Dark
Light

Perangkat Tablet Bongkar Pasang Ini Mirip Project Ara dan Bernama Click-ARM One

1 min read
March 11, 2015

Jika smartphone Project Ara telah hadir dengan konsep blok modular yang bisa dibongkar pasang sebagai bagian-bagian yang terpisah, maka sebuah perusahaan yang berbasis di Spanyol bernama ImasD telah merilis perangkat tablet dengan konsep serupa, perangkat tablet tersebut bernama Click-ARM One.

Sama seperti smartphone Project Ara, perangkat tablet besutan ImasD ini juga mengusung konsep yang mirip, hanya saja, karena ia merupakan sebuah tablet, maka ukurannya tentu lebih besar dari smartphone Project Ara. Hal menarik lainnya, perangkat tablet ini dapat dijejali dengan sistem operasi Android, Ubuntu dan Tizen OS.

Nama ‘ARM’ yang disematkan pada nama produk tablet ini merupakan singkatan dari “Advanced Removable Modules“, yang merupakan representasi dari kemampuan tablet tersebut.

Informasi Menarik: Apple Perkenalkan MacBook Terbaru, Berbekal Layar Retina 12 Inci dan Body Ramping

Selain memiliki modul prosesor dan memory yang bisa dibongkar-pasang, perangkat tablet ini memiliki komponen layar berukuran 10.1 inci (beresolusi 1280 x 800 piksel) yang juga dapat diganti-ganti.

Sebagai komponen dasar, perangkat tablet modular Click-ARM One memiliki komponen motherboard CK-HUB 101 yang telah dijejali dengan dua buah port USB, port output untuk HDMI, koneksi Bluetooth 4.0, koneksi WiFi dengan kemampuan dual-band serta diotaki dengan prosesor Samsung Exynos 4412 serta dukungan modul RAM 2GB DDR3. Sedangkan modul CK lainnya menghadirkan 16GB penyimpanan internal.

Jika komponen di atas dianggap kurang bertenaga atau bahkan mungkin terlalu tinggi untuk kebutuhan pekerjaan Anda, tenang saja karena pihak ImasD telah menyiapkan komponen lainnya sebagai opsi yang dapat dipilih untuk digunakan pengguna.

Beberapa jenis komponen yang ditawarkan itu dibedakan berdasarkan kapasitas memory serta jenis prosesor yang digunakan, bahkan ada pula modul chipset Bay Trail besutan Intel yang hadir sebagai opsi prosesor yang bisa dipilih selain beberapa jenis prosesor Exynos besutan Samsung.

Namun untuk saat ini, opsi dari modul-modul tersebut belum hadir kepasaran dan baru akan dirilis secara bertahap mulai kuartal kedua hingga kuartal keempat tahun ini.

Click-ARMOne-02
Selain menyediakan modul komponen yang sudah jadi, pihak ImasD juga mengajak para penggunanya untuk membuat modul yang bisa disematkan pada perangkat tablet modular ini, yang nantinya bisa membenamkan perangkat modul buatan mereka melalui slot PCI Express yang disediakan pada motherboard perangkat tablet tersebut.

Dan untuk tahap awal, pihak ImasD telah merilis perangkat ini secara terbatas yang hanya berjumlah 1000 unit saja, kini perangkat tablet modular Click-ARM One sudah mulai ditawarkan secara pre-order melalui situs resmi mereka di Click-ARM Store dengan harga €289 atau kira-kira setara dengan harga US$313 per unitnya.

Informasi Menarik: Runcible, Perangkat Unik Berbentuk Bulat dan Terbuat dari Kayu dengan Firefox OS

Kepopuleran perangkat smartphone berkonsep modular sepertinya akan terus berkembang, dan kemunculan perangkat tablet ClickARM-One telah membuktikan bahwa saat ini tidak hanya Google dan tim Phonebloks saja yang memiliki konsep smartphone bongkar pasang ini.

Salah satu perusahaan lain yang berbasis di Finlandia bernama Circular Devices bahkan telah pula merilis smartphone mirip Project Ara bernama PuzzlePhone yang menawarkan efektivitas, faktor ekonomis serta kebebasan personalisasi bagi penggunanya.

Apakah Anda tertarik untuk memiliki salah satunya?

Sumber: Tomshardware | Gambar Header: Click-ARM.com.

Previous Story

Teknologi Ini Mungkinkan Tuna Netra untuk Berkelana di Stasiun Kereta Bawah Tanah Secara Mandiri

Next Story

Colorina, Game Tebak Warna dari Amagine Interactive

Latest from Blog

Don't Miss

Jangan-Salah-Pilih,-Ini-Perbandingan-Xiaomi-14T-dan-Xiaomi-14T-Pro-Terbaru-dengan-Kamera-Leica

Jangan Salah Pilih, Ini Perbandingan Xiaomi 14T dan Xiaomi 14T Pro Terbaru dengan Kamera Leica

Xiaomi Indonesia kembali mencuri perhatian para penggemar fotografi mobile dengan
Di-Bawah-3-Juta,-Pilih-Tecno-Pova-6-Atau-Xiaomi-Redmi-Note-13-5G

Di Bawah 3 Juta, Pilih Tecno Pova 6 Atau Xiaomi Redmi Note 13 5G?

Bingung memilih smartphone baru karena budget terbatas? Jangan khawatir, karena