Dark
Light

Melalui Kanal Media Sosial, Inspirasi.co Ingin Himpun Karya Anak Muda

1 min read
January 25, 2016

Media sosial menjadi tipe portal website yang paling cepat diadaptasi oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut turut diyakini Fahd Pahdepie dan kawan saat mengembangkan Inspirasi.co. Ingin menjadi portal penghimpun karya inspiratif bagi anak muda, Inspirasi.co mengusung konsep media sosial untuk lebih cepat diadaptasi dan menghimpun konten digital yang banyak.

Di portal Inspirasi.co terdapat beberapa jenis konten yang dapat diunggah pengguna, di antaranya tulisan, video, foto, desain grafis, audio dan pagelaran acara. Setiap karya disajikan dalam bentuk lini masa, lengkap dengan kanal untuk berinteraksi antar pengguna. Konsep yang diusung Inspirasi.co sebenarnya mirip dengan yang pernah dibuat oleh Tumblr, hanya saja Inspirasi.co mendesain karya yang diunggah untuk lebih mudah diperbincangkan.

Apresiasi pengguna disajikan melalui tombol suka/tidak suka, komentar juga penambahan jumlah view pada suatu karya. Inspirasi.co juga akan memberikan penghargaan dalam bentuk honorarium ketika suatu karya berhasil melampaui target view tertentu. Pembuat konten (yang disebut sebagai Inspirator) bertanggung jawab dan mengelola langsung setiap karya yang ada. Kendati demikian Inspirasi.co juga memiliki tim editorial yang siap untuk melakukan validasi dan penyaringan karya.

Chief Editor Inspirasi.co Anick HT dalam pernyataannya mengatakan bahwa Inspirasi.co menekankan pada dua kata kunci utama yang menggambarkan spirit yang ingin disampaikan, yakni karya dan inspirasi. Model media sosial yang diterapkan diharapkan mampu menjadi sebuah kanal kolaborasi untuk berkarya, serta saling mendukung antar Inspirator.

Saat ini tim pengembang sedang menyiapkan aplikasi di paltform mobile untuk memberikan nuansa yang lebih menarik bagi pengguna. Kendati demikian saat ini website sudah dapat diakses melalui ponsel dengan desain responsif yang dimiliki.

Masukan untuk penyempurnaan sistem

Sebagai sebuah platform kolaborasi yang ditujukan untuk anak muda, semangat harus dipancarkan dari setiap sisi materi yang disampaikan. Pembenahan desain yang lebih “fresh” dapat menjadi salah satu agenda untuk penyempurnaan “look” platform Inspirasi.co. Pemilihan warna juga menjadi bagian penting untuk menunjang user experience yang sudah didesain interaktif.

Penting juga dipikirkan tentang mekanisme hak cipta. Sebagai sebuah situs penerbit sebisa mungkin dapat memberikan perlindungan atas kekayaan intelektual yang tercipta dari para Inspirator. Setidaknya terdapat kanal untuk edukasi terkait dengan hal ini.

Previous Story

BMKG Hadirkan Aplikasi Informasi Cuaca Indonesia di Android

Next Story

Tiba di 85 Kota, Smartfren Beri Update Mengenai Layanan 4G LTE Advanced Mereka

Latest from Blog

Don't Miss

Twitter X

Setelah Twitter Ganti Nama, Merek Dagang “X” Ternyata Dipegang oleh Meta

Pada 23 Juli 2023, Elon Musk secara terbuka mengumumkan perubahan
Twitter rebranding jadi X

Elon Musk Ganti Nama dan Logo Twitter Jadi “X”

Elon Musk kembali mengumumkan perubahan drastis terkait Twitter. Melalui akun