Dark
Light

EyeSight Technologies Kembangkan Sistem Kontrol Gesture untuk Gear VR dan Google Cardboard

1 min read
May 18, 2016

Tidak seperti Oculus Rift dan HTC Vive, VR headset berbasis smartphone macam Samsung Gear VR dan Google Cardboard sejauh ini masih belum mendukung navigasi gesture. Buat pengguna Gear VR, navigasi bisa dilakukan via touchpad yang berada di sisi kanan headset, sedangkan pengguna Cardboard malah hanya terbatas pada satu tombol saja.

Bukankah akan jauh lebih menarik kalau kita bisa menavigasikan VR headset tanpa perlu menyentuh apa-apa? Tentu saja, tapi bagaimana caranya? Well, itulah misi yang tengah dituju oleh EyeSight Technologies. Mereka tengah mengembangkan sistem kontrol gesture untuk VR headset berbasis smartphone.

Berkat sistem ini, pengguna pada dasarnya hanya perlu menggerakkan tangan atau jari-jarinya di udara untuk menavigasi. Sistem rancangan EyeSight memanfaatkan kamera belakang smartphone untuk mendeteksi pergerakan tangan dan jari, sehingga tanpa perlu menyentuh apa-apa, input kontrol pun bisa terlaksana.

Menurut EyeSight, sistem ini kompatibel dengan Gear VR maupun Cardboard. Namun tentu saja kamera milik smartphone tidak boleh terblokir aksesnya, dan pengguna Cardboard yang tidak memiliki strap untuk kepala sepertinya bakal sedikit kesulitan.

Sayangnya hingga kini masih belum ada kepastian kapan EyeSight akan meluncurkan sistem kontrol gesture ini ke publik. Di sisi lain, developer aplikasi VR juga harus lebih dulu mengintegrasikan sistem ini sebelum konsumen bisa menikmatinya di VR headset-nya masing-masing.

Sumber: Engadget.

Previous Story

Sony Xperia XA Ultra, Keluarga Baru Berlayar Jumbo dengan Kamera Depan 16MP

Next Story

Moto G Play Sempurnakan Debut Duo Moto G4

Latest from Blog

Don't Miss

Play For Dream Technology Masuki Pasar Virtual Reality Asia-Pasifik

Dengan semakin berkembangnya medium hiburan saat ini, kehadiran teknologi-teknologi hiburan

Perfect Corp. Gunakan AI dan AR di Dunia Kecantikan

Teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) memang sempat