Dark
Light

Riset dan Menentukan Tujuan, Dua Hal Penting Dalam Networking

2 mins read
March 17, 2016

Dalam menghadiri sebuah event, persiapan menjadi hal penting agar kehadiran di sebuah acara menjadi berguna. Apalagi di tengah iklim perkembangan startup yang semakin kompetitif, waktu adalah sebuah hal yang harus diberi harga lebih.

Meski demikian, event startup tetap diperlukan sebagai bagian dari pengembangan startup. Salah satu hal yang bisa didapatkan saat menghadiri acara bertema digital atau teknologi adalah networking. Untuk mendapatkan hasil networking yang maksimal dan tidak membuang waktu, Anda tetap harus mempersiapkan diri. Setidaknya ada 2 hal yang bisa dipersiapkan secara maksimal, yaitu riset dan menentukan dengan pasti tujuan apa yang ingin dicapai dari networking di event tertentu.

Riset bisa dilakukan dengan berbagai cara, yang paling mudah tentunya mencari tau secara detail event apa yang akan dihadiri dan mempelajari serta memprediksi siapa kira-kira audience yang akan hadir. Jika ingin berjejaring dengan pembiara, tentunya riset juga termasuk latar belakang dan profil lengkap si pembicara.

Loic Le Meur, salah satu pelaku startup serta pengelola event LeWeb menuliskan sebuah catatan menarik tentang networking di Medium. Salah satu cara untuk ‘memelihara’ networking adalah dengan menyusun daftar yang dimasukkan sebuah spreadsheet dan mengisi detail nama-nama yang masuk di dalam daftar tersebut. Termasuk kenapa nama itu masuk, di mana pertemuan, dan kategori apa nama kontak ini.

List atau daftar ini bisa bertambah dan berkurang sesuai dengan kebutuhan, dan tentunya tidak semua kenalan Anda dimasukkan ke dalam daftar ini. Jika tujuan daftar adalah untuk bisnis maka daftar ini akan terkait dengan bisnis yang sedang Anda jalankan.

Daftar ini juga berguna tidak hanya setelah event tetapi juga untuk riset sebelum hadir ke sebuah event. Jika pada acara yang akan Anda datangi ada nama dalam kontak Anda hadir, baik sebagai moderator atau pembicara, maka Anda bisa memasukkannya untuk jadwal pertemuan.

Selain riset, menentukan tujuan Anda dalam menghadiri sebuah startup juga menjadi sangat penting, apalagi jika waktu yang Anda miliki tidak terlalu banyak karena harus mengurusi pengembangan startup yang sedang Anda dirikan. Tujuan menghadiri acara tentunya bisa beragam, bisa untuk berjejaring dengan investor atau bisa pula networking dengan sesama startup yang kemungkinan bisa berkolaborasi.

Bisa pula Anda memiliki tujuan untuk mendapatkan klien potensial di acara tertentu, karena dalam sebuah acara, pihak pendukung acara juga kerap hadir, dan tidak jarang menjadi pembicara.

Tujuan ini tentunya harus Anda pegang saat meenghadiri acara agar waktu yang tersedia bisa dimaksimalkan. Capai dulu tujuan utama yang ingin Anda capai dalam sebuah acara barulah setelah itu Anda bisa menambahkan tujuan lain. Misalnya mencari inspirasi booth yang bisa menjadi ide jika Anda dalam waktu dekat akan ikut pameran.

Menghadiri banyak event bisa jadi tidak terlalu baik untuk startup, tetapi tidak menghadiri event juga akan kurang baik, terutama saat startup yang Anda kembangkan masih dalam tahap awal dan membutuhkan banyak ‘bantuan’ untuk semakin berkembang.

Salah satu event yang bisa dihadiri bagi Anda yang sedang mengembangkan startup adalah Echelon Indonesia 2016. Di acara ini akan ada 3 panggung dengan berbagai pembicara dan berbagai tema yang semuanya berhubungan dengan tiga kata kunci  Innovate – Developer – Empower.

Echelon Indonesia 2016 dapat menjadi platform bagi startup, SME, dan perusahaan berbasis teknologi untuk membawa bisnis ke level selanjutnya.

Penjualan tiket saat ini telah dibuka dan tersedia diskon 20 persen dalam waktu terbatas dengan menggunakan kode “EMPOWER20”.

Echelon Indonesia 2016 juga akan membahas perspektif logistik sebagai salah satu unsur penting e-commerce / Echelon

Gambar header: Pixabay

Previous Story

Google Indonesia Tawarkan Solusi Adwords Express untuk Bantu UKM Jangkau Konsumen Baru

Next Story

[Panduan Pemula] Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word 2010

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Kiat Tepat Membangun “Growth” Bisnismu Melalui Pengembangan Produk

Banyak cara dilakukan untuk menarik dan meyakinkan orang agar membeli
Tokopedia START Women in Tech

Tokopedia Kembali Gelar Konferensi START Women in Tech, Hadirkan Banyak Perempuan Hebat di Bidang Teknologi

Tokopedia melalui Tokopedia Academy kembali menghelat konferensi teknologi tahunan, START