimana mereka telah menjadi ‘raja’.

Kerja sama ini cukup menarik, termasuk bagi pasar Indonesia dimana dua layanan telah cukup dikenal, meski mungkin tidak sepopuler layanan lain seperti Facebook dan Twitter. Namun KakaoTalk telah memiliki iklan televisi dan juga menggandeng bintang lokal Sherina, sedangkan Evernote telah berberapa kali mengadakan acara lokal serta telah memiliki ambassador asal Indonesia.

Meski telah diumumkan secara resmi, belum ada detail lain atas fitur seperti apa yang akan disediakan atas kerja sama ini serta kapan akan disediakan bagi pengguna dua layanan tersebut. Namun TheNextWeb mengatakan bahwa KakaoTalk dan Evernote telah mengembangkan implementasi awal atas kerja sama ini dan akan dirilis di Korea terlebih dahulu.

Penggguna KakaoTalk dan Evernote sepertinya masih harus bersabar untuk menggunakan fitur baru, jadi mari kita tunggu integrasi apa yang akan dihasilkan dari kerja sama antara KakaoTalk dan Evernote.

Sumber artikel: TheNextWeb dan TheVerge.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Rumor: HTC Persiapkan HTC M4, Versi Mini dari HTC One

Next Story

Daftar Aplikasi iOS Paling Populer Saat Ini

Latest from Blog

Don't Miss

Jepang Buka Esports Park di Tokyo Tower, Cloud9 Akuisisi Tim CS:GO Gambit

Jepang kini punya esports park yang dinamai Red Tokyo Tower.
VP Partnerships, Head of APAC PPRO Tristan Chiappini / PPRO

Perkuat Layanan di Indonesia, PPRO Gandeng Kredivo

Setelah meluncur di pasar Indonesia akhir tahun 2020 lalu, platform