Dark
Light

Beberapa Jenis Data yang Sering Dimanfaatkan untuk Tentukan Langkah Bisnis

1 min read
April 25, 2016
Data pribadi dan preferensi pelanggan adalah data yang paling menarik untuk bisnis

Data adalah salah satu kekuatan bagi bisnis untuk bisa terus memperbaiki kualitas dan berinovasi. Tidak hanya informasi kontak pelanggan yang memungkinkan bisnis terhubung dengan pelanggannya data history dari pelanggan juga bisa menjadi salah satu hal yang membawa bisnis lebih maju. Data-data tersebut bisa menjadi bahan bakar bagi bisnis untuk menentukan langkah inovasi.

Data yang paling mudah dikoleksi dan dimanfaatkan oleh bisnis adalah informasi kontak pelanggan. Dengan informasi ini bisnis bisa dengan mudah untuk menghubungi pelanggan untuk penawaran-penawaran baru dan juga informasi tentang produk. Tidak ada yang bisa menjamin kesetiaan pelanggan. Salah satu cara untuk tetap keep in touch dengan pelanggan adalah terus memberikan mereka informasi mengenai Anda.

Informasi selanjutnya yang bisa disimpan dan dipelajari untuk kemajuan bisnis adalah informasi pembelian dari pelanggan. Informasi ini meliputi semua detil transaksi. Kebiasaan bagaimana pelanggan memutuskan untuk berlangganan, bank apa yang digunakan, kartu kredit apa yang paling sering digunakan dan detil lainnya. Dari detil tersebut bisnis bisa memutuskan untuk menjalin dengan bank dan penyedia kartu kredit untuk menyediakan diskon dan keuntungan lainnya.

Data selanjutnya adalah preferensi pelanggan. Data ini merupakan data kebiasaan pelanggan. Apa pun. Semua informasi mengenai detil apa dan mengapa yang pelangganan lakukan bisa sangat berguna. Selain menentukan ke arah mana bisnis dikembangkan, data ini juga bisa mempermudah kinerja pelayanan pelanggan. Ini bisa memberikan pengalaman pelanggan yang baik bagi bisnis.

Tak kalah penting data yang harus dimiliki oleh bisnis untuk mengembangkan bisnis ke arah yang benar adalah demografi pengguna. Ini sangat penting, terutama untuk kampanye pemasaran sebuah bisnis.  Dengan data ini iklan akan tepat sasaran dan bisa memberikan dampak yang baik untuk pertambahan pengguna dan juga bisa berimbas pada kesetiaan pengguna.

Selain informasi mengenai pengguna, data laporan juga penting. Laporan apa pun. Baik itu bulanan, kuartal atau tahunan. Laporan ini mencakup banyak jenis, seperti keuangan, pengguna, pemasaran, feedback dan jenis-jenis laporan lainnya. Data ini akan melengkapi data-data bisnis untuk selanjutnya diteruskan sebagai keputusan oleh pimpinan.

Memang perubahan bisnis tidak terbatas pada data-data yang disebutkan di atas. Setidaknya jenis-jenis data yang disebutkan paling tidak memegang pengaruh yang signifikan bagi perubahan bisnis.

Yang terpenting dalam pengumpulan data, terutama data pribadi pengguna adalah kesepakatan. Pengguna harus setuju untuk memberikan data mereka ke layanan atau bisnis yang dikelola. Ini berkaitan dengan kebijakan privasi dan policy mengenai data pribadi.


Disclosure: DailySocial bekerja sama dengan Bigdata-madesimple.com untuk seri penulisan artikel tentang big data.

Previous Story

Seperti Smartphone, Perekam Suara Ini Ditenagai Android dan Punya Layar Sentuh

Next Story

Triprockets Ramaikan Segmen Pemesanan Paket Tur dan Perjalanan Online (UPDATED)

Latest from Blog

Don't Miss

Bonza Reportedly Receiving Additional Investment from Future Shape

DailySocial recently informed that one of the East Ventures portfolios,
Pendanaan Tambahan Bonza Big Data

Bonza Dikabarkan Terima Tambahan Investasi dari Future Shape

DailySocial memperoleh kabar, salah satu portofolio East Ventures, startup analisis