Dark
Light

Kejar Periscope, Google Gembleng YouTube Connect?

1 min read
March 24, 2016

Aplikasi live streaming atau siaran langsung sekarang sedang jadi tren. Walaupun salah satu pemainnya, Meerkat yang berjasa memperkenalkan fitur ini sudah mengibarkan bendera putih tanda menyerah kalah. Maka, kini praktis hanya ada dua nama besar, yaitu Periscope dan Facebook Live yang memonopoli sektor ini.

Sementara itu di tempat lain, rupanya Google diam-diam memantau perkembangan yang terjadi, dan menurut sumber raksasa internet itu sedang bekerja ekstra keras untuk mengembangkan aplikasi baru yang dinamai YouTube Connect. Seperti Periscope, aplikasi ini akan membantu pengguna untuk menyiarkan video aktivitas atau sebuah peristiwa secara langsung melalui kamera smartphone.

Membutuhkan akun Google atau YouTube, aplikasi ini mempunyai sejumlah fitur. Antara lain fitur percakapan live, penanda, dan panel khusus untuk melihat daftar siaran yang ditayangkan oleh pengguna lain. Masih menurut sumber yang sama, YouTube Connect bakal berbeda dari Periscope ataupun Facebook Live, di mana pengguna dapat menonton siaran dari peramban apapun, tidak terbatas dari aplikasi saja.

Penyiar video juga mendapatkan pilihan untuk menyimpan video siaran untuk diarsipkan. Namun belum diketahui berapa lama arsip video tersebut akan disimpan.

Cikal bakal fitur siaran langsung di YouTube sebenarnya sudah ada sejak lama, kendati mungkin ketika itu tak ada satupun orang yang paham bahwa fitur ini akan bertransformasi menjadi YouTube Connect. Atau mungkin tak ada satupun orang-bahkan mungkin Google menduga live streaming akan menjadi hype seperti sekarang ini. Bibit fitur live streaming terungkap di ajang peluncuran Samsung Galaxy Note 5 dan S6 Edge+, di mana kedua perangkat ini dipersenjatai fitur YouTube Live Broadcast yang memungkinkan pemilik untuk menyiarkan video langsung dari smartphone.

Screen-Shot-2016-03-23-at-1.58.49-PM-copy

Layanan YouTube sendiri juga sudah sejak lama menawarkan kapabilitas serupa, tapi terbatas pada panel Creator Studio dan juga hanya bisa dipergunakan oleh orang-orang tertentu.

Sumber berita Venturebeat dan gambar header Pixabay.

Previous Story

Dirilis pada 6 April, Meizu M3 Note Disiapkan untuk Jegal Huawei P9 Lite?

Next Story

Konflik Taksi dan Layanan Pemesanan Transportasi Online Masuki Masa Transisi

Latest from Blog

Don't Miss

Fitur baru Shorts

Kejar TikTok, YouTube Tambahkan Fitur-Fitur Baru Ini di Shorts

YouTube membuat pengumuman melalui release note terbaru mereka, yang berisi

Di Q1 2023, Jumlah Penonton dari Siaran Esports Naik

Viewership dari konten game dan esports memang sempat naik berkat