Dark
Light

Apple Tingkatkan Batas Ukuran Aplikasi Menjadi 4GB

1 min read
February 17, 2015

Apple secara resmi telah mengumumkan peningkatan batas ukuran besar sebuah aplikasi untuk pertama kalinya sejak kehadiran App Store. Kini pengembang dapat mengirimkan sebuah aplikasi hingga berukuran 4GB ke dalam iTunes Connect. Ukuran ini 2 kali lipat dibandingkan dengan batasan yang ditetapkan sebelumnya sebesar 2GB.

Dengan peningkatan ukuran sebuah aplikasi yang diizinkan oleh Apple, diharapkan dapat menambah pengalaman pengguna. Pengembang bisa semakin leluasa menyisipkan dukungan media yang lebih baik lagi.

Tak hanya itu, dengan resolusi layar perangkat iOS yang semakin baik tentu ukuran assets yang ada untuk sebuah aplikasi semakin besar. Harapannya agar para pengembang lebih leluasa menciptakan aplikasi yang memperkaya pengalaman penggunanya.

Info Menarik: Bersihkan “Other” di Perangkat iOS Dengan PhoneExpander

Berikut penjelasan Apple tentang hal ini, seperti yang dikutip dari portal Developer Apple:

The size limit of an app package submitted through iTunes Connect has increased from 2 GB to 4 GB, so you can include more media in your submission and provide a more complete, rich user experience upon installation. Please keep in mind that this change does not affect the cellular network delivery size limit of 100 MB.

Batasan 4GB yang baru tentu akan sangat bermanfaat, terlebih untuk aplikasi permainan dengan kualitas grafis yang mumpuni. Sebelumnya para pengembang harus cerdik agar dapat mengumpulkan aplikasi dalam batasan 2GB. Square Enix yang mengembangkan Final Fantasy bahkan harus menunda peluncuran Final Fantasy VII untuk iOS terkait dengan batasan ukuran aplikasi dari Apple ini.

Dengan tambahan batasan ini, bisa jadi para pengembang game akan bernafas lega dan mulai putar strategi untuk menghadirkan lamanya waktu bermain yang lebih panjang atau kualitas game yang lebih baik.

Info Menarik: Slide The Block: Game Puzzle Baru Karya Game Developer Lokal

Meski meningkatkan batas ukuran sebuah aplikasi yang hendak dikumpulkan ke App Store, namun Apple tak mengubah batasan ukuran aplikasi yang dapat diunduh lewat jaringan cellular yaitu sebesar 100MB. Jika sebuah aplikasi melebihi ukuran dari 100MB maka pengguna harus terhubung dengan WiFi untuk dapat mengunduhnya.

Batas ukuran aplikasi yang menjadi lebih besar memang menguntungkan untuk para pengembang, namun bagi para pemilik perangkat iOS dengan kapasitas penyimpanan 16GB, hal ini bisa menjadi sebuah masalah tersendiri. Jangan lupa, Apple sendiri juga masih menjual varian perangkat iOS dengan kapasitas penyimpanan 16GB.

Previous Story

Daftar Harga Hp Sony dan Penawaran Diskon Februari 2015

Next Story

WonderCube, Aksesori Smartphone Serba Bisa dalam Wujud Kubus yang Amat Ringkas

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Kenapa-Apple-iPhone-16-Pro-dan-iPhone-16-Pro-Max-Perbandingan-dan-Fitur-Terbarunya

Yakin Mau Beli Apple iPhone 16 Pro Series? Perbandingan dan Fitur Terbarunya

Apple sekali lagi berhasil membuat para penggemar teknologi terkesima lewat
Fitur-Baru-Apple-iPhone-16-dan-iPhone-16-Plus,-Harga-dan-Perbedaannya

Fitur Baru Apple iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, Harga dan Perbedaannya

Sudah lama dinanti, akhirnya teka-teki seputar iPhone generasi terbaru terjawab